Logo BeritaSatu

Kapolri Minta Forkopimda Maluku Akselerasi Vaksinasi Kejar Target 70%

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:06 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Ambon, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar Forkopimda Maluku terus melakukan strategi akselerasi vaksinasi guna mengejar target pemerintah 70%, mengingat, dia mendapatkan laporan bahwa saat ini masih berada di angka 63%.

"Pencapaian pemerintah sudah di angka 84%. Dan tentunya wilayah Maluku harus segera mengejar untuk mencapai target 70%," kata Sigit ketika meninjau vaksinasi massal di Provinsi Maluku, yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Jumat (14/1/2022).

Mantan Kadivpropam Polri itu mengungkapkan, dari hasil dialog interaksinya secara langsung dengan beberapa wilayah di Maluku, masih mengalami beberapa kendala terkait dengan vaksinasi. Di antaranya soal kondisi geografis, dan masih ada masyarakat yang perlu diberikan penjelasan atau sosialisasi lebih mendalam akan pentingnya vaksinasi.

Namun, Sigit menyatakan, Forkompinda Maluku telah menyatakan kesiapannya untuk sanggup melakukan akselerasi vaksinasi sebesar 70%.

"Dari hasil komunikasi dan laporan rata-rata sanggup untuk mencapai 70%," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Saat kunjungan kerjanya ke Maluku, Sigit juga menyempatkan untuk mengecek pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di SMP 6 Ambon untuk memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan dengan disiplin, sehingga anak-anak dan tenaga pendidik aman dari paparan Covid-19.

Sigit menyatakan, untuk Kota Ambon sendiri pencapaian vaksinasinya sudah mencapai 94%. Sebab itu, ia berharap, hal ini dapat menjadi motivasi untuk wilayah lain di Maluku, dalam mengejar target dari pemerintah.

"Karena ini berdampak pada kegiatan lanjutan yaitu aturan mengenai pembelajaran tatap muka. Karena memang ada aturan bahwa untuk bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka pencapaian vaksinasinya juga harus di sesuaikan. Asesmen level juga ikut menentukan," ucap Sigit.

Disisi lain, Sigit menekankan untuk Forkopimda Maluku mempertahankan tren positif soal positivity rate yang saat ini berada di angka 0%. Hal itu, kata Sigit sangat baik, namun memang perlu ada upaya lebih keras untuk mendorong akselerasi vaksinasi. Pasalnya, dengan begitu varian baru Covid-19 Omicron dapat diantisipasi serta dicegah.

"Tetap waspada karena varian Omicron sudah masuk, rata-rata datang dari pelaku perjalanan luar negeri, dan saat ini sudah terjadi transmisi lokal yang tentunya kita harus sama-sama jaga dan waspada serta strategi yang harus dilakukan adalah bagaimana kemudian membekali masyarakat dengan vaksinasi," tutur Sigit.

Oleh karenanya, Sigit mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus melakukan protokol kesehatan secara disiplin dan tidak ragu atau pun takut melakukan vaksinasi. Mengingat, vaksinasi dapat meningkatkan imunitas terhadap Covid-19.

"Saya yakin dan optimistis Provinsi Maluku bisa mencapai target vaksinasi. Positivity rate yang saat ini berada di angka 0% terus dipertahankan, prokesnya tetap dikuatkan. Sehingga pada saat kita kejar pencapaian tidak terjadi lonjakan terkait varian baru Omicron," tutup Sigit.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BioNTech dan Pfizer Akan Uji Vaksin Covid Universal

BioNTech dan Pfizer akan menguji vaksin Covid-19 universal pada manusia pada paruh kedua tahun 2022.

NEWS | 30 Juni 2022

Wakil Ketua Banggar DPR Muhidin Said Ambruk di Rapat Paripurna DPR

Muhidin Said ambruk setelah selesai membacakan laporan Banggar DPR terkait RAPBN tahun Anggaran 2023.

NEWS | 30 Juni 2022

Yordania Janji Investigasi Insiden Kebocoran Gas Beracun

Yordania menjanjikan investigasi insiden kebocoran gas beracun di di pelabuhan Aqaba,Yordania, menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 260 orang lainnya.

NEWS | 30 Juni 2022

KSP: Iriana, Sosok Ketulusan dalam Proses Perdamaian Ukraina-Rusia

Keikutsertaan Ibu Negara Iriana menemani Presiden Jokowi ke Ukraina, memberi pesan keterlibatan perempuan yang membawa ketulusan.

NEWS | 30 Juni 2022

Jokowi Buka Lebar Pintu Indonesia bagi Warga Ukraina

Kunjungan Presiden Jokowi ke Ibu Kota Kyiv Ukraina sekaligus membuka pintu Indonesia melalui penandatanganan perjanjian pembebasan visa.

NEWS | 30 Juni 2022

Hari Ini, RUU KIA Cuti Hamil Akan Disahkan Jadi Inisiatif DPR

DPR hari ini akan menggelar rapat paripurna pengesahan RUU KIA, yang mengatur cuti hamil, sebagai RUU inisiatif DPR.

NEWS | 30 Juni 2022

Ukraina Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Suriah

Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (29/6/2022) mengumumkan berakhirnya hubungan diplomatik antara Ukraina dan Suriah.

NEWS | 30 Juni 2022

Tiongkok Peringatkan Bentukan NATO Versi Asia Pasifik

Tiongkok memperingatkan kemungkinan pembentukan NATO versi Asia Pasifik. NATO versi Asia-Pasifik hanya akan membawa lebih banyak kekacauan.

NEWS | 30 Juni 2022

Kronologi dan Motif Penganiayaan Remaja di Taman Sempur

Polresta Bogor Kota mengungkapkan kronologi dan motif penganiayaan remaja putri FC (15) oleh 5 teman di Taman Sempur, Kota Bogor.

NEWS | 30 Juni 2022

Zelensky Minta Dukungan NATO Rp 74 Triliun Per Bulan

Zelensky meminta dukungan dana US$ 5 miliar per bulan atau Rp 74 triliun dari blok Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

NEWS | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BioNTech dan Pfizer Akan Uji Vaksin Covid Universal

BioNTech dan Pfizer Akan Uji Vaksin Covid Universal

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings