Logo BeritaSatu

PKB Usul Pemilu 2024 Ditunda, Giring PSI: Rakyat Masih Ingin Dipimpin Jokowi

Kamis, 24 Februari 2022 | 17:57 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha mengungkapkan sebagian besar masyarakat Indonesia masih menginginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Indonesia. Hal ini, kata Giring, berdasarkan suara dari masyarakat saat para kader PSI turun langsung ke tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan Giring setelah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda selama satu atau dua tahun untuk menjaga momentum kebangkitan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Pak Jokowi adalah sosok yang mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia. Banyak sekali rakyat yang ternyata masih menghendaki Pak Jokowi memimpin Indonesia. Ini sesuai temuan saat saya keliling Indonesia, bertemu rakyat dan tokoh di berbagai provinsi dan kabupaten/kota,” kata Giring Ganesha saat konferensi pers di Basecamp DPP PSI, Kamis (24/2/2022).

Giring menegaskan hal ini adalah fakta di lapangan sekaligus aspirasi masyarakat yang sangat menyukai Jokowi, meski dibatasi oleh konstitusi bahwa presiden hanya bisa dijabat selama dua periode.

PSI membangun tradisi untuk mendengar suara rakyat, kedaulatan tertinggi di dalam politik. Termasuk dalam soal kandidat presiden mendatang.

“Maka, sejak awal Februari lalu, DPP PSI meminta seluruh pengurus untuk turun ke bawah, mendengarkan suara rakyat. Menemui para tokoh muda, guru, akademisi, dunia usaha, tokoh agama, tokoh adat dan orang-orang yang kami anggap mewakili suara hati nurani rakyat,” ungkap Giring.

Selain Jokowi, PSI juga mendapatkan sembilan nama yang diinginkan oleh rakyat untuk memimpin Indonesia, sebagai berikut (sesuai abjad), yakni Emil Elestianto Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mochamad Ridwan Kamil, Mohammad Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab dan Sri Mulyani Indrawati

“Kami yakin, mereka adalah kader-kader bangsa yang dianggap mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan,” tegas Giring.

Atas dasar temuan-temuan itu, lanjut Giring, selama sembilan bulan ke depan, PSI akan turun ke basis-basis rakyat untuk mensosialisasikan dan mendengarkan pendapat mereka tentang sembilan kandidat tersebut.

“Kami juga menyediakan sarana kepada rakyat untuk berpartisipasi melalui Rembuk Rakyat Online dengan mengikuti polling, yang kami sediakan. Jajak pendapat akan kami mulai hari ini dan akan berakhir pada awal November. Perkembangan jajak pendapat, bisa dimonitor masyarakat luas setiap saat melalui website dan kanal media sosial PSI,” jelas Giring.

Giring menegaskan, Rembuk Rakyat Online merupakan ikhtiar unboxing calon pemimpin Indonesia. Menurut dia, langkah tersebut dalam rangka memastikan rakyat memilih pemimpin yang diketahui rekam jejak atau track record-nya.

"Jangan biarkan rakyat membeli kucing dalam karung sekaligus mencegah pemimpin buruk memimpin Indonesia," kata Giring.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Jebloskan 4 Mantan Anggota DPRD Jambi ke Lapas

Jaksa eksekutor KPK menjebloskkan empat mantan anggota DPRD Jambi yang menjadi terpidana suap ketok palu ke Lapas Jambi.  

NEWS | 30 Juni 2022

Mendagri Harap 3 UU DOB di Papua Dapat Perpendek Birokrasi

Tito Karnavian berharap tiga rancangan undang-undang (RUU) daerah otonomi baru (DOB) Papua dapat memperpendek jalur birokrasi pemerintahan daerah.

NEWS | 30 Juni 2022

Pemekaran Papua untuk Optimalkan Pemerataan Pembangunan

Ketua DPR Puan Maharani menegaskan pemekaran Papua bertujuan untuk menjamin hak rakyat dan optimalisasi pemerataan pembangunan.

NEWS | 30 Juni 2022

Zelensky Sebut Kunjungan Jokowi ke Ukraina Jadi Hari Bersejarah

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina merupakan hari bersejarah bagi kedua negara.

NEWS | 30 Juni 2022

Tito: 3 UU DOB Papua, Percepat Pembangunan Bumi Cendrawasih

Tito Karnavian berharap mengharapkan tiga UU pembentukan DOB Papua dapat menjadi payung hukum untuk mempercepat pembangunan.

NEWS | 30 Juni 2022

Puan: RUU KIA Pedoman agar Generasi Penerus Jadi SDM Unggul

Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak atau RUU KIA resmi menjadi usul inisiatif DPR.

NEWS | 30 Juni 2022

BNPT Berhasil Pertahankan Capaian Opini WTP Sembilan Kali

BNPT berhasil menerima hasil laporan pemeriksaan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK untuk ke-9 kalinya.

NEWS | 30 Juni 2022

Jokowi Bahas 6 Hal Ini dalam Pertemuan dengan Zelensky

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas 6 hal dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022).

NEWS | 30 Juni 2022

DPR Pertimbangkan Minta Ganja Dikeluarkan dari Narkotika Golongan I

Komisi III DPR mempertimbangkan untuk menyarankan pemerintah mengeluarkan ganja dari narkotika golongan I agar bisa digunakan untuk medis.

NEWS | 30 Juni 2022

Polda Metro Jaya Sita Akun Twitter Milik Roy Suryo

Polda Metro Jaya menyita akun media sosial Twitter milik Roy Suryo terkait kasus meme stupa Candi Borobudur.

NEWS | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

BOLA | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings