Logo BeritaSatu

Lakukan Perombakan, Unilever Pangkas 1.500 Karyawan Global

Sabtu, 29 Januari 2022 | 13:21 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Unilever memangkas 1.500 karyawan level manajemen di seluruh dunia karena produsen barang konsumsi itu berada di bawah tekanan kuat dari pemegang saham untuk mendorong pertumbuhan. Saat ini, Unilever mempekerjakan 149.000 orang di seluruh dunia.

Seperti dilaporkan JNS, Kamis (27/1/2022), langkah pemutusan hubungan karyawan (PHK) mengikuti keputusan Ben & Jerry untuk memutuskan kontraknya dengan pemegang lisensi Israel. Ben & Jerry menolak untuk berhenti menjual es krim perusahaan di Yudea dan Samaria.

“Pemangkasan karyawan tersebut merupakan pengurangan 15% dalam jumlah manajer senior dan 5% manajer junior. Pekerja pabrik tidak akan terpengaruh,” kata Unilever pada Selasa (25/1).

Unilever, yang memiliki merek terkenal termasuk Ben & Jerry's dan Dove, menyatakan sedang pindah ke struktur yang "lebih sederhana" yang dibagi menjadi lima unit bisnis yakni Kecantikan dan Kesejahteraan, Perawatan Pribadi, Perawatan Rumah, Nutrisi, dan Es Krim.

CEO Alan Jope mengatakan perombakan akan memungkinkan Unilever menjadi lebih responsif terhadap konsumen dan tren saluran dengan akuntabilitas sejernih kristal untuk pengiriman.

"Pertumbuhan tetap menjadi prioritas utama kami dan perubahan ini akan mendukung upaya kami untuk mencapai ini," tambah Jope.

Pemegang saham telah meningkatkan tekanan pada Unilever setelah sahamnya merosot 10% tahun lalu. Saham perusahaan terpukul minggu lalu setelah perusahaan mengungkapkan telah membuat tiga tawaran yang gagal untuk mengakuisisi bisnis perawatan kesehatan konsumen GlaxoSmithKline.

Pada Kamis, Unilever menyatakan perusahaan tidak akan menaikkan US$ 68 miliar (Rp 978 triliun) yang ditolak, dan saham kemudian bangkit kembali.

Fundsmith, salah satu pemegang saham terbesar Unilever, menyebut pengambilalihan yang gagal itu sebagai "pengalaman hampir mati". CEO Fundsmith Terry Smith mengkritik perusahaan lewat surat kepada investor awal bulan ini, dengan alasan perusahaan itu menghargai upaya keberlanjutan yang didorong oleh publisitas atas "dasar-dasar bisnis."

Di sisi lain, negara bagian AS di New York, New Jersey, Florida, Texas, Illinois, Colorado, dan Arizona telah memutuskan untuk menghapus investasi dari dana pensiun mereka di Unilever karena perusahaan tersebut terbukti melanggar undang-undang anti-BDS (Boycott, Divestment, and Sanctions) yang disahkan di negara bagian tersebut.

“Unilever terus melarikan diri dari tanggung jawabnya sebagai perusahaan induk. Daripada mengambil tanggung jawab dan membatalkan boikot, Unilever lebih memilih untuk membenamkan kepalanya di pasir dan mengabaikan fakta bahwa itu sepenuhnya bertanggung jawab atas semua perusahaan yang dimilikinya, termasuk Ben & Jerry’s di seluruh dunia,” sindir Avi Zinger, direktur jenderal Ben & Jerry’s Israel, pemegang lisensi Israel.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E: Brigadir J Selalu Dampingi Putri Candrawathi

Bharada E menyebut, Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, selalu mendampingi Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

EKONOMI | 52 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE