Logo BeritaSatu

Jokowi Minta Provinsi Sulteng Percepat Vaksinasi Dosis 2

Jumat, 18 Februari 2022 | 16:56 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mempercepat vaksinasi Covid-19 dosis 2. Karena hingga saat ini, tingkat vaksinasi dosis 2 di provinsi tersebut baru mencapai 48%.

“Sulteng, tadi dilaporkan dosis yang pertama 86% dan dosis yang kedua 48%. Jadi tolong yang dosis kedua dikejar betul agar bisa mendekati angka yang dosis pertama,” kata Presiden Jokowi saat meninjau vaksinasi di 17 provinsi secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/2/2022).

Presiden meminta pelaksanaan vaksinasi Covid-19 difokuskan di tempat-tempat yang interaksinya masyarakat sangat tinggi.

“Terutama untuk yang tempat-tempat yang interaksinya tinggi agar didahulukan, utamanya untuk yang suntikan ketiga, suntikan booster,” ujar Jokowi.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Tengah Brigjen Pol Hery Santoso mengatakan dari 230 gerai vaksinasi yang ada dan tersebar di seluruh Provinsi Sulteng, hari ini kegiatan vaksinasi digelar di 170 lokasi dengan sasaran utama vaksinasi dosis kedua dan ketiga serta lansia dan anak-anak.

“Kami dari Forkompinda Provinsi Sulteng sudah sepakat bahwa target pencapaian vaksinasi setiap hari adalah sebesar 21.350. Di mana capaian vaksinasi itu kita laksanakan secara bersama-sama berkolaborasi antara vaksinator dari Polri, juga TNI, dari Dinkes serta dari Binda Provinsi Sulteng. Jumlah vaksinator yang tergelar pada hari ini sebanyak 1.450 vaksinator,” kata Hery Santoso.

Untuk stok vaksin di Sulteng, Hery menyebutkan masih cukup tersedia, yaitu sebanyak 221.101 dosis. Kemudian besok, Sabtu (19/2/2022) akan kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 88.000 dosis.

Sedangkan untuk capaian vaksin di Sulteng hingga 18 Februari, Hery memaparkan, sudah mencapai 88,66% dosis satu, kemudian dosis 48,15% dosis dua dan 1,5% untuk dosis 3. Lalu vaksinasi lansia dengan jumlah sasaran sebanyak 196.610 orang, untuk dosis satu ada sebanyak 52,73% dan untuk dosis kedua 29,84%.

“Memang untuk lansia ini, kami masih banyak menghadapi kendala, yang paling utama adalah resistensi dari orang tua itu sendiri dan juga keluarganya. Di samping itu pada saat skrining banyak yang tidak bisa dilakukan vaksinasi karena faktor komorbid dan rata-rata tensi yang tinggi,” terang Hery Santoso.

Disamping itu, lanjut Hery, kalau ingin input data di aplikasi PeduliLindungi, ternyata masih banyak lansia yang tidak memiliki KTP. Sehingga tidak bisa dimasukkan datanya kedapan aplikasi tersebut.

“Untuk masalah ini, kami sudah koordinasi dengan dukcapil untuk menindaklanjuti masalah indentitas yang bersangkutan,” papar Hery Santoso.

Selanjutnya, Hery mengatakan capaian vaksinasi anak-anak dengan jumlah sasaran 198.628 anak, saat ini baru tercapai 36,14% dosis satu dan untuk dosis dua 0,42%. Rendahnya vaksinasi anak-anak ini karena masih banyak resistensi orang tua untuk pelaksanaan vaksinasi anak ini.

Untuk itu, dalam mempercepat vaksinasi, Forkompinda di Sulteng menggunakan strategi dengan menggelar vaksinasi di gerai-gerai vaksinasi di fasilitas kesehatan dan pusat-pusat keramaian.

“Kemudian juga kami mengedepankan vaksinasi komunitas untuk profesi-profesi dan hobi. Selain itu juga vaksinasi mobile khususnya di pulau-pulau terpencil dan daerah pegunungan yang sulit terjangkau dan secara khusus kami juga menggelar vaksinasi secara door to door khususnya untuk para lansia yang kesulitan mendatangi tempat-tempat vaksinasi,” jelas Hery Santoso.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal Dunia dan 9 Orang Hilang

BNPB mencatat 323 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, per Senin 28 November 2022. Sementara itu sebanyak 9 orang masih dinyatakan hilang.

NEWS | 28 November 2022

Cegah Politik Uang, Bawaslu Kerja Sama dengan Gopay dan OVO

Bawaslu akan lakukan kerja sama dengan platform digital seperti Gopay dan OVO untuk mencegah terjadinya politik uang.

NEWS | 28 November 2022

Calon Panglima TNI Yudo Margono Punya Harta Rp 17,9 Miliar

Kasal Laksamana Yudo Margono yang diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI memiliki harta Rp 17,9 miliar.  

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022

Solidaritas Guru, Alumni UPI Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

56 guru tewas akibat gempa Cianjur, Alumni UPI serentak bergerak menggalang bantuan untuk para korban.

NEWS | 28 November 2022

Tilang Manual Masih Diberlakukan terhadap Sejumlah Pelanggaran

Polda Metro Jaya masih melakukan tilang manual terhadap sejumlah pelanggaran di jalan raya, seperti kendaraan tanpa pelat nomor.

NEWS | 28 November 2022

Menangis, Ferdy Sambo Sebut Sia-sia Pangkat Jenderal jika Tak Bisa Jaga Istri

Ferdy Sambo menangis karena menilai sia-sia bagi dirinya sudah berpangkat jenderal jika tidak mampu menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

NEWS | 28 November 2022

Putri Terus Menangis Saat Beberkan Skenario Ferdy Sambo

Putri Candrawathi terus menangis saat membeberkan skenario Ferdy Sambo terkait peristiwa tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

UMP DKI Naik 5,6% Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Penjelasan Disnaker

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi (UMP) naik 5,6% menjadi sebesar Rp 4,9 juta pada 2023.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Alami Pecah Ban, Rifat Sungkar Finis Kelima AXCR 2022

Alami Pecah Ban, Rifat Sungkar Finis Kelima AXCR 2022

OTOMOTIF | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE