Logo BeritaSatu

Presiden Afrika Selatan Luncurkan Pabrik Vaksin

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:21 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Johannesburg, Beritasatu.com- Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa telah membuka fasilitas pabrik pembuatan vaksin baru. Seperti dilaporkan AP, Rabu (19/1/2022), Ramaphosa mengatakan akan meningkatkan kapasitas negara itu untuk membuat inokulasi sendiri untuk penyakit termasuk Covid-19.

Ramaphosa mengatakan pabrik di Cape Town akan membantu meningkatkan kemampuan Afrika untuk memproduksi vaksin. Pabrik ini merupakan kemitraan antara perusahaan bioteknologi yang berbasis di Amerika Serikat (AS), pemerintah dan universitas Afrika Selatan

“Pandemi telah mengungkapkan perbedaan besar yang ada di dalam dan antar negara dalam akses ke layanan kesehatan, obat-obatan, diagnostik, dan vaksin yang berkualitas,” katanya.

Ramaphosa mengatakan Afrika menanggapi Covid-19 dengan “pengetahuan ilmiah, keahlian, dan kapasitas yang mendalam,” untuk membuat vaksinnya sendiri.

Pabrik tersebut juga diluncurkan oleh Patrick Soon-Shiong, pendiri NantWorks kelahiran Afrika Selatan, satu perusahaan bioteknologi multinasional yang berbasis di Amerika Serikat. Menurut laporan lokal, Patrick Soon-Shiong telah menginvestasikan sekitar US$ 200 juta (Rp 2,8 triliun) untuk memulai fasilitas tersebut.

“Pabrik baru ini bertujuan untuk mencapai tujuan memproduksi satu miliar vaksin setiap tahun pada tahun 2025,” kata Soon-Shiong.

Aspen Pharmacare Afrika Selatan telah merakit vaksin J&J Covid-19 di satu pabrik di Gqeberha, yang sebelumnya dikenal sebagai Port Elizabeth. Fasilitas Aspen memadukan komponen vaksin yang diimpor dan memasukkannya ke dalam botol dan mengemas dosisnya, satu proses yang dikenal sebagai fill-and-finish. Fasilitas itu memiliki kapasitas 220 juta vaksin per tahun dan menjualnya di Afrika Selatan dan ke negara-negara Afrika lainnya.

Pabrik produksi vaksin lainnya di Afrika Selatan dioperasikan oleh Biovac Institute di Cape Town dalam kemitraan dengan Pfizer-BioNTech untuk memproduksi 100 juta dosis vaksinnya setiap tahun.

Ramaphosa mengatakan Afrika telah mendapatkan 500 juta dosis vaksin Covid-19 melalui tim tugas akuisisi vaksin Uni Afrika, tetapi benua itu membutuhkan lebih banyak.

“Dosis ini hanya mewakili sekitar setengah dari apa yang dibutuhkan benua untuk memvaksinasi 900 juta orang untuk mencapai target 70% yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia,” tutur Ramaphosa.

Selain memproduksi vaksin untuk Covid-19, fasilitas baru ini akan fokus pada pengembangan produk untuk memerangi HIV, berbagai jenis kanker, dan penyakit lain yang mungkin tidak menjadi masalah besar di belahan dunia lain tetapi merupakan masalah kesehatan utama di Afrika.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KM Setia Makmur Tenggelam di Laut Arafura, 15 ABK Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan hingga kini masih melakukan pencarian terhadap 15 anak buah kapal KM Setia Makmur 06 yang tenggelam di laut Arafura.

NEWS | 4 Juli 2022

Tim SAR Cari 15 ABK KM Setia Makmur 06 di Laut Arafura

Tim SAR gabungan hingga kini masih melakukan pencarian terhadap 15 anak buah kapal (ABK) KM Setia Makmur 06 yang tenggelam di Laut Arafura.

NEWS | 4 Juli 2022

Tingkatkan Literasi, Perpusnas dan Pemkab Sleman Kembangkan Perpustakaan

Perpusnas dan Pemkab Sleman, DIY menjalin kerja sama di bidang pengembangan perpustakaan guna meningkatkan literasi.

NEWS | 4 Juli 2022

Pemprov DKI Bakal Evaluasi Kerja Sama dengan ACT

Wagub DKI, Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI akan mengevaluasi kerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyusul dugaan penyelewengan donasi.

NEWS | 4 Juli 2022

Pemda Tetapkan Tarif Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta

Pemprov NTT menetapkan tarif masuk ke Pulau Komodo sebesar Rp 3,75 juta per orang per 1 Agustus 2022.

NEWS | 4 Juli 2022

Kunjungi Kampung Nelayan, Puan Didoakan Jadi Presiden

Ketua DPR Puan Maharani mengunjungi Kampung Nelayan, Cangkol, Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (4/7/2022).

NEWS | 4 Juli 2022

Pemotor di Bogor Tewas Ditabrak Truk dari Belakang

Seorang pemotor berinisial DD (52) tewas setelah motornya ditabrak truk dari belakang di Jalan Raya Narogong, Cileungsi, Kabupaten Bogor pada Senin (4/7/2022).

NEWS | 4 Juli 2022

Puan: Pondok Pesantren Buntet Punya Peran Signifikan

Ketua DPR Puan Maharani menyambangi Pondok Pesantren Buntet di Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Senin (4/7/2022).

NEWS | 4 Juli 2022

Soal Positivity Rate Covid-19, Begini Penjelasan Kemenkes

Menanggapi angka positivity rate Covid-19 harian pada Minggu (3/7/2022), menurut Wamenkes kondisi pada saat ini sudah melandai.

NEWS | 4 Juli 2022

Vaksin Covid-19 Jadi Vaksinasi Rutin, Ini Respons PB IDI

Ketua Umum PB IDI M Adib Khumaidi mengatakan vaksin merupakan suatu bagian upaya untuk mencegah semua penyakit termasuk virus.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tim SAR Cari 15 ABK KM Setia Makmur 06 di Laut Arafura

Tim SAR Cari 15 ABK KM Setia Makmur 06 di Laut Arafura

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings