Logo BeritaSatu

Shell Berhenti Beli Gas dan Minyak Mentah Rusia

Selasa, 8 Maret 2022 | 23:50 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Shell akan berhenti membeli gas dan minyak mentah Rusia, selama perang Ukraina. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (8/3/2022), raksasa energi itu bergabung dengan sejumlah perusahaan lain, termasuk BP, untuk keluar dari Rusia terkait invasi Moskwa ke Ukraina.

Shell telah meminta maaf karena membeli minyak mentah Rusia pekan lalu. Perusahaan menyatakan akan menarik diri sepenuhnya dari keterlibatan dalam hidrokarbon Rusia atas invasi negara itu ke Ukraina.

Advertisement

"Kami sangat menyadari bahwa keputusan kami minggu lalu untuk membeli kargo minyak mentah Rusia, bukanlah keputusan yang tepat dan kami minta maaf," kata Chief Executive Officer Shell Ben van Beurden, Selasa.

“Shell membeli kargo minyak mentah Rusia dari pedagang Swiss Trafigura di jendela S&P Global Platts yang dimuat dari pelabuhan Baltik dengan rekor terendah Brent dikurangi US$28,50 per barel,” kata para pedagang pada hari Jumat.

Pekan lalu, Shell menyatakan akan keluar dari semua operasinya di Rusia, termasuk kilang LNG Sakhalin 2 unggulan. Di sana, Shell memegang 27,5 persen saham, dan yang 50 persen dimiliki dan dioperasikan oleh grup gas Rusia Gazprom.

Raksasa energi itu bergabung dengan sejumlah perusahaan, termasuk BP, yang menyatakan telah melepaskan 19,75 persen sahamnya di raksasa minyak Rusia Rosneft.

Tapi Shell masih salah satu dari sedikit perusahaan Barat yang terus membeli minyak mentah dari Rusia sejak konflik di Ukraina meningkat.

Perusahaan energi utama Inggris itu menyatakan akan mengubah rantai pasokan minyak mentahnya untuk menghapus volume dari negara yang terkena sanksi "secepat mungkin" dan menutup stasiun layanannya, serta operasi bahan bakar penerbangan dan pelumas di Rusia.

Perusahaan menyatakan perubahan rantai pasokan bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk diselesaikan dan akan menyebabkan pengurangan produksi di beberapa kilangnya.

Penarikan dari produk minyak bumi Rusia, gas pipa dan gas alam cair (LNG) akan dilakukan secara bertahap. Perusahaan juga berencana untuk mengakhiri keterlibatannya dalam pipa gas Nord Stream 2 Baltik yang menghubungkan Rusia ke Jerman, yang dibantu pembiayaannya sebagai bagian dari konsorsium.

Pada Senin, Reuters melaporkan bahwa Amerika Serikat bersedia untuk melanjutkan larangan impor minyak Rusia tanpa partisipasi sekutu di Eropa sehubungan dengan invasi Rusia ke Ukraina.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Istri Maju Pilwalkot Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberi lampu hijau kepada istrinya, Atalia Praratya, maju dalam Pilwalkot Bandung.

NEWS | 1 Februari 2023

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro menyelidiki tewasnya anggota polisi didug berinisial Aipda I di Kantor Perwakilan Polres Metro Kepulauan Seribu, Selasa (31/1/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu seberat 40 kilogram.

NEWS | 31 Januari 2023

Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dua menteri dari Partai NasDem yang tidak hadir dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Negara hari ini.

NEWS | 31 Januari 2023

Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

Letda Inf Rian Alfeiro Putra Perdana dilaporkan tewas setelah terpeleset dan hanyut di Kali Yambi, Papua.

NEWS | 1 Februari 2023

Tertangkap Basah, Jambret HP Dihakimi Massa di Karawang

Seorang pemuda dihakimi warga setelah tertangkap basah menjambret HP atau ponsel di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang.

NEWS | 1 Februari 2023

Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) menggelar program menciptakan kampung kreatif.

NEWS | 1 Februari 2023

Menteri Muhadjir Dorong Kenaikan Biaya Haji Dilakukan Bertahap

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menaikkan biaya haji secara bertahap.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Eropa Januari Naik 6,7%, PDB Eropa Tumbuh 0,1%

Bursa Eropa Januari Naik 6,7%, PDB Eropa Tumbuh 0,1%

EKONOMI | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE