Logo BeritaSatu

PDIP Nilai Pinggiran Jakarta Kurang Dapat Sentuhan Pembangunan

Sabtu, 29 Januari 2022 | 17:42 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – PDI Perjuangan (PDIP) menilai pingiran DKI Jakarta kurang mendapatkan sentuhan pembangunan. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI hanya fokus menggarap hal yang tampak dan berada di jantung kota. Misalnya, di kawasan Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin.

“Hal-hal yang berada di pinggiran Jakarta, tidak mendapatkan sentuhan yang membawa perubahan secara sistematis bagi kemajuan daerah,” kata Hasto menjawab wartawan usai mengikuti kegiatan penanaman pohon dan penyebaran benih ikan sebagai rangkaian perayaan HUT ke-49 PDIP dan HUT ke75 Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di Danau Kampung Bintaro, Jakarta, Sabtu (29/1/2022).

Menurut Hasto, sejumlah kebijakan positif saat Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) menjabat gubernur DKI banyak dilupakan. Contohnya, kata Hasto, Pemprov DKI luput merawat taman dan danau di Ibu Kota yang tidak pernah terjadi saat Jokowi atau BTP memimpin.

“Contoh sederhana dalam membuat taman, di dalam merawat danau, di dalam membersihkan sungai yang dahulu dipelopori Pak Jokowi dan Pak Ahok (BTP) yang secara spektakuler yang mampu mengubah Waduk Ria Rio, sekarang bisa lihat di sana. Kita juga bisa lihat di Tanah Abang bagaimana pengaturannya, apakah ada taman-taman kota yang dirawat dengan baik?,” tutur Hasto.

Hasto saat kegiatan menanam pohon di Danau Kampung Bintaro turut menyinggung banyaknya pasukan oranye yang sekarang ini terlihat duduk-duduk atau tanpa aktivitas. Tak hanya itu, Hasto turut melihat banyak ekskavator yang tidak digunakan semestinya. Hasto merujuk ekskavator milik Pemprov DKI yang terparkir di aliran Kali Cideng di dekat gedung KPK, Jakarta Selatan.

“Saya kalau di Jakarta berkeliling, bagaimana banyak ekskavator yang menganggur. Di KPK itu saya sampai bilang, itu buat apa di depan KPK ekskavator menganggur. Mengeruknya tidak dilakukan, klaim atas biaya eskalator dilakukan,” tutur Hasto.

Hasto mengungkap pengalaman pribadinya ketika melakukan penghijauan di Rawa Lindung Jakarta. Warga sekitar mengakui ekskavator di sana jarang digunakan. Menurut Hasto, hal tersebut tidak terjadi ketika Jakarta dipimpin Jokowi dan BTP. Semua ekskavator bekerja maksimal mengeruk kali dan danau.

“Berbeda di era Jokowi dan Ahok. Semua ekskavator berjalan. Masyarakat harus menjadi pengawas agar program bisa dijalankan sebaiknya,” kata Hasto.

Belum lagi jika dibandingkan dengan kemampuan Jokowi, Ahok, hingga Djarot Saiful Hidayat yang mengubah kultur di Jakarta.

“Ini contoh pemimpin mengalirkan disiplin dan ketegasan yang membuat birokrasi satu nafas. Kepemimpinan diukur apabila gubernur berwibawa sampai petugas di lapangan bertugas disiplin, itu namanya kultural organisasi. Jadi, tidak bisa pemimpin santai, kerjanya meminta yang di bawah bekerja,” ujar Hasto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE