Logo BeritaSatu

Kebakaran Hutan Colorado Hanguskan 1.000 Rumah Penduduk

Sabtu, 1 Januari 2022 | 12:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Colorado, Beritasatu.com- Hampir 1.000 rumah telah hancur dalam kebakaran hutan yang dipicu angin di negara bagian Colorado, Amerika Serikat (AS). Seperti dilaporkan Al Jazeera, Jumat (31/12/2021), sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan sebagai akibat dari kobaran api yang menghancurkan.

“Kebakaran ini adalah bencana dalam gerak cepat selama setengah hari. Banyak keluarga hanya memiliki waktu beberapa menit untuk membawa apa pun yang mereka bisa, hewan peliharaan dan anak-anak mereka ke dalam mobil, dan pergi. Itu tidak terbayangkan,” kata Gubernur Jared Polis saat jumpa pers pada Jumat.

Advertisement

Polis mengaku sudah berbicara pada hari Jumat dengan Presiden AS Joe Biden. Presiden telah menyetujui deklarasi bencana besar yang dipercepat untuk wilayah tersebut, yang memungkinkan penduduk dan bisnis untuk mengakses dukungan dengan lebih mudah.

“Kami mungkin memiliki keajaiban Tahun Baru di tangan kami sendiri, jika itu membuktikan bahwa tidak ada korban jiwa,” kata Polis.

Kebakaran hutan melukai sedikitnya belasan orang dan mendorong evakuasi puluhan ribu penduduk di dalam dan sekitar dua kota di timur Pegunungan Rocky dekat Denver, ibu kota negara bagian, pada Kamis.

"Sulit dipercaya ketika Anda melihat kehancuran bahwa kami tidak memiliki daftar 100 orang hilang," kata Sheriff Boulder County Joe Pelle pada hari Jumat.

Dua dari komunitas yang paling parah terkena kebakaran, Louisville dan Superior, telah ditempatkan di bawah peringatan bahaya karena kekhawatiran kontaminasi. Kedua kota yang terletak di daerah antara Denver dan Boulder, dipenuhi dengan pemukiman kelas menengah dan menengah atas, serta pusat perbelanjaan, taman, dan sekolah.

Asal-usul kebakaran hutan belum dikonfirmasi, tetapi para pejabat mengatakan selama konferensi pers hari Jumat bahwa itu diduga terkait dengan kabel listrik.

Pelle, yang memberikan perkiraan kerusakan awal, mengatakan mungkin ada lebih banyak korban cedera dan juga kematian. Keganasan api cukup mengerikan karena didorong oleh angin hingga 169 km per jam.

“Ini adalah jenis api yang tidak bisa kita lawan secara langsung. Kami sebenarnya memiliki wakil sheriff dan petugas pemadam kebakaran di daerah yang harus ditarik mundur karena mereka baru saja diterjang api,” kata Pelle.

Jennifer Balch, direktur Lab Bumi di Universitas Colorado yang penelitiannya berfokus pada ekologi api, tinggal hanya beberapa mil dari zona kebakaran dan mengatakan kobaran api itu mengejutkan karena berbagai alasan. Dia berjalan-jalan Jumat pagi, mencoba mendapatkan tempat yang lebih baik untuk melihat kerusakan akibat kebakaran.

“Saya mencium bau asap, tapi ada kepingan salju yang mengenai pipi saya. Kebakaran hutan musim dingin harus menjadi satu oxymoron, kita semestinya tidak harus berurusan dengan kebakaran hutan pada akhir Desember,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE