Logo BeritaSatu

Presiden Sri Lanka Janji Tak Ada Pemadaman Listrik

Jumat, 4 Maret 2022 | 07:20 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kolombo, Beritasatu.com- Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa berjanji tidak ada lagi pemadaman listrik setelah 5 Maret. Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (3/3/2022), jaminan itu menyusul pemadaman berhari-hari yang disebabkan oleh kurangnya dana untuk membeli bahan bakar yang cukup untuk menyalakan pembangkit listrik.

Pernyataan yang dikeluarkan pada Rabu tidak menjelaskan bagaimana negara kepulauan Asia Selatan itu akan mengamankan pasokan bahan bakar untuk menjaga listrik tetap menyala mulai Sabtu.

Kekurangan juga menyebabkan antrean panjang di pompa bensin selama sebulan terakhir.

"Tidak akan ada pemadaman listrik mulai 5 Maret. Distribusi BBM ke seluruh SPBU di seluruh tanah air akan normal mulai besok," kata pernyataan kantor Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Sri Lanka saat ini membutuhkan sekitar US$ 500 juta (Rp 7,1 triliun) per bulan untuk sumber solar dan bensin, tetapi terpaksa melakukan pemadaman listrik minggu lalu karena bergegas untuk mengamankan US$ 31 juta (Rp 445 miliar) untuk pengiriman bahan bakar 3.700 juta ton.

Seorang juru bicara kementerian listrik federal tidak segera menanggapi email dan panggilan tentang bagaimana pemerintah berencana untuk memastikan pasokan untuk pembangkit listrik bahan bakar.

Akibat krisis ekonomi, Bank sentral Sri Lanka telah berhenti mengeluarkan dana untuk membayar pengiriman bahan bakar, kata dua sumber senior kementerian energi.

Hampir sepertiga listrik Sri Lanka dihasilkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar minyak dan jumlah yang sama berasal dari batu bara dan tenaga air, menurut Dewan Listrik Ceylon (CEB) yang dikelola negara.

Namal Hewage, manajer umum Lanka Coal Co Pvt Ltd yang dikelola negara, mengatakan negara itu memiliki batu bara yang cukup untuk memastikan pasokan listrik yang berkelanjutan dari pembangkit listrik tenaga batu bara yang dikelola Dewan Listrik Ceylon.

"Lanka Coal telah mengeluarkan tender spot untuk 1,8 juta ton pada bulan September, setelah itu menerima 30 pengiriman dari Afrika Selatan dan delapan pengiriman dari Rusia," kata Hewage.

Negara ini telah membeli 480.000 ton lagi batubara asal Afrika Selatan yang diperkirakan akan tiba di pelabuhan negara itu dalam beberapa hari mendatang.

“Ini bisa cukup untuk bertahan hingga September. Bank sentral telah membantu kami dengan letter of credit untuk membayar pasokan batu bara,” kata Hewage.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022

Wartawan Senior Luncurkan Buku “Tribute to SMAN 8 Jakarta: Kenang-kenangan dari Taman Bukit Duri

Buku berjudul “Tribute to SMAN 8 Jakarta: Kenang-kenangan dari Taman Bukit Duri" ditulis dua wartawan senior diluncurkan di Jakarta.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings