Logo BeritaSatu

Pembangunan IKN Butuh The Crazy Government Man Seperti Ahok

Rabu, 19 Januari 2022 | 21:20 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Setelah DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi UU IKN dalam rapat paripurna DPR, Selasa (18/1/2022), selanjutnya pemerintah harus segera menetapkan kepala Otorita IKN Nusantara. Untuk itu, dibutuhkan sosok yang bisa disebut sebagai the crazy government man untuk memimpin rencana pemindahan IKN ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 2024 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengungkapkan 4 nama yang menjadi calon kuat kepala Otorita IKN, yaitu Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mantan Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro, Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Azwar Anas.

Lalu siapa yang cocok dan pantas di antara keempat nama ini menjadi kepala Otorita IKN?

Menurut Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Prof Djohermansyah Djohan, sosok yang cocok dan pantas menjadi calon kuat kepala Otorita IKN adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Alasannya, lanjut Djohan, membangun IKN merupakan pekerjaan seperti cerita rakyat asal Jawa Tengah, yaitu Bandung Bondowoso yang diminta membangun 1.000 candi, yang dikenal Candi Prambanan, dalam waktu satu malam.

Situasi yang sama juga terjadi dalam pembangunan IKN Nusantara. Meski, lanjut Djohan, membangun IKN tidak hanya dalam waktu semalam, melainkan dua tahun. Namun, negara-negara lain yang melakukan pemindahan ibu kota baru, biasanya membutuhkan waktu puluhan tahun.

“Ini kan pekerjaan seperti Bandung Bondowoso. Kerja gila membangun dan memindahkan Ibu Kota dalam waktu atau tempo pendek dan singkat. Biasanya, yang saya tahu, memindahkan Ibu Kota Negara itu lama waktunya, puluhan tahun. Bisa 10, 15 hingga 20 tahun,” kata Prof Djohermansyah Djohan kepada Beritasatu.com, Rabu (19/1/2022).

Meski target awalnya, pemindahan Ibu Kota dapat rampung pada 2045, namun karena pemerintah ingin pelantikan Presiden baru hasil Pilpres 2024 dilakukan di IKN Nusantara, maka percepatan pemindahan juga dilakukan. Paling tidak dalam 2 tahun ini, sudah berdiri kantor Istana Presiden dan Wakil Presiden, kantor legislatif (DPR, MPR, dan DPD) serta kantor kementerian/lembaga terkait yang mendukung pekerjaan presiden dan wakil presiden.

Ditambah lagi, pembangunan IKN Nusantara bernuansa kota-kota dunia atau memiliki nilai kelas dunia, sehingga dibutuhkan sosok kepala Otorita IKN yang betul canggih dan mumpuni dalam bekerja keras di waktu yang pendek.

“Siapa yang canggih? Canggih itu kan agak sedikit crazy, crazy government man. Jadi butuh orang pemerintahan yang crazy. Pokoknya, orangnya kerja, kerja dan kerja, tidur di kantor. Kalau ada hambatan soal pertanahan, dihajar itu siapa yang menghambat. Jangan coba-coba ganggu, Ibu Kota harus jadi. Harus butuh orang lapangan, yang berani, tegas dan keras kalau mau jadi IKN,” terang Prof Djohermansyah Djohan.

“Nah siapa yang seperti itu? Kan sudah ada 4 nama. Kalau menurut saya, orang yang the crazy government man itu Ahok. Kalau Bambang Brodjonegoro kan latar belakangnya akademisi, jadi penuh perhitungan dan kalem. Azwar Anas itu kan bupati, belum pengalaman jadi gubernur, apalagi ini nanti setingkat menteri. Begitu juga dengan Tumiyana. Jadi lebih memenuhi standar dari segi pengalaman memimpin pemerintah daerah level provinsi dan Ibu Kota ya Ahok,” ujar Djohermansyah Djohan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DJ Joice dan 3 Rekannya Jadi Tersangka Kasus Narkoba

DJ Joice bersama tiga rekannya yang terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkotika sudah ditetapkan sebagai tersangka.

NEWS | 29 Juni 2022

BPET MUI: Khilafah Tak Perlu Lagi Diwacanakan di Indonesia

BPET MUI Muhammad Syauqillah mengatakan, persoalan khilafah telah selesai sejak lama dan tidak perlu lagi diperdebatkan implementasinya.

NEWS | 28 Juni 2022

Menkumham Harap Sinode GKPS Gotong Royong Majukan Bangsa

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly berharap Sinode Bolon ke-45 Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) melahirkan program gerejawi.

NEWS | 28 Juni 2022

Pelabelan BPA, BPOM Diharapkan Libatkan Kalangan Industri

BPOM diharapkan dapat melibatkan kalangan industri. Hal ini terkait rencana penerbitan aturan mengenai pelabelan potensi bahaya BPA.

NEWS | 28 Juni 2022

Konsumsi Narkoba Sejak 2018, DJ Joice: Agar Dapat Kepuasan

DJ Joice atau yang juga dikenal dengan nama Joice Challista mengonsumsi narkoba sejak 2018 untuk mendapatkan kepuasan.

NEWS | 28 Juni 2022

Santri Dukung Ganjar Jabar Bantu UMKM di Kabupaten Bandung

Santri Dukung Ganjar Pranowo Jawa Barat melaksanakan kegiatan bantuan UMKM di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa ( 28/06/2022)

NEWS | 28 Juni 2022

Kemendagri: RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Rancangan undang-undang (RUU) terkait pemekaran Papua memberikan ruang afirmasi bagi orang asli Papua (OAP).

NEWS | 28 Juni 2022

Polisi Periksa Pelapor Unggahan Meme Stupa Candi Borobudur

Polisi merampungkan pemeriksaan terhadap Kurniawan Santoso, pelapor kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur mirip dengan Presiden Jokowi

NEWS | 28 Juni 2022

Kronologi Penangkapan DJ Joice yang Tengah Pesta Sabu-sabu

Saat ditangkap, rupanya DJ Joice dan ketiga rekannya tengah asyik menghisap narkotika jenis sabu-sabu.

NEWS | 28 Juni 2022

Ketua Panja Beberkan Proses Pembentukan RUU Pemekaran Papua

Ketua Panja pembahasan tiga rancangan undang-undang (RUU) pemekaran Papua, Junimart Girsang membeberkan proses pembentukan regulasi tersebut.

NEWS | 28 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DJ Joice dan 3 Rekannya Jadi Tersangka Kasus Narkoba

DJ Joice dan 3 Rekannya Jadi Tersangka Kasus Narkoba

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings