Logo BeritaSatu

Uni Eropa Hadapi Sejuta Kasus Kanker yang Tidak Terdiagnosis

Sabtu, 5 Februari 2022 | 22:23 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Uni Eropa (UE) menghadapi satu juta kasus kanker yang tidak terdiagnosis sebagai dampak pandemi Covid-19. Seperti dilaporkan RT, Jumat (4/2/2022), UE telah menandai Hari Kanker Sedunia dengan janji untuk mengatasi disparitas dan ketidaksetaraan antara negara-negara anggota.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan bahwa 100 juta tes skrining kanker tidak dilakukan karena dampak pandemi Covid pada layanan kesehatan, menunda diagnosis dan rujukan untuk perawatan di seluruh benua.

Advertisement

“Ini berarti bahwa diperkirakan satu juta kasus saat ini tidak terdiagnosis di Eropa,” klaim kepala Komisi Eropa.

Von der Leyen telah mengumumkan UE akan meluncurkan registri ketidaksetaraan kanker untuk mengatasi tingkat kematian yang berbeda di seluruh blok. Kebijakan itu sebagai bagian dari tindakan untuk mengurangi dampak penyakit yang semakin meningkat.

“Ini akan mengidentifikasi tren, perbedaan, dan ketidaksetaraan antara negara bagian dan wilayah anggota sehingga kami dapat menargetkan dukungan kami dengan lebih baik,”kata von der Leyen menyatakan, karena para pejabat memperkirakan kematian akibat kanker dapat meningkat hingga sepertiga pada tahun 2040.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi kanker sebagai salah satu penyebab utama kematian dan kesakitan di kawasan Eropa, terhitung lebih dari 20% dari semua kematian. Pada tahun 2020, 2,7 juta orang didiagnosis menderita kanker di seluruh UE, sementara 1,3 juta meninggal karena penyakit tersebut.

Berbicara menjelang Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari, Direktur Regional WHO untuk Eropa Hans Kluge mengklaim skrining, diagnosis, dan pengobatan kanker “menderita dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya karena layanan kesehatan telah berjuang untuk menanggapi Covid-19.”

Mengutip data resmi di seluruh wilayah Eropa dari dua tahun terakhir, Kluge menyoroti bagaimana diagnosis tumor invasif turun 44% di Belgia, skrining kolorektal menurun 46% di Italia, dan diagnosis kanker 34% lebih rendah dari yang diperkirakan di Spanyol.

Untuk memperingati Hari Kanker Sedunia, WHO telah berkomitmen untuk menerapkan kebijakan hemat biaya dan berbasis bukti yang akan memungkinkan mereka untuk mempercepat penghapusan kanker sebagai penyakit yang mengancam jiwa di Eropa dan Asia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

Rynecke Alma Pudihang, ibu Richard Eliezer atau Bharada E, angkat bicara soal peluang anaknya divonis bebas dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua. 

NEWS | 2 Februari 2023

Hotman Paris Sebut Sidang Teddy Minahasa Prematur

Hotman Paris Hutapea menyebut sidang dugaan peredaran narkoba dengan terdakwa Irjen Teddy Minahasa prematur dan belum saatnya digelar. 

NEWS | 2 Februari 2023

Australia Bakal Ganti Gambar Ratu Elizabeth di Pecahan Uang Kertas 5 Dolar

Australia akan mengganti gambar Ratu Elizabeth II dari pecahan uang kertas 5 dolar A$ 5 dengan desain baru mencerminkan dan menghormati sejarah budaya Pribumi.

NEWS | 2 Februari 2023

Ibu Richard Eliezer Harap Anaknya Divonis Seringan-ringannya

Rynecke Alma Pudihang, ibu Bharada Richard Eliezer atau Bharada E berharap anaknya dapat divonis seringan-ringannya dalam kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 2 Februari 2023

Polda Libatkan Tim TAA dalam Rekonstruksi Ulang Kecelakaan yang Tewaskan Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya melibatkan tim TAA Korlantas Polri dalam rekonstruksi ulang kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI M Hasya Atalla Saputra.

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Putri Candrawathi Ungkap Ada 11 Asumsi Jaksa Penuntut

Febri Diansyah, kuasa hukum Putri Candrawathi mengungkap ada 11 asumsi jaksa penuntut umum dalam menyusun tuntutan dan replik perkara Brigadir J. 

NEWS | 2 Februari 2023

Pembuat APK Undangan Nikah Palsu untuk Kuras Saldo Korban Ditangkap di Sulsel

Tim Cyber Mabes Polri menangkap pria berinisial IA yang membuat APK 99 dalam bentuk aplikasi undangan pernikahan palsu di Sulsel.

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Richard Eliezer Tuding Jaksa Sedang Galau

Tim kuasa hukum Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menuding jaksa sedang galau saat menuntut Eliezer 12 tahun penjara atas kasus Brigadir J. 

NEWS | 2 Februari 2023

Pelaku Bom di Masjid Pakistan Berseragam Polisi

Pelaku bom di masjid yang menewaskan 101 orang di markas polisi di Pakistan berseragam polisi dan helm ketika melakukan serangan.

NEWS | 2 Februari 2023

Mahasiswa UI Tewas Ditabrak Jadi Tersangka, Legislator: Polisi Harus Komprehensif

Anggota Komisi III DPR Taufik Basari meminta polisi komprehensif menangani kasus kecelakaan Hasya Athallah mahasiswa UI tewas ditabrak malah jadi tersangka.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE