Logo BeritaSatu

PT PAL Serah Terima Kapal Selam KRI Cakra-401 ke Kemenhan

Senin, 21 Februari 2022 | 20:12 WIB
Oleh : YUD

Surabaya, Beritasatu.com - PT PAL Indonesia resmi menyerahterimakan Kapal Selam KRI Cakra-401 yang telah selesai menjalani overhaul (turun mesin) dan dinyatakan sukses di tahap Commodore Inspection (inspeksi komodor) pada 22 November 2021 kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod di Surabaya, Senin (21/2/2022) mengatakan bahwa penyerahan kepada Kemenhan diwakili Dirjen Kuathan Kemhan RI, Laksda TNI Bambang Irwanto di Gedung PIP lantai 4 Surabaya, dan dihadiri jajaran BoD dan BoC PAL, para pemangku kepentingan dari Mabes TNI AL dan Koarmada II.

"Overhaul kapal selam ini memiliki nilai yang sangat strategis bagi PT PAL, karena situasi pandemi Covid-19 memaksa PAL untuk melakukan overhaul secara mandiri. Hal ini menjadi berkah bagi PT PAL, karena diberi kesempatan untuk memiliki pengalaman setara 35 persen, seperti membangun kapal selam baru," katanya.

Dengan keberhasilan overhaul ini, kata dia, PT PAL Indonesia setidaknya sudah menguasai 65 persen proses pembangunan kapal selam baru, dari desain maupun penguasaan teknologinya.

Dirjen Kuathan Kemhan RI, Laksda TNI Bambang Irwanto mengatakan, overhaul yang dilakukan di PT PAL ini tidak hanya bernilai dari aspek ekonomi, namun juga pada aspek pertahanan.

Sesuai dengan UU No 23 tahun 2019, dikatakan ada tiga komponen pemberdayaan wilayah pertahanan negara, yakni komponen utama (TNI), komponen cadangan, komponen pendukung (para mitra).

"TNI bertugas membina mitra untuk mampu meningkatkan kesiapsiagaan alutsista, dan kesempatan ini menjadi hal yang strategis, terkait kemitraan antara Kemhan dengan PT PAL sebagai mitra dalam menyiapkan alutsista pertahanan," katanya.

Sebelumnya, kapal selam KRI Cakra-401 juga telah melakukan serangkaian uji coba (HAT & SAT) dan Commodore Inspection untuk meninjau kesesuaian dan kelaikan hasil dari overhaul atau perbaikan menyeluruh pada kapal selam KRI Cakra-401 sesuai yang diamanatkan dalam kontrak.

Proses overhaul kapal selam KRI Cakra-401 juga telah menjadi momentum penting bagi PT PAL Indonesia, dan dengan hasil yang dinilai laik dan memuaskan bagi user, menjadi bukti kapabilitas PAL dalam penguasaan teknologi kapal selam telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Sementara itu, usai penandatanganan berita acara serah terima operasional overhaul KRI Cakra-401, kemudian kapal selam selanjutnya akan bermarkas di satuan kapal selam (satsel) Koarmada II.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings