Logo BeritaSatu

Pansus Sebut Master Plan dan Pendanaan IKN Bakal Alot Dibahas DPR-Pemerintah

Senin, 17 Januari 2022 | 13:58 WIB
Oleh : Yustinus Paat / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Panitia Khusus RUU IKN Saan Mustopa menyebutkan dua isu RUU IKN bakal alot dibahas DPR dan pemerintah dalam rapat kerja DRP-Pemerintah hari ini, Senin (17/1/2022). Kedua isu tersebut terkait dengan rencana induk atau master plan dan pendanaan IKN baru.

“Rencana induk yang relatif lebih (alot),” ujar Saan di Gedung DPR RI, Komplek Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Saan mengatakan, anggota Pansus ingin mengetahui detail dari rencana induk pembangunan IKN. Pasalnya, rencana induk ini penting karena menjadi dasar pembangunan IKN selanjutnya. “Anggota ingin tahu lebih detil rencananya seperti apa, ingin mempelajari karena proses selanjutnya berdasarkan rencana induk,” tandas dia.

Dalam draf RUU IKN, disebutkan rencana induk IKN adalah dokumen perencanaan terpadu dalam melaksanakan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, serta penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus IKN. Rencana Induk IKN memuat paling sedikit memuat pokok-pokok, antara lain pendahuluan; visi, tujuan, prinsip dasar, dan indikator kinerja utama; prinsip dasar pembangunan; dan penahapan pembangunan dan skema pendanaan. Perincian Rencana Induk IKN diatur dengan Peraturan Presiden.

Otorita IKN dapat melakukan perubahan terhadap rencana induk IKN dengan ketentuan dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden dan dikonsultasikan dengan DPR. Perubahan rencana induk IKN juga diatur dengan Peraturan Presiden.

Selain rencana induk, kata Saan, pendanaan pembangunan IKN juga bakal berlangsung alot. Pasalnya, DPR ini mengetahui secara pasti soal skema pembayaran dengan persentase masing-masing jika dilakukan dengan skema kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan melibatkan pihak swasta.

Menurut Saan, pendanaan penting agar pembangunan tidak mangkrak. “Ada kekhawatiran jangan sampai sampai nanti proyek IKN ini misalnya pembiayaan ada dari KPBU lebih banyak seperti proyek lain seperti proyek kereta api cepat. Jangan sampai ini jadi proyek yang mangkrak,” ungkap dia.

Dalam RPJMN Tahun 2024, rancangan awal kebutuhan persiapan pemindahan IKN, diestimasi sebesar Rp 466 triliun dengan skema yang dikembangkan pada estimasi tersebut adalah sekitar 19,4% atau Rp 90,4 triliun melalui APBN, selanjutnya 54,2% atau Rp 25 triliun melalui skema KPBU, dan selebihnya yaitu sekitar 26,4% atau Rp 123,2 triliun merupakan partisipasi swasta/masyarakat.

Lebih lanjut, Saan mengatakan 2 lainnya, yakni penamaan pemerintahan IKN baru dan status pertanahan IKN bakal segera disepakati. Menurut dia, pemerintah dan DPR relatif sudah mulai menemukan titik temu dari 2 isu tersebut.

“Kalau status kan relatif sudah ada titik temu ya. Jadinya Pemdasus tapi pemerintah ingin pemdasus disebtunya otorita IKN. Jadi itu relatif (tidak alot),” pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Setengah Abad Revitalisasi Kota Tua Belum Kelar Juga

Menteri BUMN Erick Thohir akan menggarap revitalisasi Kota Tua di kawasan Jakarta Utara, tahun depan.

NEWS | 28 Juni 2022

Jika Mangkir Lagi, Iko Uwais Akan Dijemput Paksa Polisi

Polda Metro Jaya meminta aktor laga Iko Uwais bersikap kooperatif dalam menghadapi proses hukum. Jika mangkir lagi, Iko Uwais akan dijemput paksa.

NEWS | 27 Juni 2022

Jateng Rawan Bencana, Taj Yasin Minta PMI dan BPBD Tingkatkan Sinergisitas

Taj Yasin Maimoen meminta Palang Merah Indonesia meningkatkan sinergisitas dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota.

NEWS | 27 Juni 2022

Bakamla RI Buka Pelatihan Terkoordinasi VBSS Internasional

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Aan Kurnia membuka pelatihan terkoordinasi VBSS Internasional

NEWS | 27 Juni 2022

HUT Ke-6, PYC Bedah Buku "Politik Energi: Teori dan Aplikasi"

Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) merayakan ulang tahun ke-6 dengan menggelar soft launching dan bedah buku “Politik Energi: Teori dan Aplikasi”

NEWS | 27 Juni 2022

BPOM Berharap Vaksin Merah Putih Didaftarkan ke WHO

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito berharap vaksin Merah Putih didaftarkan ke Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

NEWS | 27 Juni 2022

Warga Sipil Korban Tembak KKB di Deiyai Papua Diterbangkan ke Sulsel

Jenazah Muhammad Jainal (29), korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Deiyai, Papua, diberangkatkan ke kampung halamannya.

NEWS | 27 Juni 2022

Puan: Sosialisasi Pembelian Migor Curah dengan PeduliLindungi Harus Gencar

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menyosialisasikan pembelian minyak goreng (migor) curah dengan aplikasi PeduliLindungi secara masif.

NEWS | 27 Juni 2022

Kejagung Usut Dugaan Korupsi di Garuda, Ini Respons KPK

KPK menyampaikan apresiasi terhadap langkah Kejagung mengusut dugaan korupsi di Garuda dengan menetapkan dua tersangka baru

NEWS | 27 Juni 2022

Hadapi Puncak Subvarian Omicron, Ini Kebijakan yang Perlu Dibenahi

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut puncak gelombang subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia diperkirakan terjadi pada minggu kedua atau ketiga Juli 2022

NEWS | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Malaysia Open: Gregoria Langsung Bertemu Unggulan Pertama

Malaysia Open: Gregoria Langsung Bertemu Unggulan Pertama

SPORT | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings