Logo BeritaSatu

Flip Bantu Wujudkan Pesta Pernikahan Ramah Lingkungan

Selasa, 1 Maret 2022 | 13:57 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Dalam pernikahan dengan penerapan protokol kesehatan ketat yang digelar hari ini di Geo Open Space, Badung, Bali, Annisa mengenakan gaun berasal dari seprai bekas yang didaur ulang (upcycle) dengan desain sederhana yang dibuat di penjahit konvensional.

Advertisement

Hal ini bertujuan untuk mengurangi limbah kain/tekstil yang melimpah. Cinderamata pernikahan berupa gelas dari botol kaca bekas dan diberi tulisan dengan laser. Tidak ada hiasan bunga berbahan plastik, semuanya merupakan tanaman asli dari alam, beberapa di antaranya bunga mawar yang didatangkan langsung dari petani lokal. Menu makanan berupa sajian tradisional Bali dengan bahan lokal dan alat makan dari bahan alami, yakni anyaman bambu.

“Di Bali hotel-hotel selalu mengganti bed sheet atau seprai. Kalau hotel bintang 5 atau resor mewah punya standar setelah 500 kali cuci harus diganti. Ini menghasilkan limbah sekaligus peluang kewirausahaan sosial. Ini yang salah satunya saya garap sebagai usaha sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai kepedulian lingkungan,” ungkap Annisa yang awalnya pindah ke Bali dari Jakarta untuk magang di bidang social entrepreneur.

“Tidak hanya menerapkan pesta pernikahan berwawasan lingkungan saat resepsi acara berlangsung, kami juga akan mengumpulkan sampah organik sisa acara pernikahan untuk dijadikan pupuk kompos. Kami sangat bersyukur sejak awal orangtua kami mendukung konsep pernikahan yang sederhana tapi memberikan dampak bagi lingkungan." papar Johan.

"Awalnya, tahu program #FlipSehidupSemati ketika ngobrol-ngobrol dengan wedding organizer. Mereka yang menyarankan kami untuk ikut dan kami bahagia banget bisa dipilih Flip untuk mengeksekusi konsep pernikahan seperti ini. Terima kasih, Flip,” ujar Johan semringah.

Baca selanjutnya
Program #FlipSehidupSemati ini menyediakan biaya pernikahan sebesar Rp 100 juta kepada ...


hal 2 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fokus Pengelolaan Sampah, Berkontribusi Nyata Capai Target Zero Emisi

peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 berfokus pada pengelolaan sampah yang memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencapai target zero emisi.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenag dan KJRI Jeddah Gelar Indonesian Hajj Expo 2023

Indonesian Hajj Expo 2023 digelar Kemenag dengan menggandeng Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah.

NEWS | 2 Februari 2023

KPK Cecar 7 Anggota DPRD Jatim soal Aturan Dana Hibah Pemprov

Ketujuh anggota DPRD Jatim diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus suap dana hibah yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak menjadi tersangka.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Tuntutan dan Replik Terhadap Bharada E, LPSK: Jaksa Silap

Jaksa dinilai telah berlaku silap saat mengajukan tuntutan dan replik terhadap Richard Eliezer alias Bharada E dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 2 Februari 2023

Geger, Penemuan Mayat Kepala Terpisah dengan Badan di Padang

Diperkirakan korban meninggal dunia sudah cukup lama karena daging korban sudah mulai habis, kepala sudah terpisah dengan badan.

NEWS | 2 Februari 2023

Kasus KSP Indosurya, Bareskrim Lakukan Penyelidikan Baru

Bareskrim Polri mulai melakukan penyelidikan baru terkait kasus penipuan investasi dana nasabah koperasi simpan pinjam (KSP) Indosurya.

NEWS | 2 Februari 2023

Kementerian ATR/BPN Bakal Pasang 1 Juta Patok untuk Indonesia

Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) sebanyak 1 juta patok sebagai upaya meningkatkan kesadaran untuk menandai tanah miliknya.

NEWS | 2 Februari 2023

Hadiri Rapim Lemhanas, Menlu Bahas Keketuaan ASEAN

Menlu Retno Marsudi membahas keketuaan ASEAN pada Rapat Pimpinan Penyampaian Arah Kebijakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI.

NEWS | 2 Februari 2023

TNI-Polri Copot Hoax Selebaran Penculikan Anak di Samarinda

Personel TNI-Polri dikerahkan untuk mencopot ratusan lembar pamflet yang berisi hoax penculikan anak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis pagi (2/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

Desa Percontohan Antikorupsi Dibentuk KPK-Kemendes PDTT di Bangka Barat

Desa percontohan antikorupsi dibentuk KPK bekerja sama dengan Kemendes PDTT di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ada Format Baru, Ini Jadwal MotoGP 2023

Ada Format Baru, Ini Jadwal MotoGP 2023

SPORT | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE