Logo BeritaSatu

Masyarakat Bekasi Bentuk Malidi sebagai Garda Terdepan Tumpas Hoax

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:33 WIB
Oleh : Mikael Niman / JAS

Bekasi, Beritasatu.com – Sampai kapanpun, berita yang berisi informasi bohong (hoax), ujaran kebencian, kampanye hitam yang dengan nilai-nilai yang mengandung radikalisme akan tumbuh subur. Terlebih lagi, penggunaan media sosial saat ini telah menjadi sarana informasi tanpa batas bagi masyarakat Indonesia.

Untuk itu, masyarakat Kota dan Kabupaten Bekasi yang peduli terhadap pencegahan ataupun berkomitmen menumpas penyebarluasan informasi bohong, ujaran kebencian dan sebagainya, membentuk Masyarakat Peduli Literasi Digital (Malidi).

“Kapanpun bisa muncul berita hoax, kapanpun bisa muncul sikap intoleran. Organisasi Malidi sudah terstruktur dengan baik. Di daerah-daerah lain, relawan seperti ini sifatnya masih individual, komunitasnya hidup mati-hidup mati tergantung situasi yang berkembang dan tidak ada kemampuan sustainability sehingga yang tadinya ada, tiba-tiba hilang,” ujar anggota Dewan Pembina Malidi, Teguh Arifiyadi, usai pelantikan pengurus Malidi periode 2022-2025 di Kota Bekasi, Selasa (25/1/2022) malam.

Teguh Arifiyadi yang juga perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mendukung penuh pembentukan Malidi sebagai komunitas yang melek terhadap informasi hoax, ujaran kebencian, sikap radikalisme dan sebagainya.

“Kominfo selalu mendukung setiap organisasi masyarakat yang punya tujuan menjadi mitra pemerintah untuk berkolaborasi dalam pemberantasan informasi hoax ataupun sikap-sikap intoleransi,” ungkap Teguh.

Selain Malidi, Kominfo juga menggandeng komunitas serupa seperti Mafindo, Cyber Kreasi, Komunitas Cyber Hoax. Organisasi seperti Malidi sangat diperlukan pemerintah dalam menangkal berita hoax, ujaran kebencian, paham radikal dan sebagainya.

“Pemerintah punya program namanya literasi digital yang mencakup program edukasi dan diseminasi informasi terkait penggunaan internet di seluruh Indonesia. Kominfo siap bekerja sama menggandeng komunitas untuk menjadikan mereka sebagai garda terdepan literasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Malidi Heru Nugroho menambahkan, cikal bakal pembentukan Malidi ini bermula dari keresahan para anggota terhadap peredaran informasi hoax di media sosial.

“Sekitar empat tahun yang lalu, iklim dunia medsos mulai dibanjiri dengan hoax. Kita merasa gerah sekali dengan informasi yang sangat cepat sekali menyebar tetapi kebenarannya diragukan. Kita tidak yakin informasi ini benar tetapi menyebar dan dipercaya banyak orang,” kata Heru Nugroho.

Selanjutnya, dari kecil ini membentuk organisasi yang berupaya untuk mengklarifikasi informasi yang beredar di masyarakat dan berkoordinasi dengan sumber-sumber yang bisa memberikan kebenaran informasi seperti Pemerintah seperti Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bekasi maupun pusat.

“Kita juga melakukan kerja sama dengan Polres Metro Bekasi Kota, kita memberikan training kepada anggota Polres Metro Bekasi Kota terkait dengan bagaimana mengidentifikasi hoax, menebang hoax yang beredar. Saat ini kita sudah ada kerja sama Forkopimda Kota Bekasi,” ungkap Heru.

Selain itu, Malidi juga kerja sama dengan Puspen TNI ikut membuat video penerangan TNI.

Malidi menggandeng Pemerintah Kota Bekasi dan sekitar, khususnya bagi pelajar dan ibu-ibu yang sering menyebarkan berita hoax tanpa melakukan "saring sebelum sharing".

Rencana ke depan, Malidi akan terus berekspansi dengan melakukan workshop edukasi atau kunjungan-kunjungan ke sekolah, universitas dan juga menggandeng stakeholders untuk peningkatan kegiatan literasi demi NKRI dalam menebar berita-berita fakta. Ke depan kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara nasional di beberapa kota di Indonesia dan juga kemungkinan yang bermukim di mancanegara, namun kegiatan dimulai dari Bekasi dan Jawa Barat.

Workshop ataupun kunjungan dan kerja sama akan diisi dengan edukasi bagaimana bermedia sosial yang baik dan bijak, serta memanfaatkan media sosial menjadi sarana kampanye nilai-nilai nasional dan kabar positif bagi publik serta memberi edukasi kepada masyarakat akan bahaya hoax, radikalisme, pornografi dan melawan segala bentuk gerakan memecah belah NKRI.

Malidi merupakan komunitas yang berfokus pada kegiatan edukasi dan kampanye literasi digital tentang penggunaan media sosial yang sehat, cerdas, anti-hoax dan antiradikalisme secara langsung atau tidak. Saat ini Malidi melakukan kegiatan di Kota dan Kabupaten Bekasi namun tidak menutup kemungkinan akan terus berafiliasi ke kota-kota lainnya.

Malidi memegang prinsip yaitu independensi (tidak terikat dengan pihak mana pun); transparan; dan membantu mencerdaskan generasi muda melalui media sosial serta menjunjung persatuan bangsa.

Para Malidian (sebutan bagi pengurus dan anggota Malidi) yang semakin banyak jumlahnya dan semakin solid akan terus bahu membahu mewujudkan program-program Pemerintah.

Walau Malidi saat ini masih bergerak aktif di Bekasi dan Jawa Barat namun kiprahnya sudah bisa diperhitungkan sebagai sebuah komunitas yang membela bangsa melalui gerakan bermedia sosial yang cerdas, sehat, anti-hoax dan antiradikalisme. Pun demikian Malidi telah tercatat secara resmi berbadan hukum dan telah didukung penuh oleh 3 Pilar Bekasi.

Rencana ke depan, Malidi turut mendorong peran serta masyarakat yang masing-masing berkegiatan sesuai apa yang menjadi isu di wilayahnya, baik dalam waktu tersendiri maupun yang diadakan serempak di semua wilayah.

Salah satu contoh kegiatan yang dilakukan secara berkala adalah Ngobras (Ngobrol Asyik) ala Malidi, dengan mengusung berbagai tema, mencakup kerohanian, kesehatan, pendidikan, perekonomian, perlindungan anak, hukum, wirausaha yang semuanya akan dibalut dalam satu tema berkaitan dengan komunikasi dan informasi positif melalui media sosial.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Rawat 202 Pasien Covid-19

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Senin (4/7/2022) berjumlah 202.

NEWS | 4 Juli 2022

Penembakan di Mal Kopenhagen, Tersangka Pemuda Usia 22 Tahun

Seorang pemuda berusia 22 tahun menjadi tersangka pelaku penembakan di sebuah mal di Kopenhagen, Denmark.

NEWS | 4 Juli 2022

Cuti 14 Hari, Bima Arya dan Ridwan Kamil Tunaikan Haji

Bima Arya mengajukan cuti dalam jabatannya Wali Kota Bogor selama 14 hari untuk menunaikan ibadah haji bersama Ridwan Kamil.

NEWS | 4 Juli 2022

Longsoran Es di Pegunungan Alpen Italia Tewaskan 6 Orang

Foto ini diambil pada 3 Juli 2022 dari Canazei, menunjukkan lapisan es yang runtuh di Marmolada, dekat Punta Rocca, menewaskan enam orang.

NEWS | 4 Juli 2022

Pelatihan Hidroponik Warnai Deklarasi Sandiaga Uno di Binjai

Rangkaian kegiatan dilakukan Relawan Sandi dalam deklarasi Menparekraf Sandiaga Uno untuk maju di Pilpres 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Hari Ini Hujan Berpotensi Terjadi di Seluruh Wilayah Jakarta

BMKG memperkirakan hujan akan terjadi secara merata di seluruh wilayah DKI Jakarta pada Senin (4/7/2022) siang.

NEWS | 4 Juli 2022

Penembakan di Mal Kopenhagen, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan (mal) di Kopenhagen pada Minggu (3/7/2022), kata polisi Denmark.

NEWS | 4 Juli 2022

Santri dan Ulama di Karawang Doakan Ganjar Pranowo

Santri dan ulama hadir di Masjid Jami Baitul Anwar, Karawang, Jawa Barat, Minggu (3/7/2022), untuk mendoakan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

NEWS | 4 Juli 2022

Ketua Ormas di Lampung Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Seorang pria yang ternyata ketua ormas ditemukan tewas bersimbah darah di Jalan Ir Sutami, Way Laga, Sukabumi, Bandar Lampung.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

IDI kembali mengimbau agar masyarakat kembali memakai masker tidak hanya di ruang tertutup, tetapi juga saat berada di ruang terbuka.

NEWS | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah Mendekati Rp 15.000

Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah Mendekati Rp 15.000

EKONOMI | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings