Logo BeritaSatu

BPOM: Pengembangan Vaksin Merah Putih Butuh Waktu Lama

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:39 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito menanggapi pernyataan dari mantan Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio, terkait pengembangan vaksin Merah Putih. Vaksin tersebut yang baru bisa dimulai pada pertengahan 2022 menjadi terhambat dan diperkirakan baru akan mendapatkan izin penggunaan darurat pada 2023 akibat peleburan Lembaga Eijkman ke dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Dalam keterangannya, melalui Rapat Kerja dan RDP Komisi IX DPR dengan Menkes, BPOM, dan Satgas Covid-19, di Kompleks Parlemen, Selasa (18/1/2022), Penny tidak secara eksplisit menanggapi pernyataan tersebut, tapi ia menyebut proses pengembangan vaksin Merah Putih memang membutuhkan waktu yang lama.

Advertisement

“Vaksin Merah Putih dari Lembaga Eijkman saat ini sedang didampingi fasilitas produksinya oleh BPOM. Sehingga persiapan sampai ke tahap uji klinik memang membutuhkan waktu. Dalam memproduksi vaksin memang membutuhkan kesabaran karena vaksin adalah produk mikrobiologi yang sensitif dan sangat membutuhkan kondisi yang steril sehingga membutuhkan waktu,” kata Penny.

Selain itu, Penny juga mengatakan, Lembaga Eijkman butuh mendapatkan mitra yang memiliki komitmen besar dalam memproduksi vaksin. “Sama halnya dengan yang kami lihat dari perkembangan vaksin Unair dan Biotis, sangat penting untuk Eijkman mendapatkan mitra industri farmasi yang bersedia untuk memberikan investasi besar karena banyak sekali tahapan-tahapan seperti pembangunan produksi sehingga membutuhkan mitra dengan komitmen yang besar,” jelas Penny

Dikatakan Penny, penelitian tentang vaksin Indonesia masih dibilang pemula. Di mana peneliti-peneliti Indonesia benar benar melakukan penelitian dari awal seperti dari merancang konsep hingga meneliti karakteristik vaksinnya.

“BPOM selalu melakukan pendampingan secara intensif mulai dari tahap awal, tahap penelitian, itu pun karena masih baru jadi masih ada proses pembelajaran untuk tetap menyesuaikan dengan standar-standar yang berlaku. Sehingga, pada tahap uji klinik pada manusia tidak ada masalah atau kegagalan,” tutur Penny.

Sementara itu, Penny menyebut, vaksin Merah Putih yang sedang dalam tahap proses adalah vaksin dari Universitas Airlangga dan Biotis. Direncanakan vaksin Merah Putih ini akan melakukan uji klinik pada awal Februari dan mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) pada Juli 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kejagung Bakal Proses Hukum Surya Darmadi secara In Absentia

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan bakal memproses Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi yang rugikan negara Rp 73 triliun secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

6 Terdakwa Pengeroyok Ade Armando Mengaku Terpancing Teriakan Provokatif

Enam terdakwa pengeroyok Ade Armando mengaku mendengar teriakan massa yang bernada provokatif yang membuat mereka terpancing mengeroyok Ade Armando.

NEWS | 10 Agustus 2022

Rumah Digeledah, Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar

Rumah pribadi Ferdy Sambo di Duren Tiga, digeledah, dan saat penggeledeahan itu, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar.

NEWS | 10 Agustus 2022

KPK Jelaskan Enggan Adili Surya Darmadi secara In Absentia

KPK mengungkap alasan tidak mengambil opsi untuk menyidangkan pemilik PT Darmex/PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng secara in absentia.

NEWS | 10 Agustus 2022

Perti Sambut Baik Ba'asyir Tegaskan Keselarasan Agama-Pancasila

Perti (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) menyambut baik tindakan Abu Bakar Ba'asyir yang mempertegas keselarasan di antara agama dan Pancasila.

NEWS | 10 Agustus 2022

Konsolidasi di Surabaya, KIB Akan Susun Platform Tentukan Capres

PPP, Golkar, dan PAN atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menyusun platform untuk menentukan capres di Pilpres 2024 dalam konsolidasi di Surabaya.

NEWS | 10 Agustus 2022

Polisi Ungkap Peran Menteri Khilafatul Muslimin yang Dibekuk di Lampung

Menteri Penerimaan Zakat Khilafatul Muslimin, Indra Fauzi ditangkap Polda Metro Jaya di Lampung. Indra Fauzi berperan tampung dana zakat.

NEWS | 10 Agustus 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah kasus dan kematian Covid-19 Jakarta sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022

Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 10 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022.

NEWS | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

EKONOMI | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings