Logo BeritaSatu

UE Usulkan Labelisasi Hijau pada Proyek Pembangkit Listrik

Jumat, 4 Februari 2022 | 14:13 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Komisi Uni Eropa (UE) mengusulkan aturan baru untuk memberi label hijau atau keberlanjutan pada beberapa investasi pembangkit listrik tenaga gas dan nuklir. Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (2/2/2022), rencana itu telah memecah negara dan investor, dan beberapa anggota parlemen sempat mencoba untuk memblokirnya.

Brussels telah mengambil lebih dari satu tahun untuk memutuskan apakah gas dan energi nuklir harus dihitung sebagai investasi hijau dalam taksonomi UE, satu buku aturan investor yang dirancang untuk membantu meningkatkan sejumlah besar modal swasta untuk memenuhi target perubahan iklim UE.

Dalam aturan terakhir yang diterbitkan pada Rabu (2/2), pembangkit listrik tenaga gas akan diberi label hijau dekade ini jika mereka memancarkan kurang dari 270g setara CO2 per kWh, atau memiliki emisi tahunan di bawah 550kg CO2e per kW selama 20 tahun.

Aturan keberlanjutan bisa termasuk pembangkit gas dengan emisi CO2 yang relatif tinggi saat ini, asalkan mereka beralih ke gas rendah karbon atau mengurangi jam operasionalnya di tahun-tahun berikutnya.

Pembangkit gas harus beralih untuk menggunakan gas rendah karbon pada tahun 2035. Persyaratan dalam rancangan sebelumnya, agar pembangkit mulai beralih pada tahun 2026, dibatalkan.

Pembangkit nuklir baru harus menerima izin konstruksi sebelum tahun 2045 untuk mendapatkan label investasi hijau, dan berlokasi di negara dengan rencana dan dana untuk membuang limbah radioaktif dengan aman pada tahun 2050.

"Kami sedang menetapkan bagaimana gas dan nuklir dapat memberikan kontribusi dalam transisi yang sulit menuju netralitas iklim. Kami menerapkan kondisi yang ketat untuk penyertaan mereka dalam taksonomi," kata kepala layanan keuangan UE Mairead McGuinness.

Aturan, yang muncul saat Eropa bergulat dengan lonjakan harga energi dan kekhawatiran tentang ketergantungannya pada impor gas Rusia di tengah ketegangan politik atas Ukraina, telah menghadapi tentangan di berbagai bidang, termasuk dari para juru kampanye, penasihat ahli Uni Eropa, beberapa investor, dan negara.

Perdebatan itu mencerminkan perpecahan yang lebih luas di antara pemerintah mengenai jalan untuk memenuhi tujuan UE untuk mencapai nol emisi bersih pada tahun 2050.

Negara-negara UE dan Parlemen Eropa memiliki waktu empat bulan untuk berpotensi memblokir aturan, yang dapat dilakukan oleh mayoritas super 20 dari 27 negara UE yakni ambang batas yang dianggap tidak mungkin atau mayoritas anggota parlemen.

Pada Rabu (2/2), anggota parlemen Hijau Uni Eropa mengatakan bahwa mereka akan berkampanye untuk 353 suara yang diperlukan untuk memblokir proposal, dan sudah memiliki sekitar 250.

"Masih ada kesempatan untuk menghentikan ini," kata anggota parlemen Hijau Jerman Michael Bloss.

Pemerintah Austria pada Rabu mengulangi ancamannya untuk mengambil tindakan hukum atas label hijau nuklir. Sementara lawan mengutip kekhawatiran atas pembuangan limbah nuklir, negara-negara pro-nuklir termasuk Prancis menyatakan sumber energi bebas CO2 sangat penting untuk memenuhi target iklim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings