Logo BeritaSatu

Rutin Cek Prostat, Tingkatkan Angka Harapan Hidup Laki-laki

Jumat, 28 Januari 2022 | 11:34 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Deteksi dini kanker prostat melalui rangkaian pemeriksaan terkait prostat berperan penting guna menambah harapan hidup bagi para pria.

Demikian edukasi yang disampaikan Prof dr Chaidir A Mochtar dari Siloam Hospitals Asri yang berlokasi di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Menurutnya deteksi dini kanker prostat melalui rangkaian pemeriksaan terkait prostat penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan angka kesintasan (survival rate) pasien kanker prostat.

Pada stadium awal kanker prostat, sel kanker masih terlokalisasi dalam kelenjar prostat atau di sekitar sejumlah organ terdekat. Pada kasus-kasus tersebut, diketahui angka harapan hidup dalam kurun waktu 5 tahun mencapai hampir 100%. Sementara itu, pada stadium lanjut, sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya di luar prostat, sehingga angka harapan hidup dalam kurun waktu 5 tahun menurun hingga 30%.

Dr Chaidir menjelaskan bahwa kelenjar prostat normal pada pria dewasa berukuran 15-20 cc. Secara alami, prostat memiliki kecenderungan untuk membesar sejak berusia 40 tahun. Sebanyak 50% pria pada usia 60 tahun mengalami pembesaran prostat. Pada usia 70-80 tahun, persentase pembesaran prostat semakin meningkat hingga 80%. Namun, hanya 25% yang membutuhkan pengobatan.

"Seiring berjalannya waktu, prostat akan mengalami gangguan dan perubahan, salah satunya adalah terjadinya pembesaran pada prostat yang dapat bersifat jinak ataupun ganas (kanker prostat)," tutur dia dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Jumat (28/1/2022).

Kelenjar prostat adalah kelenjar yang hanya ditemukan pada pria. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi cairan prostat yang merupakan bagian dari cairan mani. Cairan ini memberi energi pada sperma dan mengurangi keasaman pada saluran vagina. Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan saluran anus. Paga bagian tengah prostat terdapat uretra, saluran yang mengalirkan urine dari kandung kemih hingga keluar melalui lubang penis.

"Oleh sebab itu, kelenjar prostat memiliki peranan penting pada kesuburan pria," imbuh dr Chaidir yang berpraktek tetap di Siloam Hospitals Asri.

Diakui kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat, yaitu kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani. Berfungsi sebagai nutrisi dan transportasi sperma. Hampir seluruh kanker prostat adalah adenocarcinoma (kanker yang berasal dari sel kelenjar).

Sel-sel kanker tersebut dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui pembuluh darah dan kelenjar getah bening. Hingga saat ini, penyebab kanker prostat masih belum diketahui secara pasti. Mengacu pada data dari Globocan (Global Cancer Observatory) 2020, kasus kanker prostat di Indonesia diprediksi menduduki peringkat ke-11 dengan jumlah kasus mencapai 31 per 100.000 populasi

Dari edukasi yang disampaikannya, ada beberapa faktor risiko yang dapat menjadi penyebab kanker prostat, di antaranya usia lebih dari 50 tahun dan memiliki keluarga dengan riwayat kanker prostat atau kanker lainnya. Dari sisi etnik, risiko lebih besar/tinggi dimiliki oleh keturunan ras Afrika-Amerika yang memiliki obesitas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya gerak dan diet tinggi lemak jenuh.

Gejala yang dialami penderita kanker prostat meliputi keluhan saluran kemih bawah, seperti sering buang air kecil (terutama saat malam hari), buang air kecil teputus-putus, dan sensasi tidak lampias saat selesai buang air kecil. Perlu diketahui juga bahwa fase awal kanker prostat dapat tidak bergejala. Selain itu, perlu diwaspadai tanda-tanda penyebarannya seperti nyeri tulang, kesemutan pada kedua tungkai, dan kelemahan pada kedua tungkai.

Penanganan Kanker Prostat
Pada pemeriksaan untuk diagnosis kanker prostat, pasien akan diwawancarai mengenai riwayat penyakitnya dan dilakukan colok dubur. Kebanyakan kanker prostat terletak di zona perifer prostat dan dapat dideteksi dengan colok dubur jika volumenya > 0,2 ml.

Jika terdapat kecurigaan adanya kanker prostat dari pemeriksaan colok dubur seperti benjolan keras, bentuk asimetris, atau berbenjol-benjol, maka dapat dilakukan biopsi prostat sebagai pemeriksaan definitif dari kanker prostat.

Pemeriksaan awal yang dapat dilakukan sebelum melakukan biopsi adalah pemeriksaan antigen spesifik prostat (PSA) untuk mendukung kecurigaan dari pemeriksaan colok dubur. PSA juga bisa dipakai tersendiri sebagai sarana screening, karena pemeriksaan colok dubur sering prostat terkesan normal. Apabila telah diketahui terdapat kanker prostat, dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk menentukan stadium kanker dengan pemeriksaan MRI, Bone Scan, serta PET Scan.

Untuk kanker prostat stadium awal, pilihan penanganannya adalah surveilans aktif, operasi pengangkatan prostat, atau radioterapi. Di sisi lain, kanker prostat stadium lanjut dapat ditangani dengan terapi hormonal, kemoterapi, radioterapi, maupun terapi kombinasi yang sangat disarankan oleh Ikatan Ahli Urologi Indonesia. Setelah dilakukan terapi, pasien tetap perlu mempraktikkan pola hidup sehat dan kontrol secara rutin. Pola hidup sehat dilakukan dengan cara diet dengan nutrisi seimbang, hindari merokok, dan aktivitas fisik rutin. Segera konsultasikan ke dokter apabila memiliki ciri-ciri gejala kanker prostat untuk penanganan lebih lanjut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPET MUI: Khilafah Tak Perlu Lagi Diwacanakan di Indonesia

BPET MUI Muhammad Syauqillah mengatakan, persoalan khilafah telah selesai sejak lama dan tidak perlu lagi diperdebatkan implementasinya.

NEWS | 28 Juni 2022

Menkumham Harap Sinode GKPS Gotong Royong Majukan Bangsa

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly berharap Sinode Bolon ke-45 Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) melahirkan program gerejawi.

NEWS | 28 Juni 2022

Pelabelan BPA, BPOM Diharapkan Libatkan Kalangan Industri

BPOM diharapkan dapat melibatkan kalangan industri. Hal ini terkait rencana penerbitan aturan mengenai pelabelan potensi bahaya BPA.

NEWS | 28 Juni 2022

Konsumsi Narkoba Sejak 2018, DJ Joice: Agar Dapat Kepuasan

DJ Joice atau yang juga dikenal dengan nama Joice Challista mengonsumsi narkoba sejak 2018 untuk mendapatkan kepuasan.

NEWS | 28 Juni 2022

Santri Dukung Ganjar Jabar Bantu UMKM di Kabupaten Bandung

Santri Dukung Ganjar Pranowo Jawa Barat melaksanakan kegiatan bantuan UMKM di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa ( 28/06/2022)

NEWS | 28 Juni 2022

Kemendagri: RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Rancangan undang-undang (RUU) terkait pemekaran Papua memberikan ruang afirmasi bagi orang asli Papua (OAP).

NEWS | 28 Juni 2022

Polisi Periksa Pelapor Unggahan Meme Stupa Candi Borobudur

Polisi merampungkan pemeriksaan terhadap Kurniawan Santoso, pelapor kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur mirip dengan Presiden Jokowi

NEWS | 28 Juni 2022

Kronologi Penangkapan DJ Joice yang Tengah Pesta Sabu-sabu

Saat ditangkap, rupanya DJ Joice dan ketiga rekannya tengah asyik menghisap narkotika jenis sabu-sabu.

NEWS | 28 Juni 2022

Ketua Panja Beberkan Proses Pembentukan RUU Pemekaran Papua

Ketua Panja pembahasan tiga rancangan undang-undang (RUU) pemekaran Papua, Junimart Girsang membeberkan proses pembentukan regulasi tersebut.

NEWS | 28 Juni 2022

DPR Tetapkan Ibu Kota dan Wilayah 3 Provinsi Baru Papua

Komisi II DPR telah merampungkan seluruh pembahasan tiga rancangan undang-undang (RUU) pembentukan provinsi baru di Papua.

NEWS | 28 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sopir Angkot Tewaskan Empat Penumpang Divonis 13 Tahun

Sopir Angkot Tewaskan Empat Penumpang Divonis 13 Tahun

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings