Logo BeritaSatu

Taiwan Siapkan Dana Investasi Rp 2,87 Triliun untuk Lithuania

Kamis, 6 Januari 2022 | 12:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Vilnius, Beritasatu.com- Taiwan menyatakan pada Rabu (5 /1/2022) bahwa pihaknya akan menginvestasikan dana US$200 juta (sekitar Rp 2,87 triliun) di industri Lithuania. Seperti dilaporkan CNA, Taiwan akan meningkatkan perdagangan bilateral saat mencoba menangkis tekanan diplomatik terhadap negara Baltik dari Tiongkok.

Lithuania berada di bawah tekanan Tiongkok untuk membalikkan keputusannya tahun lalu untuk mengizinkan Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri untuk membuka kantor perwakilan - kedutaan de facto - di Vilnius dengan namanya sendiri.

Beijing mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, tidak memenuhi syarat untuk hubungan diplomatiknya sendiri dengan negara lain. Representasi Taiwan di negara lain, kecuali Somaliland yang tidak dikenal, dinamai menurut ibu kota Taipei.

Pada Agustus, Tiongkok menarik duta besarnya dan pada November menurunkan hubungan diplomatik dengan Lithuania. Tiongkok juga menekan perusahaan seperti raksasa suku cadang mobil Jerman Continental untuk berhenti menggunakan komponen buatan Lithuania. Tiongkok bahkan juga telah memblokir kargo Lithuania memasuki Tiongkok.

Perdagangan langsung Lithuania dengan Tiongkok sederhana, tetapi ekonomi berbasis ekspornya adalah rumah bagi ratusan perusahaan yang membuat produk seperti furnitur, laser, makanan dan pakaian untuk perusahaan multinasional yang dijual ke Tiongkok.

"Dana investasi strategis akan didanai oleh dana pembangunan nasional Taiwan dan akan didukung oleh bank sentral Taiwan," kata kepala kantor perwakilan Taiwan di Lithuania, Eric Huang, dalam konferensi pers daring.

"Kami akan membentuk dana sesegera mungkin dan kami berharap tahun ini kami akan memiliki beberapa hasil nyata. Saya dapat membayangkan prioritas utama pertama adalah semikonduktor, laser (dan) bioteknologi," kata Huang.

Menurut Huang, Taiwan telah mengalihkan 120 kontainer pengiriman dari Lithuania yang diblokir oleh Tiongkok ke pasarnya. Taiwan juga akan mengambil sebanyak mungkin kontainer Lithuania.

“Taiwan juga akan mempercepat proses persetujuannya untuk buku harian Lithuania dan ekspor biji-bijian ke Taiwan, dan akan berusaha untuk menghubungkan bisnis Lithuania ke dalam rantai pasokan Taiwan,” tambahnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan Tseng Hou-jen menyebut respons Tiongkok terhadap Lithuania yang memungkinkan Taiwan untuk membuka perwakilan dengan namanya sendiri "tidak proporsional".

"Menyebut Taiwan Taiwan bukan merupakan pelanggaran terhadap kebijakan Satu Tiongkok UE. AS dan UE menyebut Taiwan sebagai Taiwan dalam dokumen resmi mereka, dan Tiongkok tetap diam saja," katanya.

"Tindakan Tiongkok tampaknya telah menargetkan apa yang dianggapnya sebagai negara yang rentan, untuk keuntungan politiknya. Tetapi menyerah bukanlah cara terbaik dalam menangani pengganggu,” tambah Tseng Hou-jen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Trauma, Korban Gempa Cianjur Mengungsi ke Majalengka

Sebanyak 17 korban gempa Cianjur mengungsi ke rumah saudaranya di Desa Sukasari, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022).

NEWS | 29 November 2022

Pemetaan demi Pembenahan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Guru SDN 1 Kuta Febri Nirmala menjadikan ruang kelas sebagai rumah kedua demi mendorong kemampuan belajar para siswanya.

NEWS | 29 November 2022

40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

Gunung berapi aktif terbesar di dunia Mauna Loa, meletus untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, memuntahkan lahar dan abu panas pada Senin di Hawaii.

NEWS | 29 November 2022

Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

Winarsih ditetapkan sebagai tersangka karena menghina dan mencemarkan nama baik pedangdut Dewi Perssik.

NEWS | 29 November 2022

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Trauma, Korban Gempa Cianjur Mengungsi ke Majalengka

Trauma, Korban Gempa Cianjur Mengungsi ke Majalengka

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE