Logo BeritaSatu

Implementasi Industri 4.0 Bisa Jadi Solusi Hadapi Krisis Masa Depan

Selasa, 8 Maret 2022 | 23:17 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Sektor manufaktur yang telah menerapkan Industri 4.0 saat ini akan lebih tangguh dalam menghadapi krisis pandemi Covid-19. Bahkan implementasi Industri 4.0 bisa menjadi solusi menghadapi krisis yang mungkin terjadi pada masa depan.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri Kementeian Perindustrian, Heru Kustanto, saat Soft Launching Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 di Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Advertisement

“Industri 4.0 dipilih karena memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing industri nasional. Format sekarang akan menjadi platform ke depan, termasuk digitalisasi yang akan ditingkatkan meskipun kita sudah keluar dari pandemi Covid-19. Saya sangat apresiasi pada pelaku industri yang memberikan respons cepat dalam melakukan transformasi digital dalam menghadapi dampak Covid-19 ini,” tambahnya.

Kementerian Perindustrian melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) bekerjasama dengan Federasi Teknologi Informatika Indonesia (FTII), Indonesia Internet Governance Forum (IGF) dan Naganaya Indonesia sebagai Event Organizer telah menyelenggarakan kegiatan Soft Launching Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 dengan tema “Accelerate the Implementation of Industry 4.0 to Support Inclusive and Sustainable Industries for National Recovery” di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa 8 Maret 2022..

Melalui acara Soft Launching Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022, Kementerian Perindustrian dan seluruh pemangku kepentingan terkait berupaya untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah, pelaku industri/asosiasi, akademisi, lembaga R & D, technology provider, konsultan, dan pelaku keuangan untuk dapat mendukung transformasi teknologi sesuai dengan apa yang telah di rencanakan dalam program nasional Making Indonesia 4.0.

“Langkah – langkah yang dilakukan Kementerian Perindustrian dalam pelaksaaan Making Indonesia 4.0 antara lain: asesmen INDI 4.0, pemberian INDI award, pendampingan Industri 4.0, penunjukan lighthouse industry 4.0, pengembangan SDM Industri 4.0, pendirian PIDI 4.0 dan capability center, serta pelatihan e-commerce kepada IKM”, tambah Heru Kustanto, Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri.

Dalam rangka mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan pada akselerasi industri 4.0 dan membahas mengenai perkembangan industri 4.0 di Kementerian/Lembaga/BUMN, industri/asosiasi, technology provider, Lembaga R&D, konsultan dan akademisi, Kementerian Perindustrian melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) berkolaborasi dengan Naganaya Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan event Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 di Jakarta pada tanggal 24 – 25 Agustus 2022.

“Kegiatan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 akan menjadi satu lapangan untuk seluruh pemain industri 4.0 baik itu Pemerintah, Pelaku Industri, Asosiasi/Komunitas, Akademisi dan pihak lainnya untuk berdiskusi dan mengetahui teknologi terkini industry 4.0,” kataAditya Adiguna, Direktur Utama, PT. Naganaya Indonesia Internasional.

Kegiatan Indonesia 4.0 Conference & Expo tidak hanya akan mengundang pembicara nasional saja, tetapi juga turut menghadirkan pembicara global yang akan memberikan informasi, ilmu, maupun pandangan terkait isu terkini industri 4.0. Disamping itu, kegiatan ini juga mentargetkan kurang lebih 100 peserta pameran dari perusahaan teknologi nasional maupun global, BUMN, startup, kampus, asosiasi dan lembaga pemerintah yang akan memamerkan teknologi terkini dan informasi terkait industri 4.0.

“Perlu wadah berkumpul stakeholder terkait dalam pelaksanaan implementrasi Industri 4.0 di Indonesia. Terutama untuk membangun sinergi dan kolaborasi antar pihak meliputi: pemerintah, pelaku industri/asosiasi, akademisi dan lembaga R&D, technology provider, konsultan, dan pelaku keuangan guna mempercepat proses transformasi Industri 4.0 serta membangun jejaring dan kolaborasi,” tambah Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri, Doddy Rahadi.

Adapun rangkaian acara pendukung lainnya yaitu : Smart Factory Forum yang merupakan event road show sebelum event utama yang diadakan di 2 tempat yaitu Batam dan Karawang untuk mengundang para pemangku kepentingan industri yang terdapat pada di sekitar kota tersebut dalam hal teknologi industri 4.0.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisa Segera Gelar Konser di GBK Jakarta, Raisa Mengaku Terharu

Penyanyi solo wanita Raisa Andriani tidak bisa menutupi kegembiraannya lantaran akan segera menggelar sebuah konser tunggal di GBK, Senayan.

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Lisa Blackpink Umbar Kemesraan dengan Neymar Jr di Instagram

Lisa "Blackpink" membagikan foto bersama bintang Brasil Neymar Jr di akun Instagram pribadinya. 

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Platform Edutech Kelas Pintar Luncurkan Solusi Masuk PTN

Platform edutech Kelas Pintar meluncurkan solusi produk untuk mendampingi belajar siswa agar lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Inspirasi Bentuk Berlian untuk Melamar Pujaan Hati

Berlian merupakan salah satu batu permata yang terbentuk dari karbon serta memiliki sifat yang tidak lekang oleh zaman dan tidak mudah rusak.

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Beberapa Momen Spesial Will Smith dan Jada Pinkett Selama 25 Tahun Menikah

Will Smith dan Jada Pinkett Smith merupakan salah satu pasangan artis Hollywood yang tetap harmonis menjalani rumah tangga selama 26 tahun.

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Kanye West Siap Bertemu dengan Keluarga Bianca Censori di Australia

Kanye West dikabarkan akan segera bertemu dengan orangtua istri barunya, Bianca Censori di Australia.

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Pastikan 4 Hal Ini Terlebih Dahulu sebelum Melamar sang Kekasih

Ketika akan melamar pujaan hati, pastikan kamu harus mempersiapkan segala sesuatu yang akan membuat momen lamaran berkesan.

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Sudahi Keributan, Nikita Mirzani: Bunda Corla Akui Kesalahan

Nikita Mirzani menegaskan melalui live, sudah ada permintaan maaf dan huru hara soal Bunda Corla juga selesai.

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Bakal Bubar, Begini Perjalanan Panjang Panic! at The Disco

Alasan utama Panic! at The Disco bubar adalah karena ingin lebih fokus kepada keluarga ke depannya.

LIFESTYLE | 26 Januari 2023

Aksi Jason Statham Gagalkan Operasi Jual Beli Senjata di Operation Fortune

Operation Fortune: Ruse de Guerre menceritakan kisah agen mata-mata yang terpaksa harus menyudahi liburannya.

LIFESTYLE | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah untuk Capai Target PDB

Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah untuk Capai Target PDB

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE