Logo BeritaSatu

Satgas Ungkap Penyebab Kasus Covid-19 Naik Signifikan di 3 Provinsi

Jumat, 28 Januari 2022 | 23:40 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19, Alexander Kaliaga Ginting mengatakan, ada beberapa aspek menjadi penyebab terjadinya gap cukup signifikan terhadap peningkatan kasus Covid-19 di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten dibandingkan dengan provinsi lainnya.

Menurutnya, peningkatan kasus Covid-19 akibat liburan panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu, berkaca dari peningkatan kasus Covid-19 terjadi setiap ada liburan.

“Jadi kenaikan kasus itu merata di beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Jawa dan sebagian Sumatra,” kata Alexander saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (28/1/2021).

Selain itu, munculnya varian Omicron. Alexander menuturkan, varian ini ada di Indonesia karena kedatangan para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Varian tersebut berkembang sangat cepat di DKI Jakarta dan telah ditemukan varian Omicron transmisi lokal.

Alexander juga mengatakan, ketidakpatuhan protokol kesehatan (prokes) 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) yang terjadi di rumah maupun di sektor publik menjadi penyebab kasus Covid-19 semakin meningkat.

Selanjutnya, kata Alexander, kenaikan kasus Covid-19 di tiga provinsi ini karena daerah aglomerasi. Selain itu, dipicu oleh adanya daerah penyangga yang hingga kini cakupan vaksinasi masih rendah jika dibandingkan dengan daerah lain dalam satu aglomerasi.

“Kenaikan kasus Covid-19 terjadi karena di daerah penyangga itu vaksinasi belum setinggi di Jakarta. Di Jakarta vaksinasi 1 dan 2 tinggi dan lansia sudah cukup tinggi. Coba pergi ke kabupaten penyangga, misalnya Bogor atau kabupaten penyangga di pinggiran aglomerasi cakupan vaksinasi belum setinggi Jakarta, sehingga ada ketimpangan membuat ada kenaikan kasus,” ucapnya.

Dikatakan Alexander, kenaikan kasus Covid-19 tersebut juga dipicu oleh varian Delta. Dikatakan, varian tersebut telah menyebar ke seluruh Indonesia.

“Jadi jangan dianggap varian Delta itu sudah hilang dari Indonesia. Itu belum dan di beberapa daerah, varian Delta masih tetap yang utama meski di Jakarta itu Omicron dominan,” ucapnya.

Ketika ditanya kemungkinan kasus Covid-19 masih rendah di provinsi lain karena 3T (testing, tracing dan treatment) masih rendah, Alexander menuturkan, sebetulnya kasus di 28 provinsi yang tidak mengalami kenaikan cukup signifikan masih terkendali. Hal itu terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 masih landai hingga saat ini.

Meski demikian, ia berharap masyarakat tetap waspada kasus Omicron maupun Delta dengan patuh prokes. Sementara bagi warga yang terinfeksi Covid-19, Alexander mengimbau memanfaatkan telemedicine untuk mendapatkan paket obat atau menghubungi RT dan RW agar segera melakukan upaya 3T.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Covid-19: Tambah 864, Kasus Aktif Sentuh 16.174

Update kasus aktif Covid-19 pada hari ini, Rabu (29/6/2022) kembali naik menembus angka 16.000 atau tepatnya sebanyak 16.174 kasus.

NEWS | 29 Juni 2022

KPK Perpanjang Masa Penahanan Eks Wali Kota Yogyakarta

KPK perpanjang masa penahanan eks Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan petinggi Summarecon Agung, Oon Nusihono yang menjadi tersangka suap pengurusan IMB.

NEWS | 29 Juni 2022

Penganiayaan Remaja di Bogor Diselesaikan di Luar Pengadilan

Polresta Bogor memberlakukan diversi (mediasi) untuk mencapai keadilan restoratif dalam kasus penganiayaan melibatkan enam remaja di Taman Sempur, Kota Bogor.

NEWS | 29 Juni 2022

Paspampres Bersenjata Laras Panjang Kawal Ketat Presiden Jokowi di Kyiv

Paspampres bersenjata laras panjang mengawal ketat Presiden Jokowi di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022).

NEWS | 29 Juni 2022

Konsumen Kesulitan Beli Minyak Goreng dengan PeduliLindungi

Seorang pedagang sembako di Pasar Mandiri, Kelapa Gading, menyampaikan konsumen kesulitan membeli minyak goreng dengan PeduliLindungi.

NEWS | 29 Juni 2022

Jokowi Akan Diundang Hadiri Musyawarah Rakyat Indonesia

Relawan Jokowi rencananya akan mengundang Presiden Jokowi menghadiri Musyawarah Rakyat Indonesia yang digelar untuk menjadi capres menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 Juni 2022

Kapolres Maluku Tengah Abdul Gafur Dicopot dari Jabatannya

Kapolres Maluku Tengah AKBP Abdul Gafur dicopot dari jabatannya karena diduga melakukan perbuatan tidak menyenangkan.

NEWS | 29 Juni 2022

Menkes Ungkap Peran Keluarga dalam Penanganan Stunting

Menkes menyatakan bahwa keluarga memiliki peran yang penting dalam penanganan stunting di Indonesia.

NEWS | 29 Juni 2022

Pemprov Jateng Hadirkan Alat USG untuk Warga Karimunjawa

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) memberikan bantuan berupa alat ultrasonografi atau alat USG untuk Puskesmas Karimunjawa.

NEWS | 29 Juni 2022

Wagub DKI Janji Carikan Solusi Nasib 3.000 Karyawan Holywings

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji akan mencarikan solusi soal nasib sekitar 3.000 karyawan Holywings yang kini tidak bisa bekerja.

NEWS | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Update Covid-19: Tambah 864, Kasus Aktif Sentuh 16.174

Update Covid-19: Tambah 864, Kasus Aktif Sentuh 16.174

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings