Logo BeritaSatu

Movfor, Obat Covid Molnupiravir Versi Indonesia Diluncurkan

Selasa, 15 Februari 2022 | 15:17 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Movfor, merek obat Covid-19 nama lain dari Molnupiravir, resmi diluncurkan PT. Amarox Pharma Global dan PT Parit Padang Global, di Jakarta, Selasa (15/2/2022).

Movfor merupakan merek obat Molnupiravir pertama di Indonesia dan diciptakan khusus untuk penyembuhan Covid-19. Molnupiravir merupakan obat antivirus yang mendapatkan izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM di Indonesia.

Advertisement

Movfor diindikasikan untuk pengobatan infeksi Covid-19 ringan sampai sedang pada pasien dewasa (usia 18 tahun ke atas) yang tidak memerlukan pemberian oksigen dan memiliki peningkatan risiko menjadi infeksi Covid-19 berat.

Kini Molnupiravir telah hadir di Indonesia. Obat Molnupiravir yang disetujui di Indonesia berupa kapsul 200 mg yang diproduksi Hetero Labs Ltd., India, didaftarkan, diimpor dan dipasarkan oleh PT. Amarox Pharma Global di Indonesia dengan merek Movfor.

General Manager PT Amarox Pharma Global (Hetero), Sandeep Sur, mengungkapkan bahwa Movfor telah dipasarkan dan digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 di India dan di beberapa negara ASEAN.

“Berdasarkan hasil uji klinis fase 3, Molnupiravir efektif pada varian virus SARS-CoV-2 yang ada saat ini dan berpotensi menghambat infeksi varian Omicron SARS-CoV-2 dengan hasil RT-PCR viral clearance 100 % pada hari ke-5,” ujar Sandeep Sur.

Bahkan, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin pun telah datang meninjau langsung kesiapan 400.000 tablet Molnupiravir di pabrik PT Amarox Pharma Global yang berlokasi di Delta Silicon Industrial Park, Cikarang. Proses produksi lokal Molnupiravir dipastikan telah berjalan dengan standard kualitas yang tinggi dan siap hadir memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Vice President Sales & Marketing PT Parit Padang Global, Edwin Vega menyatakan Movfor menjadi harapan baru penanganan Covid-19 di Indonesia. Trend jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali meningkat pesat sejak minggu ke-2 Februari 2022.

Varian Omicron yang mendominasi kasus Covid-19 saat ini juga menyerang orang yang telah mendapatkan vaksin. Satgas Covid-19 mencatat ada tambahan 44.526 kasus baru infeksi virus corona pada 13 Februari 2022.

“Virus corona varian Omicron menjadi varian yang mendominasi dan membuat kasus Covid-19 melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Namun kini kita juga memiliki harapan baru dalam penanganan Covid-19 dengan hadirnya Molnupiravir sebagai obat yang efektif untuk penyembuhan,” ujar Edwin Vega.

Sales & Product Group Manager PT Parit Padang Global, Donny Satria menyatakan Movfor telah didistribusikan di 25 cabang PT. Parit Padang Global yang mencakup 34 provinsi di Indonesia. Ia mengungkapkan Movfor mendapat sambutan positif di berbagai kota terlihat dari tingginya permintaan Movfor oleh berbagai fasilitas kesehatan dan layanan penyediaan obat.

“Sejauh ini, pada alokasi pertama kami mendapatkan cukup banyak permintaan seiring dengan meningkatnya laporan kasus Covid-19,” ujar Donny Satria.

Donny memastikan PT. Parit Padang Global telah membangun lini distribusi yang efektif untuk memasok kebutuhan Movfor di berbagai kota. Ia menerangkan kini Movfor bisa didapatkan dengan resep dokter di berbagai apotik dan fasilitas kesehatan di Indonesia.

Molnupiravir yang terkandung dalam Movfor dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19 secara aman dan efektif sehingga produk ini bisa menjadi harapan baru penanganan Covid-19 yang bisa diandalkan masyarakat Indonesia. Donny juga memastikan Movfor sudah siap didistribusikan ke apotik-apotik dan fasilitas kesehatan di Indonesia.

Senior Product Manager PT. Amarox Pharma Global (Hetero), Heny Sulistiyaningsih, mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi dari aspek keamanan, pemberian Molnupiravir relatif aman dan memberikan efek samping yang dapat ditoleransi. Efek samping yang paling sering dilaporkan adalah diare, mual, sakit kepala dan mengantuk.

“Bekerja sama dengan PT. Parit Padang Global, kami berkomitmen untuk memastikan stok dan supply Molnupiravir di Indonesia dapat terdistribusi serta menjangkau seluruh fasilitas-fasilitas kesehatan di Indonesia, sehingga kehadiran Movfor dapat segera menekan laju pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia,” tutup Heny Sulistyaningsih.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE