Logo BeritaSatu

PPI Pasok Logistik Pangan Kemenlu untuk Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Senin, 10 Januari 2022 | 10:26 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) bersama anak perusahaan yakni BGR Logistik Indonesia, memasok logistik pangan untuk bantuan kemanusiaan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ke Afghanistan.

Pemerintah Indonesia, melalui Kemenlu, telah mengirim dua pesawat berisi bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan yang terancam kelaparan dan malnutrisi. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam pernyataannya menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan itu berupa makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh rakyat Afghanistan saat ini, melalui koordinasi dengan badan-badan PBB yang berada di lapangan, khususnya World Food Program.

Menlu menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan diberikan sebagai respons terhadap situasi yang memburuk di Afghanistan. Sejumlah 23 juta penduduk terancam kelaparan dan jumlah tersebut melebihi setengah penduduk negara di Asia Selatan itu. Lebih dari 3 juta anak-anak Afghanistan juga terancam malnutrisi.

"Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan. Buat Indonesia, safety and wellbeing rakyat akan selalu menjadi prioritas," ujar Menlu.

Direktur Utama PPI, Nina Sulistyowati, menyatakan bahwa pihaknya akan memaksimalkan peran dalam program kemanusiaan tersebut. “PPI dalam end state supply chain ekosistem pangan sangat memaksimalkan fungsi trading dan logistiknya dalam pemenuhan pangan untuk bantuan kemanusiaan ini. Harapan ke depan, kami akan lebih berkontribusi dalam program-program pemerintah dalam ketahanan pangan,” terang Nina.

“Alhamdulillah, telah release dan kami telah kami serah terimakan ke Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada akhir minggu lalu atas produk pangan yang kami siapkan sebanyak kapasitas dua pesawat. Tentu kami optimalkan supaya dapat memberikan pemenuhan yang baik dalam pengadaan kebutuhan pangan tersebut, apalagi ini merupakan misi kemanusiaan yang berharap dapat menyelamatkan bangsa yang sedang dilanda krisis,” tambah Direktur Komersial dan Pengembangan PPI, Andry Tanudjaja.

Adapun bantuan pangan yang disediakan oleh PPI ini terdiri dari paket susu formula, beras, minyak goreng, serta proses logistik.
Saat ini PPI merupakan anggota dari ID Food yang merupakan BUMN Pangan bersama-sama dengan Berdikari, Garam, Perindo, SHS, di bawah Holding RNI (Persero).

Saat ini PPI ditunjang oleh 32 cabang dan 22 divisi regional dari anak perusahaan BGR Logistik Indonesia, 6 kantor perwakilan di 6 negara, serta 60.000 mitra Warung Pangan dan Toko Grosir Desa.

Peran PPI dalam rantai perdagangan dan logistik memiliki inisiatif strategis dalam pengembangan ekspor atau gerbang ekspor Holding BUMN Pangan yang salah satu misinya adalah inklusivitas petani, peternak, nelayan, dan UMKM.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Tiongkok kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Bikin AS Khawatir, Tiongkok Bisa Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE