Logo BeritaSatu

Kejagung Banding Vonis Nihil Heru Hidayat di Perkara Korupsi Asabri

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:31 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) memerintahkan jaksa penuntut umum untuk segera mengajukan banding atas vonis pidana nihil yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta terhadap Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Diketahui, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis pidana nihil terhadap Heru Hidayat yang terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi pengelolaan dana PT Asabri dan pencucian uang.

Vonis pidana nihil ini dijatuhkan karena Heru Hidayat berstatus sebagai narapidana dengan hukuman maksimal, yakni seumur hidup dalam perkara lain yakni perkara korupsi Jiwasraya. Selain itu, majelis hakim mewajibkan Heru Hidayat membayar uang pengganti sebesar Rp 12,6 triliun.

"Terhadap putusan majelis hakim tersebut, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus telah memerintahkan penuntut umum untuk segera melakukan upaya perlawanan banding," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya, Selasa (18/1/2022).

Kejagung memandang vonis pidana nihil yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta itu tidak berpihak kepada kepentingan masyarakat. Vonis itu juga telah mengingkari rasa keadilan masyarakat yang telah ditimbulkan oleh terdakwa dengan kerugian negara yang begitu besar.

Leonard menyoroti besarnya kerugian yang harus ditanggung negara dari perbuatan Heru Hidayat. Dalam kasus korupsi PT Asabri, negara mengalami kerugian hingga Rp 22,78 triliun, sementara di kasus PT Asuransi Jiwasraya kerugian negara mencapai Rp 16,7 triliun.

Bila ditotal, negara mengalami kerugian hingga mencapai Rp 39,5 triliun. Namun, majelis hakim memilih untuk memvonis nihil Heru Hidayat dalam kasus Asabri dengan alasan Heru sudah memperoleh vonis seumur hidup dalam perkara korupsi Jiwasraya.

"Majelis hakim tidak konsisten dalam pertimbangan hakim terhadap terdakwa yang terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi namun tidak diikuti dengan menjatuhkan pidana penjara," imbuhnya.

Selain itu, Leonard juga menyoroti kemungkinan Heru Hidayat mengajukan peninjauan kembali (PK) dalam perkara korupsi Jiwasraya dan memperoleh potongan hukuman. Heru disebut akan memperoleh hukuman yang sangat ringan dan akhirnya melukai hati masyarakat Indonesia.

"Apabila terdakwa dalam perkara PT Asuransi Jiwasraya mengajukan PK dan terdakwa mendapatkan potongan hukuman, maka terdakwa yang telah merugikan negara sekitar Rp 39,5 Triliun akan mendapatkan hukuman yang sangat ringan dan putusan tersebut telah melukai hati masyarakat Indonesia," kata Leonard.

Diberitakan sebelumnya, majelis hakim Tipikor memvonis nihil Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Heru terbukti bersalah dalam kasus korupsi PT Asabri.

"Menyatakan terdakwa Heru Hidayat sah meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam dakwaan ke 1 Primer dan TPPU sebagaimana dalam dakwaan ke 2 Primer menjatuhkan pidana dengan pidana nihil," kata Ketua Majelis Hakim IG Eko Purwanto dalam putusannya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Parpol Mulai Tawar-Menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

Partai politik (parpol) mulai tawar-menawar koalisi menuju Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 30 September 2022

Wamendagri Tegaskan Peran MRP Perjuangkan Kepentingan Orang Asli Papua

Wamendagri, John Wempi Wetipo membeberkan peran strategis MRP dalam memperjuangkan kepentingan orang asli Papua. 

NEWS | 30 September 2022

Stunting Bisa Berpengaruh pada Penurunan Kecerdasan Anak

Stunting harus mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius karena bisa berdampak ke penurunan kecerdasan anak.

NEWS | 30 September 2022

PDIP Sebut Bakal Ada Kejutan dalam Safari Politik Puan ke Airlangga Hartarto

Politikus PDIP Bambang Wuryanto menyatakan bakal ada kejutan baru dalam safari politik Ketua DPR Puan Maharani ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

NEWS | 30 September 2022

2026, Tirta Pakuan Bogor Targetkan Pelanggan Capai 220.000

Tirta Pakuan Bogor menargetkan pelanggan dapat bertambah menjadi 220.000 pada 2026. Saat ini, Tirta Pakuan mempunyai 172.552 pelanggan.

NEWS | 30 September 2022

Habiskan Ratusan Juta, Perda Kota Religius Depok Ditolak Kemendagri

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku kecewa dengan keputusan Kemendagri menolak Perda Kota Religius Depok yang sudah menghabiskan ratusan juta rupiah.

NEWS | 30 September 2022

Ini 9 Flyover di Jateng yang Diinisiasi Gubernur Ganjar

Flyover Ganefo adalah salah satu dari sembilan flyover yang dibangun selama masa kepemimpinan Ganjar.

NEWS | 30 September 2022

Pj Gubernur 3 Provinsi Baru di Papua Bakal Dilantik Akhir Oktober

Kemendagri menargetkan pelantikan penjabat gubernur atau Pj gubernur di tiga provinsi DOB Papua bakal digelar pada akhir Oktober ini. 

NEWS | 30 September 2022

Importir Kedelai AS akan Dapat Sertifikat SSAP dan Bisa Dialihkan ke Konsumen

Pengimpor kedelai AS akan menerima sertifikat SSAP termasuk di Indonesia dan dapat mengalihkannya kepada pihak konsumen hingga empat kali.

NEWS | 30 September 2022

BNPT: Generasi Z dan Milenial Rentan Terpapar Radikalisme

BNPT menyebut bahwa para pemuda generasi Z dan milenial di Tanah Air hingga kini masih rentan terpapar paham radikal.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Parpol Mulai Tawar-Menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

Parpol Mulai Tawar-Menawar Koalisi Menuju Pilpres 2024

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings