Logo BeritaSatu

1 Tahun, Kapolri Wujudkan Setapak Perubahan Pelayanan Masyarakat yang Terbaik

Kamis, 27 Januari 2022 | 16:20 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Jenderal Listyo Sigit Prabowo hari ini genap satu tahun menjabat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada 27 Januari 2021.

Di kepemimpinannya, Sigit mengusung semangat transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan). Hal itu dituangkan dalam empat transformasi dengan 16 program prioritas, 51 kegiatan, 177 aksi, dan delapan komitmen.

Selama setahun, Sigit telah melakukan setapak perubahan untuk mewujudkan Polri yang Presisi. Dengan, memaksimalkan fungsi pokok Polri yang melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat.

Gagasan dan aksi nyata itu dituangkan Kapolri dalam buku berjudul “Setapak Perubahan: Catatan Pencapaian Satu Tahun Polri yang Presisi”.

Buku setebal 240 halaman ini terdiri dari 5 bab mulai dari sejarah lahirnya konsep Presisi, hingga apa saja yang sudah dicapai Kapolri.

"Polri membekal niat baik untuk berubah, dan saya memohon dengan segala kerendahan hati kepada semua pihak untuk membantu mewujudkan keinginan kami bertransformasi," kata Sigit dalam penyampaian pengantar pada buku tersebut.

Mantan Kapolda Banten ini mengulas awal mula gagasan Polri Presisi muncul. Semangat transformasi itu berawal dari hasil perenungan akan tantangan dan kondisi yang dihadapi Polri pada zaman modern dewasa ini. Terutama pesatnya perkembangan media sosial, di mana hal tersebut baru dihadapi oleh Korps Bhayangkara.

Hasil perenungannya itu, kata Sigit, didiskusikan dengan berbagai pihak. Ia mendapat banyak masukan untuk semakin memantapkan gagasannya tersebut. Misalnya, tentang layanan publik dan harapan mengenai Polri.

Sigit pun mulai menyusun visi, misi, dan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai transformasi Polri Presisi. Hingga akhirnya, konsep itu disosialisasikan ketika resmi dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri, kala itu.

"Selanjutnya, setelah memaparkan visi tersebut di sejumlah kesempatan, saya berpikir tentu masyarakat luas akan sulit memahami. Semua mungkin mengenal istilah Polisi Presisi, namun masih banyak masyarakat yang bahkan tak tahu apa akronimnya. Saya menyadari betul hal itu," ujar Sigit dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Kamis (27/1/2022).

Mantan Kabareskrim Polri itu pun juga menyadari banyak masyarakat yang berpikiran negatif, pesimis, dan mempertanyakan tekad bulat untuk mewujudkan Polri yang baik dalam rangka pelayanan publik yang terintegrasi, modern, murah dan cepat. Begitu juga pemeliharaan kamtibmas, dan penegakan hukum yang prediktif, bertanggung jawab, transparan, serta menjamin rasa keadilan masyarakat.

"Saya tak menyalahkan itu. Untuk itu, melalui buku ini, saya ingin menjelaskan dengan lebih sederhana, dengan semua penjabaran konsep. Saya ingin bahwa masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Polri semudah memesan pizza," ucap Sigit.

Sigit memaparkan saat ini terdapat 886 aplikasi terkait Polri yang akan diintegrasikan menjadi satu data. Sigit menyebut, hal itu memudahkan masyatakat untuk mendapatkan layanan Polri yang terbaik.

"Saya ingin bahwa semua layanan Polri akan dirasa dekat, dirasa mudah, dirasa berguna, dan dirasa jelas alurnya. Sehingga masyarakat merasa nyaman. Sebenarnya sederhana saja. Saya ingin memaksimalkan untuk kembali melihat pada fungsi pokok Polri, melindungi, melayani, dan mengayomi. Sesuatu yang sederhana. Namun perkembangan situasi zaman membuatnya kadang terasa sulit untuk dicapai. Seperti dalam kehidupan, segala sesuatu yang paling sederhana justru adalah sesuatu yang paling sulit digapai," papar Sigit.

Sigit mengakui, banyak yang mengatakan bahwa konsep ini adalah sebuah perjalanan panjang. Namun, seperti sebuah pepatah klasik 'Perjalanan ribuan kilometer selalu dimulai dengan satu langkah'.

"Maka ini langkah pertama kami. Langkah pertama yang dijejakkan dalam perjalanan panjang ini, kami tempuh dengan niat yang baik, ikhtiar keras, dan tentunya dengan keikhlasan. Kami berupaya menjadi lebih baik untuk kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat. Dan di atas segalanya tentu kita selalu berdoa dan bermohon diberikan kemudahan dan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," tutur Sigit.

Untuk diketahui, dalam empat transformasi yang diusung dalam Polri Presisi, seluruhnya sudah mencapai hasil maksimal dan akan terus ditingkatkan.

Menurut Sigit, transformasi organisasi saat ini telah mencapai, 98,20%. Kemudian, transformasi operasional sebesar 98,78%. Lalu, transformasi pelayanan publik 96,59%, dan transformasi pengawasan telah mencapai target 98,60%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Dicky Budiman menegaskan pentingnya vaksin booster Covid-19 untuk anak-anak. Salah satunya karena sudah waktunya vaksinasi Covid-19 booster anak.

NEWS | 3 Juli 2022

NASA Bakal Rilis Gambar Terdalam dari Alam Semesta

Badan Antariksa AS (NASA) akan merilis "gambar terdalam" yang pernah diambil dari alam semesta.

NEWS | 2 Juli 2022

Jalan Rasuna Said Gelap Saat Sambut Earth Hour 2022

Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, terlihat gelap saat menyambut earth hour 2022 pada Sabtu (2/7/2022), pukul 20.30-21.30 WIB.

NEWS | 2 Juli 2022

Asap Penuhi Kabin, Pesawat Maskapai India Medarat Darurat

Pesawat penerbangan domestik India melakukan pendaratan darurat di New Delhi pada Sabtu (2/7/2022) setelah bagian kabinnya dipenuhi asap.

NEWS | 2 Juli 2022

Polri Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Semar Mbangun Kayangan

Polri dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan cerita Semar Mbangun Kayangan.

NEWS | 2 Juli 2022

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA

Kunjungan Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/7/2022) ke Uni Emirat Arab membuat kemitraan kedua negara semakin kuat.

NEWS | 2 Juli 2022

Pertemuan Jokowi, Zelensky, dan Putin Curi Perhatian Warganet ASEAN

Pertemuan Jokowi dengan Zelensky dan Putin telah mencuri perhatian warganet di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

NEWS | 2 Juli 2022

Media Malaysia Ramai Beritakan Pertemuan Jokowi, Zelensky dan Putin

Media Malaysia pada Rabu tertuju pula pada pertemuan Jokowi dengan Zelensky serta pertemuannya dengan Putin.

NEWS | 2 Juli 2022

Piala AFF U-19: Aparat Geledah Penonton yang Hendak Masuk Stadion Patriot

Stadion patriot Chandrabhaga dipadati penonton yang ingin menyaksikan langsung laga perdana Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19.

NEWS | 2 Juli 2022

Indochat Ajak Generasi Z Cintai Keberagaman Indonesia

Indochat mengajak anak bangsa Generasi Z untuk berbagi cerita, foto, dan video menarik tentang keunikan dan keberagaman di Indonesia.

NEWS | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings