Logo BeritaSatu

Lebanon Tidak Akan Serahkan Senjata Hizbullah

Minggu, 30 Januari 2022 | 12:39 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beirut, Beritasatu.com- Menteri Luar Negeri Lebanon Abdallah Bou mengatakan pemerintahnya tidak akan menyerahkan senjata milik Hizbullah. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Sabtu (29/1/2022), pernyataan Bou dilontarkan menjelang pertemuan dengan para menlu di Teluk Arab untuk memperbaiki hubungan.

Arab Saudi dan sekutunya menangguhkan hubungan diplomatik dengan Lebanon setelah ditayangkannya komentar Menteri Penerangan George Kordahi yang mengkritik intervensi militer pimpinan Riyadh di Yaman. Kordahi yang merupakan sekutu Hizbullah, mengundurkan diri pada Desember.

“Saya tidak akan (ke Kuwait) untuk menyerahkan senjata Hizbullah. Saya tidak akan mengakhiri keberadaan Hizbullah, itu tidak mungkin di Lebanon. Kami akan berdialog,” kata Menteri Luar Negeri Lebanon Abdallah Bou Habib kepada Al Jazeera, merujuk pada pertemuan yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan antara Beirut dan negara-negara Teluk Arab.

Dalam pengakuan atas kekhawatiran negara-negara Teluk, Lebanon bagaimanapun menyatakan bahwa negara itu tidak akan menjadi “landasan peluncuran untuk kegiatan yang melanggar negara-negara Arab”. Pernyataan itu akan disampaikan Lebanon menurut sumber yang akrab dengan rancangan surat pemerintah menanggapi persyaratan Teluk untuk hubungan yang lebih baik.

Lebanon dijadwalkan pada pertemuan di Kuwait pada Sabtu untuk menyampaikan tanggapannya terhadap persyaratan untuk mencairkan hubungan. Lebanon telah menderita karena kelompok bersenjata Hizbullah, sekutu dekat Iran, telah tumbuh lebih kuat di Beirut dan wilayah tersebut.

Hizbullah mendukung Iran dalam perjuangan regionalnya untuk mendapatkan pengaruh dengan negara-negara Teluk Arab sekutu AS, yang menyatakan kelompok itu telah membantu Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman.

Perang Yaman telah menyebabkan apa yang disebut PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Perang tersebut bertujuan memulihkan pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional.

Didirikan oleh Pengawal Revolusi Iran pada tahun 1982, Hizbullah memiliki milisi yang kuat. Pejuang Hizbullah telah mendukung sekutu pro-Iran di wilayah tersebut, termasuk Suriah. Kelompok Hizbullah dan sekutunya juga melakukan pengaruh besar atas kebijakan negara Lebanon.

Ketentuan yang disampaikan ke Beirut pada tanggal 22 Januari oleh Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Ahmad Nasser al-Mohammad al-Sabah termasuk pengaturan kerangka waktu untuk melaksanakan resolusi Dewan Keamanan PBB, di antaranya Resolusi 1559 yang diadopsi pada tahun 2004 dan menyerukan perlucutan senjata non- milisi negara di Lebanon.

Satu rancangan tanggapan pemerintah yang dilihat oleh Reuters mengesampingkan masalah tersebut, mengungkapkan rasa hormat Lebanon terhadap resolusi PBB untuk memastikan perdamaian sipil dan stabilitas nasional. Namun tidak disebutkan resolusi khusus PBB atau langkah apa pun untuk mengimplementasikannya.

Keretakan Teluk telah menambah kesulitan yang dihadapi Lebanon saat berjuang dengan krisis keuangan yang digambarkan oleh Bank Dunia sebagai salah satu depresi paling tajam yang pernah tercatat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi dan Presiden MBZ Saksikan Pertukaran Dokumen IUAE-CEPA

Presiden Jokowi dan Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan (MBZ) menyaksikan pertukaran dokumen IUAE-CEPA yang telah disepakati.

NEWS | 1 Juli 2022

John Lee Siap Bangun Hong Kong Lebih Dinamis dan Harmonis

John Lee mengucapkan sumpah Kepala Eksekutif Wilayah Administratif Hong Kong dengan tekad membangun lebih dinamis dan harmonis.

NEWS | 1 Juli 2022

Vaksinasi Booster Bakal Jadi Syarat Masuk Fasilitas Publik

Vaksinasi booster Covid-19 bakal menjadi syarat bagi masyarakat agar dapat memasuki berbagai fasilitas publik.

NEWS | 1 Juli 2022

Baru 6 Provinsi Catatkan Vaksinasi Booster di Atas 40%

Hingga saat ini baru 6 provinsi yang cakupan vaksinasi booster Covid-19 berhasil mencapai di atas 40%.

NEWS | 1 Juli 2022

Antusias Akar Rumput Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Sahabat Ganjar bersama masyarakat di lima provinsi secara serentak mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Juli 2022

HUT Bhayangkara, 1.641 Personel Polda Metro Naik Pangkat

Sebanyak 1.641 personel Polda Metro Jaya naik pangkat tepat di HUT Bhayangkara ke-76, Jumat (1/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

UNESCO Menangkan Ukraina dalam "Perang" Sup Borshch Lawan Rusia

UNESCO memasukkan masakan Ukraina, sup borshch dalam warisan budaya yang terancam punah, sebuah langkah yang ditentang keras Rusia.

NEWS | 1 Juli 2022

Andi Gani Kenang Tjahjo Kumolo Sosok Peduli Kesejahteraan Buruh

Bagi Andi Gani, sosok Tjahjo Kumolo sudah dianggapnya seperti kakak dan senior yang sangat rendah hati.

NEWS | 1 Juli 2022

Ini Gejala Hepatitis Akut yang Paling Banyak Ditemukan

Kemenkes menyebutkan demam dan mual menjadi gejala dari penyakit hepatitis akut misterius yang paling banyak ditemukan pada anak di Indonesia.

NEWS | 1 Juli 2022

Bamsoet: Surya Paloh Usul MPR Undang Capres Sampaikan Visi misi

Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan, Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengusulkan MPR mengundang capres yang maju di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tjahjo Kumolo Wafat, Novita Wijayanti: Selamat Jalan Senior

Tjahjo Kumolo Wafat, Novita Wijayanti: Selamat Jalan Senior

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings