Logo BeritaSatu

Para Menlu ASEAN Tegaskan Kembali Komitmen Implementasi RCEP

Jumat, 18 Februari 2022 | 10:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Phnom Penh, Beritasatu.com- Para menteri luar negeri ASEAN pada Kamis (17/2/2022) menegaskan kembali komitmen implementasi penuh dan efektif dari perjanjian perdagangan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP). Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn saat pertemuan para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) atau AMM Retreat. Janji tersebut mereka sampaikan dalam yang diadakan dalam format hybrid.

Diketuai oleh Sokhonn, pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh para menteri luar negeri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Laos, dan secara online oleh menteri luar negeri Brunei, Thailand dan Vietnam, sementara Myanmar tidak menunjuk perwakilan non-politik untuk itu.

Advertisement

Berbicara pada konferensi pers setelah pertemuan, Sokhonn mengatakan para menteri menegaskan kembali pentingnya memperkuat integrasi ekonomi ASEAN dan perdagangan intra-ASEAN, investasi dan konektivitas rantai pasokan untuk meningkatkan daya saing, keterhubungan dan ketahanan kawasan sebagaimana digariskan dalam Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025.

“Pada catatan ini, rekan-rekan saya dan saya didorong oleh berlakunya perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional pada 1 Januari 2022 dan menegaskan kembali komitmen kami untuk memastikan implementasi penuh dan efektif dari perjanjian untuk meningkatkan daya tarik ASEAN untuk perdagangan, investasi. dan rantai pasokan global," katanya.

RCEP adalah perjanjian perdagangan besar antara 10 negara anggota ASEAN (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam) dan lima mitra dagang utamanya yaitu Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan New Selandia. Pakta tersebut mencakup sekitar 30 persen dari populasi dunia, menyumbang sekitar 30 persen dari produk domestik bruto global.

Selain RCEP, , kata Sokhon, para menteri luar negeri ASEAN juga membahas cara-cara untuk meningkatkan ekonomi regional di era pascapandemi.

“Untuk memfasilitasi pemulihan kawasan dari pandemi Covid-19, kami menekankan pentingnya implementasi ASEAN Comprehensive Recovery Framework secara penuh dan efektif,” katanya.

Dia mengatakan para menteri juga memuji operasionalisasi Covid-19 ASEAN Response Fund dan menekankan bahwa implementasi ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework yang tepat waktu akan memfasilitasi pergerakan lintas batas dan meningkatkan kegiatan ekonomi di antara negara-negara anggota.

Menurut Sokhonn, para menteri bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional adan menegaskan kembali komitmen bersama mereka terhadap multilateralisme yang terbuka, berdasarkan aturan, dan inklusif untuk mempromosikan perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran yang berkelanjutan di dalam dan di luar kawasan.

“Untuk tujuan ini, kami juga memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya memperkuat sentralitas dan persatuan ASEAN dalam keterlibatan kami dengan mitra eksternal ASEAN melalui mekanisme yang dipimpin ASEAN untuk membangun rasa saling percaya dan percaya diri serta untuk memperkuat arsitektur regional dengan ASEAN di tingkat pusat, ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Daewoong Percepat Ekspansi Global Pertumbuhan Obat Gerd Fexuprazan

Daewoong Percepat Ekspansi Global Pertumbuhan Obat Gerd Fexuprazan

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE