Logo BeritaSatu

Kadin Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Kesejahteraan Buruh

Kamis, 13 Januari 2022 | 20:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berkomitmen untuk kesejahteraan buruh yang lebih baik dengan membentuk kelompok kerja. Tekad itu dibuat bersama serikat pekerja, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), serta Konfederasi Seluruh Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Kelompok kerja dikukuhkan setelah digelar diskusi antara Kadin Indonesia yang antara lain diwakili oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, serta perwakilan serikat buruh, antara lain diwakili Presiden KSPSI, Andi Gani Nuwa Wea, Presiden KSPI, Said Iqbal, serta Presiden KSBSI, Elly Rosita Silaban.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa komunikasi antara Kadin Indonesia yang merupakan rumah besar bagi para pengusaha, dengan buruh yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian negeri ini, penting untuk dilakukan. Tujuannya antara lain adalah meningkatkan produktivitas, yang pada akhirnya akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kadin Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan buruh. Tujuannya antara lain adalah meningkatkan produktivitas, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu komunikasi antara Kadin Indonesia bersama serikat pekerja penting untuk dilakukan," ujar Arsjad Rasjid, di acara dialog serta pengukuhan kelompok kerja, di Jakarta, Kamis (14/1/2022).

Hasil dialog dijadikan dasar untuk membuat kelompok kerja antara Kadin Indonesia beserta serikat pekerja. Pembentukan kelompok kerja dikuatkan melalui nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Arsjad Rasjid mengatakan kelompok kerja juga bertujuan untuk merumuskan dan mengimplementasikan program-program kerja, demi meningkatkan kesejahteraan tingkat perekonomian buruh dan pekerja.

Dalam MoU, antara lain disepakati program pelatihan tingkat nasional. Program tersebut meliputi pelatihan, pemagangan dan sertifikasi yang dilakukan secara bersama antara lembaga pelatihan, lembaga sertifikasi dan industri. Selain itu juga disepakati program penyediaan kawasan perumahan, lengkap dengan fasilitas kesehatan dan pendidikan bagi buruh dan pekerja di kawasan industri. Kadin dan serikat buruh juga sepakat menyusun road map, yang ramah terhadap pengusaha serta buruh dan berujung pada peningkatkan kesejahteraan semua pihak, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Andi Gani Nuwa Wea, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa permasalahan-permasalahan ketenagakerjaan, tidak hanya bisa diselesaikan melalui unjuk rasa. Ia mengatakan bahwa dialog antara pengusaha beserta buruh, juga penting dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan buruh.

"Isu-isu ketenagakerjaan tidak hanya kita selesaikan dengan unjuk rasa besar-besaran. Tapi itu jadi jalan upaya terakhir, ketika saluran komunikasi sudah tersumbat, langkah unjuk rasa kita ambil," ujar Andi Gani Nuwa Wea.

Said Iqbal menambahkan, bahwa rencana pemerintah untuk menjadi ekonomi terbesar nomor 5 tahun 2045, bisa tercapai melalui kerja sama Kadin Indonesia dan serikat buruh. Ia menegaskan, tidak mungkin pertumbuhan ekonomi bisa meningkat, tanpa pendistribusian kekayaan, tanpa peningkatan kesejahteraan buruh.

"Tidak akan pernah mungkin ekonomi jadi besar dalam sebuah negara, tanpa diimbangi kesejahteraan, redistribusi kekayaan. Kalau kita bicara sejahtera, bagaimana ekonomi tumbuh, harus ada faktor penting, yaitu buruh. Pak Arsjad Rasjid sebagai ketum Kadin beserta jajaran telah mengambil langkah besar itu," terangnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang ketenagakerjaan, Adi Mahfudz menambahkan bahwa Kadin Indonesia berharap kerja sama dengan serikat buruh, bisa berjalan dengan baik. Ia mengatakan, setiap bulan dan setiap satu semester, akan digelar pertemuan untuk membahas perkembangan kerja sama.

"Mudah-mudahan setiap satu bulan sekali, dan satu semester sekali, kita bertemu membicarakan misi kita bersama," ujar Adi Mahfudz.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

Kombes Susanto Haris sempat menduga ada teroris saat disuruh bawa senjata ke rumah dinas Ferdy Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Sikat Tambang Galian Ilegal, Ganjar Inisiasi Pembuatan Aplikasi Khusus

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, membuka seminar bertajuk “Penataan Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan Provinsi Jawa Tengah dan DIY”.

NEWS | 28 November 2022

Kasal Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Calon Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

NEWS | 28 November 2022

Terlambat ke TKP Penembakan, Arif Rachman Dituding Sambo Apatis

Arif Rachman Arifin mengungkapkan momen saat dirinya dimarahi oleh Ferdy Sambo ketika dia terlambat ke TKP. Dia mengaku dituding apatis oleh Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

UMP DKI Jakarta tahun 2023 naik sebesar 5,6 persen. Kenaikan itu menjadi Rp 4.900.798 dari yang sebelumnya sebesar Rp 4.641.854.

NEWS | 28 November 2022

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Seorang anak tega bunuh ayah kandungnya sendiri di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

NEWS | 28 November 2022

Ini Pertimbangan Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Sejumlah organisasi profesi mempunyai beragam alasan untuk menolak penyusunan RUU Kesehatan Omnibus Law oleh Badan Legislasi DPR.

NEWS | 28 November 2022

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Prabowo Subianto memastikan calon Penglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara profesional.

NEWS | 28 November 2022

Diresmikan Jokowi Besok, AMN Libatkan BIN untuk Persiapan

Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada besok Selasa, 29 November 2022.

NEWS | 28 November 2022

Fraksi PDIP: Draf RUU Kesehatan yang Beredar Bukan dari DPR

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR menerima para perwakilan organisasi kesehatan yang berdemontrasi di depan gedung DPR untuk menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Alasan OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

Ini Alasan OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE