Logo BeritaSatu

Simpang Rapak Balikpapan Rawan Kecelakaan, Pemda Didesak Bangun Fly Over

Jumat, 21 Januari 2022 | 12:03 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPerempatan Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), rawan kecelakaan. Pemerintah daerah (pemda) perlu segera membangun fly over di lokasi tersebut. Hal tersebut disampaikan Anggota DPR dari Daerah Pemilihan Kaltim, Irwan kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

“Pemda perlu segera merealisasikan rencana pembangunan fly over di jalan tersebut. Apalagi, pemda dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional sudah membuat kajian perencanaan dan lain-lain,” kata Irwan.

Advertisement

Diberitakan, kecelakaan maut terjadi di perempatan Muara Rapak, Jumat (21/1/2022). Dalam video yang beredar dari warganet di Twitter seperti dipantau Beritasatu.com, tampak sebuah truk kontainer diduga mengalami rem blong dan menabrak mobil serta motor yang sedang berhenti di lampu merah.

“Kalau memang tidak ada duit APBD untuk bangun fly over, kita coba gunakan opsi lain, termasuk intervensi melalui APBN di Kementerian PUPR. Kita bantu kawal dan perjuangkan agar ke depan tidak terjadi lagi kejadian menyedihkan seperti ini,” ujar Irwan.

“Harus segera ada evaluasi dan tindakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang terus memakan korban di lokasi yang sama. Ini tidak boleh terus dibiarkan,” tegas anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Di sisi lain, Irwan mengapresiasi usaha Direktorat Lalu Lintas (ditlantas) Polda Kaltim, karena sejak delapan bulan lalu sudah mempersiapkan tim traffic accident analysis (TAA). Tim tersebut berstandar modern berbasis teknologi informasi dengan melaksanakan sertifikasi kompetensi penyidik.

“Disiapkan mobil taktis TAA dari Korlantas dan mewajibkan tim TAA turun ke TKP (tempat kejadian perkara) minimal sebulan sekali, sehingga kejadian lakalantas seperti ini, bisa segera diketahui kejadian sebenarnya,” ucap Irwan.

Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim ini juga terus mendorong Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Kaltimtara, membangun beberapa jembatan timbang di ruas jalan nasional Kaltim.

Irwan pun meminta sopir dan pemilik truk yang menyebabkan kecelakaan maut di Balikpapan, ditindak tegas. Keberadaan kendaraan berat di dalam kota juga perlu dievaluasi.

“Keberadaan kendaraan ODOL (over dimensi over loading) dalam kota tidak bisa ditoleransi, harus ditindak tegas, termasuk sopir dan pemilik kendaraan yang menyebabkan musibah besar hari ini di Balikpapan, harus bertanggung jawab di hadapan hukum,” tegas Irwan.

“Mengenai penindakan kendaraan ODOL, kita minta dipertegas sampai dengan penindakan di tempat melalui revisi UU LLAJ yang mulai dibahas Komisi V DPR,” kata Irwan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

15 Migran Ditemukan Tewas di Perbatasan Libya dengan Sudan

Sedikitnya 15 migran tewas di gurun di perbatasan Libya dengan Sudan. Para migran mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa

NEWS | 14 Agustus 2022

Kejagung Persilakan Surya Darmadi Datang Menghadap

Kejagung (Kejaksaan Agung) mempersilakan bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng datang menghadap untuk mengikuti proses hukum.

NEWS | 14 Agustus 2022

Jika Aset Disita, Moskwa Ancam Akhiri Hubungan Rusia-AS

Setiap kemungkinan penyitaan aset Rusia oleh Amerika Serikat (AS) akan sepenuhnya menghancurkan hubungan bilateral Moskwa dengan Washington.

NEWS | 14 Agustus 2022

Kejagung Belum Peroleh Konfirmasi soal Kedatangan Surya Darmadi

Kejagung mengaku belum memperoleh konfirmasi langsung dari bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng terkait kesediaannya balik ke Indonesia.

NEWS | 14 Agustus 2022

Peringatan 120 Tahun Bung Hatta Berlangsung Meriah

Peringatan 120 tahun kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi dan Kabupaten Agam berlangsung seru dan meriah, Sabtu (13/8/2022).

NEWS | 14 Agustus 2022

Sahabat Polisi Indonesia Ramaikan Run & Ride for Independence Day

Sahabat Polisi Indonesia ikut meramaikan ajang olahraga Run & Ride for Independence Day (RFID) 2022 yang digelar Minggu (14/8/2022) pagi.

NEWS | 14 Agustus 2022

Cacar Monyet, Kanada Distribusikan 99.000 Dosis Vaksin Imvamune

Kanada mendistribusikan lebih dari 99.000 dosis vaksin Imvamune untuk merespons cacar monyet.

NEWS | 14 Agustus 2022

Polandia dan Jerman Hadapi Bencana Lingkungan Besar

Polandia dan Jerman menghadapi bencana lingkungan yang besar. Beberapa ton ikan mati ditemukan minggu ini di Sungai Oder.

NEWS | 14 Agustus 2022

Shanghai Perpanjang Persyaratan Tes Covid-19 Mingguan

Kota Shanghai di Tiongkok memperpanjang persyaratan pengujian Covid-19 mingguan hingga akhir September.

NEWS | 14 Agustus 2022

Menangi Covid-19, Korea Utara Mencabut Aturan Wajib Masker

Korea Utara telah mencabut aturan wajib masker dan melonggarkan pembatasan virus lainnya setelah klaim menangi perang Covid-19.

NEWS | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendag Sidak Pasar Dukuh Kupang Surabaya, Harga Terigu Naik

Mendag Sidak Pasar Dukuh Kupang Surabaya, Harga Terigu Naik

EKONOMI | 35 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings