Logo BeritaSatu

Nuning Kertopati: Pembelian Pesawat Tempur Strategi Jitu dari Kemenhan

Minggu, 13 Februari 2022 | 16:40 WIB
Oleh : Asni Ovier / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menilai pembelian pesawat tempur dari berbagai negara seperti dari Perancis dan Amerika Serikat merupakan strategi yang jitu dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk mengimplementasikan balancing of power pada tataran regional dan global.

Menurut Nuning Kertopati sapaan akrab Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, pembelian alutsista merupakan bentuk nyata Kemhan dalam melaksanakan fungsi untuk pembangunan kekuatan TNI.

“Fungsi ini merupakan amanah UUD NRI 1945 yang menyatakan tujuan nasional pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta tujuan nasional keempat ikut melaksanakan ketertiban dunia,” ujar Nuning Kertopati dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Minggu (13/2/2022).

Nuning Kertopati mengatakan, pembelian alutsista, termasuk pesawat tempur, dari negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB dinilai memiliki dampak penangkalan yang tinggi.

“Tidak semua negara bisa membeli, meskipun anggarannya memadai. Kedua negara baik Perancis maupun Amerika Serikat pasti memiliki kalkulasi yang akurat dalam memproyeksikan kebijakan luar negeri masing-masing,” ujar Nuning Kertopati.

Nuning Kertopati menyebutkan, urgensi pembelian pesawat tempur sangat dipengaruhi dengan situasi dan kondisi yang dihadapi saat ini. Pembelian Alutsista tidak bisa disamakan dengan pembelian barang-barang umum. Butuh proses dan waktu yang lama. Ditambah tingkat kepercayaan yang tinggi dari negara penjual kepada negara pembeli.

“Kemenhan sangat gesit melihat peluang yang ada,” tutur Nuning Kertopati.

Nuning Kertopati menambahkan, selain pesawat tempur, maka kapal frigat dan kapal selam merupakan alutsista yang harus segera dilaksanakan peremajaan dan modernisasi.

Nuning Kertopati menegaskan, doktrin operasi gabungan kekuatan laut dan udara saat ini merupakan strategi utama dalam perang modern di masa mendatang. Selain peremajaan alutsista, maka penggunaan teknologi Unmanned System diyakini bisa lebih handal dengan biaya pengadaan yang bisa saja lebih murah.

“Sangat penting bagi Kemenhan untuk lebih memberi peran penting penggunaan Unmanned System. Apalagi dalam menghadapi ancaman siber, maka Unmanned System merupakan salah satu alternatif yang banyak dipilih negara-negara super power,” pungkas Nuning Kertopati.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Putri Candrawathi

Mantan Jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menjadi kuasa hukum Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo.

NEWS | 28 September 2022

Riza: Tawuran Bukan Prestasi tetapi Tindakan yang Merendahkan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, tawuran bukanlah sebuah prestasi tetapi tindakan yang merendahkan diri sendiri dan orang lain

NEWS | 28 September 2022

Perang Ukraina, 4,4 Juta Warga Donbass Mengungsi ke Rusia

Lebih dari 4,4 juta pengungsi dari Donbass, Ukraina tiba di Rusia sejak Februari akibat perang Ukraina. s

NEWS | 28 September 2022

Mendes: SDGs Desa Ke-18 Terinspirasi dari Para Ulama NU

Mendes PDTT mengatakan perumusan SDGs Desa ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif terinspirasi dari jejak dakwah para ulama NU.

NEWS | 28 September 2022

Usman Hamid Desak Polri Usut Peretasan Redaksi Narasi TV

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mendesak Polri mengusut tuntas peretasan terhadap belasan awak redaksi Narasi TV

NEWS | 28 September 2022

LSM HAM Sebut 76 Orang Tewas dalam Aksi Protes Rezim Iran

LSM HAM Iran menyebut aksi protes atas kematian Mahsa Amini telah menewaskan sedikitnya 76 orang.

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, Kombes Budi Pitono Jalani Sidang Etik

Mantan Kabag Renmin Divpropam Polri Kombes Murbani Budi Pitono tengah menjalani sidang etik pada hari ini, Rabu (28/9/2022), terkait kasu Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

 AKBP Raindra Ramadhan Syah tidak mengajukan banding saat putusan sanksi demosi empat tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Putri Candrawathi

Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Putri Candrawathi

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings