Logo BeritaSatu

Kemenkominfo: Humas Diharapkan Mampu Adaptasi terhadap Perubahan

Selasa, 18 Januari 2022 | 09:36 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan fakta, bahwa komunikasi publik jauh dari target yang diharapkan. Selain Kementerian bahkan antar BUMN saling bertarung. Ada juga yang diam saja. Seperti takut menghadapi masalah.

Menurut Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si. Staf Khusus Menteri Kominfo bidang Informasi dan Komunikasi publik menyampaikan bahwa humas sudah seharusnya mampu beradaptasi menghadapi berbagai perubahan pada saat ini. ‘’Sekarang, di era reformasi yang lebih demokratis, komunikasi publik terdesentralisasi, terdistribusi atau terbagi-bagi, terserap di semua kementerian, lembaga, dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (18/1/22).

Advertisement

Turut menjadi nara sumber Usman Kansong Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI dan Hasyim Gautama Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemkominfo RI dalam kegiatan Bimbingan Teknis Komunikasi Publik Tim Penilai Pusat Jabatan Fungsional Pranata Humas Tahun 2022.

Tata Kerja Pranata Humas dalam menangkal hoaks di Kementerian Kominfo belum sepenuhnya optimal, sehingga diperlukan pengembangan model manajemen strategis tata kerja Pranata Humas.

Prosedur Kerja Penanganan hoaks terkait Covid-19 di Kementerian Kominfo terdapat dua unsur tim kerja yang masing-masing bekerja secara mandiri, yaitu, Tim AIS (Artificial Intelligence System) dan Pranata Humas.

“Pranata Humas mempunyai kekuatan karena diatur dalam Peraturan Menteri PAN & RB dengan peran tidak terlalu besar. Tim AIS perannya sangat besar tetapi kekuatan berdasarkan Peraturan Menteri PAN & RB belum ada. Sehingga, perlu sinergi dan kolaborasi secara struktural antara Tim AIS dengan Pranata Humas,” ujar Niken Widiastuti.

Lebih lanjut Niken Widiastuti “Sistem Kerja Pranata Humas di Kementerian Kominfo dilaksanakan berdasarkan rencana strategis yang tertuang dalam grand design Kehumasan Pemerintah yaitu penguatan tata Kelola komunikasi publik, peningkatan akses informasi, peningkatan kualitas SDM, pengelolaan konten informasi publik dan penanganan hoaks,” jelasnya.

Skema kerja yang sinergis dan kolaboratif antara Pranata Humas dan Tim AIS belum terbangun, baik dalam agenda settng, patroli siber, pengumpulan data, verifikasi/cek fakta, maupun diseminasi sebagai upaya strategis penanganan hoaks di era Covid-19 yang sangat massif.

“Guna penerapan skema tersebut perlukan pengembangan Integrated Quantum Model (IQM) manajemen strategis sumber daya manusia Pranata Humas dalam menangkal hoaks Covid-19. Hal itu menjadi kebutuhan organisasi sebagai bentuk unjuk kinerja yang optimal,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bencana Hidrometeorologi Basah Tak Lepas dari Faktor Populasi

Menurut BNPB, dengan populasi tinggi, pasti di situ bencana hidrometeorologi basah cukup dominan

NEWS | 31 Januari 2023

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perppu Ciptaker Solusi Agar Tidak Terjadi Penyalahgunaan Kekuasaan

Perppu Ciptaker Solusi Agar Tidak Terjadi Penyalahgunaan Kekuasaan

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE