Logo BeritaSatu

Bisa Berakibat Kematian, Kenali Gejala dan Penyebab Aritmia pada Anak

Sabtu, 19 Februari 2022 | 16:13 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Aritmia merupakan gangguan irama jantung yang tidak normal dan dapat membuat kinerja jantung menjadi kurang efisien. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak-anak. Bahkan, jika tidak terdeteksi aritmia pada anak bisa berakibat kematian.

Heartology Cardiovascular Center Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Dr dr Dicky Armein Hanafy menjelaskan jenis aritmia yang dapat dialami anak-anak, antara lain Takikardia (detak jantung cepat), Bradikardia (detak jantung lambat), Sindrom Q-T Panjang, dan Sindrom Wolff-Parkinson-White. Meskipun ada jenis aritmia yang tidak berbahaya dan tidak membutuhkan tindakan khusus, gangguan jantung yang tak beraturan tidak boleh dipandang sebelah mata.

Advertisement

"Apabila mendapati gejala yang tidak biasa, sepatutnya orang tua harus waspada mengingat jantung adalah salah satu organ vital tubuh,” ungkapnya di sela virtual media gathering Heartology Cardiovascular Center, Sabtu (19/2/2022).

Menurut dr Dicky, dampaknya akan menjadi lebih serius ketika anak merasakan gejala seperti berbedar, pusing atau kliyengan, tubuh lelah dan lemas, wajah terlihat lebih pucat, sulit bernapas, hilang kesadaran atau pingsan, nyeri pada dada, detak jantung keras atau palpitasi.

"Selain itu, anak menjadi mudah marah dan kehilangan nafsu makan, serta kejang-kejang. Pada kasus berat, aritmia dapat menyebabkan terjadinya strok bahkan kematian mendadak,” paparnya.

Dr Dicky menambahkan, cara mengobati penyakit jantung pada anak seperti aritmia tergantung dari jenisnya. Dulu, satu-satunya cara mengatasi aritmia adalah dengan meresepkan obat-obatan. Tapi pemberian obat pada umumnya tidak efektif karena harus dipantau dengan ketat dan memiliki efek samping yang tidak diharapkan.

"Saat ini ada pilihan terapi lain bagi pasien aritmia, yakni Ablasi Frekuensi Radio yang menggunakan sebuah instrumen kecil dengan energi panas untuk menghancurkan sirkuit listrik yang tidak normal penyebab aritmia,” tambahnya.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sukses Nyanyikan Lagu Daerah, Lyodra Dipuji Warganet

Penyanyi cantik Lyodra Margareta Ginting sukses menjalankan tugasnya bernyanyi di acara Peringatan HUT ke-77 RI yang digelar di Istana Negara.

NEWS | 17 Agustus 2022

Tahapan Persiapan IKN Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun 2022

Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara fokus menuntaskan tahapan persiapan pemindahan ibu kota negara ke Penajam Paser Utara hingga akhir tahun 2022.

NEWS | 17 Agustus 2022

Mantan Presiden Sri Lanka Dikabarkan Bakal Kembali ke Negaranya

Mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dikabarkan bakal kembali ke negaranya minggu depan, setelah ia melarikan diri pada Juli.

NEWS | 17 Agustus 2022

Garis Polisi di Lokasi Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Dibongkar

Garis polisi di lokasi kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang dibongkar setelah setahun pembunuhan terhadap Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu terjadi.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Memperingati HUT ke-77 RI, DPP PDIP menggelar doa dan tabur bunga di TMP (Taman Makam Pahlawan) Kalibata, Rabu (17/8/2022) petang.

NEWS | 17 Agustus 2022

Seluruh Guru Madrasah Ditargetkan Terlatih Kurikulum Merdeka

Seluruh guru madrasah ditargetkan untuk mendapatkan pelatihan Kurikulum Merdeka pada tahun 2023 mendatang.

NEWS | 17 Agustus 2022

Ditemukan Anjing Terinfeksi Cacar Monyet dari Majikannya di Prancis

CDC AS memperbarui pedoman infeksi cacar monyet, setelah jurnal medis The Lancet melaporkan kasus penularannya dari manusia ke anjing di Prancis.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pengamat Nilai Pidato Puan Maharani Tunjukkan Kelas sebagai Tokoh Bangsa

Pengamat menilai pidato Ketua DPR Puan Maharani saat sidang bersama DPD di gedung parlemen menujukkan kelasnya sebagai tokoh bangsa.

NEWS | 17 Agustus 2022

MRT Fase 2 Masuki Pengerjaan Pintu Masuk Stasiun Monas

Proyek MRT Jakarta Fase 2A yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI-Monas mulai memasuki persiapan pekerjaan konstruksi pada pintu masuk Stasiun Monas

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Sahabat Ganjar Ajak Pilih Pemimpin yang Tepat

Sahabat Ganjar menyatakan, HUT Ke-77 RI merupakan momentum yang baik untuk mengingatkan masyarakat agar memilih pemimpin yang tepat

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tahapan Persiapan IKN Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun 2022

Tahapan Persiapan IKN Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun 2022

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings