Logo BeritaSatu

ECOWAS Tangguhkan Keanggotaan Burkina Faso

Minggu, 30 Januari 2022 | 07:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Abuja, Beritasatu.com- Blok regional Afrika Barat, ECOWAS menangguhkan keanggotaan Burkina Faso setelah kudeta militer. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Jumat (28/1/2022), penangguhan itu menjadikan Burkina Faso sebagai negara anggota ketiga yang dihukum karena pengambilalihan militer hanya dalam 18 bulan.

Pengumuman pada Jumat oleh Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) datang beberapa hari setelah tentara pemberontak memaksa Presiden yang terpilih secara demokratis Roch Marc Christian Kabore untuk mengundurkan diri.

Para prajurit itu pergi ke televisi pemerintah untuk mengumumkan pengambilalihan militer mereka atas negara itu, yang disebut sedang dikepung oleh kelompok-kelompok bersenjata. Para penguasa militer mengatakan Kabore gagal membendung kekerasan yang telah menewaskan ribuan orang selama masa kekuasaannya.

Para pemimpin Afrika Barat bertemu secara virtual pada Jumat (26/1) untuk membahas kudeta Burkina Faso. Satu delegasi diperkirakan akan melakukan perjalanan ke ibu kota Burkinabe, Ouagadougou, dalam beberapa hari mendatang.

Presiden Ghana Nana Addo Dankwa Akufo-Addo, ketua ECOWAS saat ini, menyebut serentetan kudeta baru-baru ini di Afrika Barat sebagai pelanggaran langsung terhadap prinsip demokrasi Afrika.

“Seluruh dunia memandang kami untuk bersikap tegas dalam masalah ini,” katanya.

Satu misi kepala staf ECOWAS akan terbang ke Burkina Faso pada hari Sabtu, diikuti pada hari Senin oleh utusan tingkat menteri.

“Para pemimpin akan bertemu lagi pada 3 Februari di Accra untuk menilai hasil dari misi ini dan melihat apakah sanksi tambahan harus dikenakan bersama dengan penangguhan,” papar seorang peserta KTT kepada kantor berita AFP.

Pada pertemuan puncak virtual yang berlangsung sekitar tiga jam, para pemimpin ECOWAS juga menyerukan agar Kabore dan para pemimpin lainnya yang ditahan dibebaskan.

Pada Selasa, blok tersebut mengeluarkan pernyataan kecaman atas kudeta dan menuduh militer memaksa Kabore untuk mengundurkan diri "di bawah ancaman, intimidasi dan tekanan".

Dalam 18 bulan terakhir, ECOWAS yang beranggotakan 15 negara telah menangguhkan dua anggota lainnya yakni Guinea dan Mali, tempat kudeta telah terjadi.

ECOWAS menangguhkan negara tetangga Mali setelah kudeta di sana pada Agustus 2020. Lembaga ini kemudian juga mengambil tindakan serupa terhadap Guinea setelah presiden digulingkan September lalu.

Mali juga dikenai sanksi ekonomi, termasuk larangan terbang dan pembekuan aset, setelah pemimpin kudeta gagal menyelenggarakan pemilihan umum dalam waktu 18 bulan seperti yang dijanjikan.

ECOWAS telah menghadapi kritik atas penanganannya terhadap kudeta, khususnya di Mali, tempat para mediator bernegosiasi dengan pemerintah militer mengenai batas waktu 18 bulan untuk mengadakan pemilihan umum yang demokratis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hingga Hari Ini, Total Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 24.107 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Kamis (1/12/2022) sebanyak 24.107 unit.

NEWS | 1 Desember 2022

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

PP Pemuda Katolik menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Polri melimpahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi pemberian kredit proyek BPD Jawa Tengah (Jateng) cabang Jakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022

Sufmi Dasco Jadi Profesor, Prabowo: Guru Besar Penentu Peradaban Bangsa

Terkait pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai profesor, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan guru besar merupakan penentu peradaban bangsa.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai PHK <em>Startup</em>, Kemenkominfo: Model Bisnis Berubah

Badai PHK Startup, Kemenkominfo: Model Bisnis Berubah

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE