Logo BeritaSatu

Ahok Dinilai Kuat untuk Rebut Kursi Gubernur DKI

Rabu, 5 Januari 2022 | 09:52 WIB
Oleh : Markus Juntianto Sihaloho / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai peta bakal calon potensial untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 masih sangat cair. Nama-nama yang kuat masih nama calon lama seperti Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, hingga Agus Harimurti Yudhoyono.

Hal itu disampaikan Qodari menanggapi pernyataan Wakil ketua DPRD DKI Jakarta asal Gerindra, MTaufik. Dia mengaku akan mendorong partai segera membahas isu bakal calon tersebut.

Dibenaknya, nama potensial adalah seperti Anies Baswedan, Wagub Ahmad Riza Patria, Bahlil Lahadalia, hingga Airin Rachmi Diany.

"Ini menarik ya, karena nama-nama sudah mulai muncul. Tetapi saya kira masih sangat amat dinamis," kata Qodari, Rabu (5/1/2022).

Ada sejumlah hal yang menyebabkan ketidakpastian itu. Yang Pertama, suara parpol pengusungnya masih dinamis karena tergantung pada hasil Pemilu 2024 yang akan dilakukan beberapa bulan sebelum gelaran Pilkada Serentak 2024.

"Kalau di Pilkada Jakarta ini partainya masih belum pasti. Bisa saja misalnya PSI naik lagi, sehingga potensial mengajukan calon. Misalnya bisa juga PKS suaranya naik, itukan juga mempengaruhi calon. Jadi ini masih sangat cair," ujarnya.

Nah, seandainya masuk ke tataran nama bakal calon, Qodari menduga nama-nama dengan elektabilitas tinggi adalah nama lama yang pernah maju di pilkada. Sebut saja Anies Baswedan dan Basuki. Dan ditambah AH Yudhoyono yang pernah bertarung di Pilkada lalu namun keok di awal. Minimal dia sudah dikenal oleh masyarakat di Jakarta.

Nama-nama lain yang baru muncul seperti Bahlil, Airin, Sahroni, dinilai masih belum setinggi tiga nama yang disebutnya tadi.

"Bahkan Riza Patria pun masih dinamis, karena dia Wagub pengganti dan relatif baru menjabat," imbuhnya.

Untuk nama Tri Rismaharini, Qodari menilainya masih belum muncul sebagai calon yang potensial. Sebab PDI Perjuangan, partainya Risma, memang belum menyebutkan atau mengumumkan namanya untuk maju sebagai calon.

Untuk Airin, Qodari menilainya sebagai sosok yang potensial. Namun sebagai politikus yang selama ini diusung oleh Golkar, Airin harus berkontestasi dengan Ahmad Zaki Iskandar. Nama terakhir adalah Bupati kabupaten Tangerang yang sekarang merupakan Ketua Golkar Jakarta, yang juga potensial maju.

"Jadi ini masih sangat cair, belum tahu siapa akan berpasangan maju dan satu variabel lagi adalah melihat dari hasil Pemilu dan Pilpres 2024 yang akan datang, siapa yang akan maju dan jadi calon," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Kabur, Satu Tahanan Lapas Pangkalan Bun Bawa Senjata Petugas

Seorang tahanan kabur dan diduga mencuri senjata petugas yang berisi enam butir peluru dari Lapas Pangkalan Bun, Kalteng, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Hari ini upaya pencarian 8 korban gempa Cianjur belum membuahkan hasil, sehingga total jumlah korban yang meninggal dunia masih 334 jiwa.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Keluarga Tewas di Kalideres Rampung Sebelum HUT Polda Metro

Kasus keluarga tewas di Kalideres rampung sebelum hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya, 6 Desember 2022.

NEWS | 4 Desember 2022

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tidak terganggu adanya erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit 44, Giroud Buka Keunggulan Prancis atas Polandia

Menit 44, Giroud Buka Keunggulan Prancis atas Polandia

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE