Logo BeritaSatu

Parlemen Uni Eropa Tuntut Paspor Emas Diakhiri

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Strasbourg, Beritasatu.com- Parlemen Eropa pada Rabu (9/3/2022) menuntut diakhirinya apa yang disebut "paspor emas" yang memberikan kewarganegaraan Uni Eropa kepada investor asing kaya. Seperti dilaporkan AFP, tuntutan ini merebak karena sanksi Barat menargetkan oligarki Rusia atas invasi Rusia ke Ukraina.

Anggota parlemen memilih RUU yang tidak mengikat terhadap metode pemberian kewarganegaraan dengan alasan keuangan dengan mayoritas besar di Strasbourg.

Advertisement

Penentang paspor emas yang masih berlaku di Malta, Siprus dan Bulgaria, menyatakan paspor emas "tidak dapat diterima atas dasar etika, hukum dan ekonomi" dan "merusak esensi kewarganegaraan Eropa".

Menurut Parlemen Eropa, anggota parlemen juga menuntut aturan di seluruh UE tentang "visa emas", yang memberikan izin tinggal dengan prinsip yang sama dan dapat diperoleh di 12 negara anggota.

Rusia khususnya, mendapat manfaat dari sistem paspor emas ini. Parlemen Eropa meminta negara-negara anggota untuk segera mengecualikan permohonan Rusia dan meninjau yang disetujui dalam beberapa tahun terakhir.

Praktik kontroversial tersebut diduga memfasilitasi korupsi dan pencucian uang. Brussels meluncurkan proses disipliner terhadap Siprus dan Malta pada tahun 2020 tanpa melangkah lebih jauh.

Pekan lalu, Malta menyatakan akan menangguhkan pemberian "paspor emas" kepada Rusia dan Belarusia sampai pemberitahuan lebih lanjut setelah invasi ke Ukraina.

Pemerintah baru Bulgaria mengadopsi RUU pada bulan Januari yang bertujuan untuk mengakhiri skema paspor.

Awal pekan ini, komisaris kehakiman Uni Eropa Didier Reynders mengatakan Komisi Eropa - badan eksekutif blok - "sepenuhnya berbagi" tujuan menghapus program semacam itu di semua negara anggota sesegera mungkin.

Menurut Parlemen Eropa, setidaknya 130.000 orang memperoleh paspor atau visa "emas" antara 2011 dan 2019, menghasilkan 21,8 miliar euro (Rp 342 triliun) untuk negara-negara yang bersangkutan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibu Richard Eliezer Harap Anaknya Divonis Seringan-ringannya

Rynecke Alma Pudihang, ibu Bharada Richard Eliezer atau Bharada E berharap anaknya dapat divonis seringan-ringannya dalam kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 2 Februari 2023

Polda Libatkan Tim TAA dalam Rekonstruksi Ulang Kecelakaan yang Tewaskan Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya melibatkan tim TAA Korlantas Polri dalam rekonstruksi ulang kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI M Hasya Atalla Saputra.

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Putri Candrawathi Ungkap Ada 11 Asumsi Jaksa Penuntut

Febri Diansyah, kuasa hukum Putri Candrawathi mengungkap ada 11 asumsi jaksa penuntut umum dalam menyusun tuntutan dan replik perkara Brigadir J. 

NEWS | 2 Februari 2023

Pembuat APK Undangan Nikah Palsu untuk Kuras Saldo Korban Ditangkap di Sulsel

Tim Cyber Mabes Polri menangkap pria berinisial IA yang membuat APK 99 dalam bentuk aplikasi undangan pernikahan palsu di Sulsel.

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Richard Eliezer Tuding Jaksa Sedang Galau

Tim kuasa hukum Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menuding jaksa sedang galau saat menuntut Eliezer 12 tahun penjara atas kasus Brigadir J. 

NEWS | 2 Februari 2023

Pelaku Bom di Masjid Pakistan Berseragam Polisi

Pelaku bom di masjid yang menewaskan 101 orang di markas polisi di Pakistan berseragam polisi dan helm ketika melakukan serangan.

NEWS | 2 Februari 2023

Mahasiswa UI Tewas Ditabrak Jadi Tersangka, Legislator: Polisi Harus Komprehensif

Anggota Komisi III DPR Taufik Basari meminta polisi komprehensif menangani kasus kecelakaan Hasya Athallah mahasiswa UI tewas ditabrak malah jadi tersangka.

NEWS | 2 Februari 2023

Sopir Ojol yang Tolong Hasya Mahasiswa UI Tidak Lihat Ada Luka di Tubuh Korban

Agus, seorang sopir ojol mengaku tidak melihat luka pada tubuh Hasya Athallah saat menolong mahasiswa UI itu usai kecelakaan dengan pensiunan polisi.

NEWS | 2 Februari 2023

Hakim Bakal Jatuhkan Vonis ke Eliezer pada 15 Februari

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) bakal menjatuhkan vonis terhadap Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Rabu (15/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

Terus Dilanda Protes, Iran Ogah Buka Blokir WhatsApp dan Instagram

Presiden Iran Ebrahim Raisi telah bersumpah bahwa WhatsApp dan Instagram akan tetap diblokir, dan menuding platform online untuk memicu protes nasional.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu Richard Eliezer Harap Anaknya Divonis Seringan-ringannya

Ibu Richard Eliezer Harap Anaknya Divonis Seringan-ringannya

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE