Logo BeritaSatu

Ini Penyebab Vaksinasi Covid-19 Kelompok Lansia Berjalan Lambat

Jumat, 11 Maret 2022 | 00:04 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang juga Ketua Divisi Geriatri, Departemen Klinik Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia, Kuntjoro Harimurti mengungkapkan alasan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia) berjalan lambat atau tidak secepat kelompok usia lainnya seperti anak maupun dewasa.

Salah satu penyebabnya, kata Kuntjoro ada banyak ketakutan vaksinasi bagi lansia dapat menimbulkan efek samping. Hal ini termasuk penyakit penyerta (komorbid) yang diderita lansia. Diakui saat usia lanjut memang terjadi proses penuaan.

"Karena proses menua, biasanya orang semakin mudah memiliki komorbid dan bisa lebih banyak menderita (komorbid)," ujar Kuntjoro dalam talkshow "Mengapa Kelompok Rentan Perlu Segera Divaksin Covid-19", Kamis (10/3/2022).

Dicontohkan, komorbid seperti diabetes mellitus, darah tinggi, jantung, dan ginjal lebih sering ditemukan pada lansia dibanding kelompok usia muda. Namun, Kuntjoro menegaskan, komorbid pada lansia sebenarnya bukan kontraindikasi pemberian vaksin Covid-19 untuk kelompok manula ini. Ia menegaskan, lansia yang memiliki komorbid bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dengan syarat dalam kondisi terkontrol atau terkendali.

"Kata kuncinya meski memiliki komorbid ini, tetap harus terkontrol kemudian baru mendapatkan vaksin Covid-19," katanya.

Kuntjoro menjelaskan pentingnya lansia untuk segera mendapat vaksin. Salah satunya untu menghindari dampak berat dari Covid-19 yang dapat berujung kematian.

“Dengan vaksin, lansia yang positif Covid-19 tidak perlu ke rumah sakit, apabila terpaksa masuk rumah sakit maka tidak perlu mendapat perawatan khusus," ungkapnya.

Hingga saat ini lansia dengan komorbid masih menyumbang angka terbesar kematian akibat Covid-19. Kuntjoro pun mendorong pihak keluarga dari lansia untuk ikut berpartisipasi dalam vaksinasi. Dengan demikian menciptakan lingkungan yang aman bagi lansia.

“Jangan langsung membuat diagnosis bahwa seorang lansia tidak bisa menerima vaksin. Harus dengan konsultasi dokter dan bila memiliki komorbid harus dibicarakan agar dicarikan solusi," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Terima Dikalahkan Maroko, Fan Belgia Mengamuk di Jalanan Brussel

Tak terima kalah dari timnas Maroko di ajang Piala Dunia Qatar, Minggu (27/11/2022), para fan Belgia mengamuk di jalanan ibu kota Brussel.

NEWS | 28 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak, 1 Jenazah Diduga Kru Ditemukan di Pantai

Kru helikopter Polri dengan nomor registrasi 105/P-1103 yang hilang kontak ditemukan di Pantai Burung Mandi, Bangka Belitung.

NEWS | 28 November 2022

Emak-emak Rusia Bikin Petisi Antiperang Ukraina di Hari Ibu

Emak-emak dari tentara Rusia membuat petisi antiperang online untuk menuntut penarikan pasukan dari Ukraina pada perayaan Hari Ibu.

NEWS | 28 November 2022

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Dkk di PN Jaksel Pekan Ini

Ferdy Sambo dkk akan menjalani sidang di PN Jaksel pekan ini selama tiga hari. Berikut jadwal sidang Ferdy Sambo dkk pekan ini

NEWS | 28 November 2022

Hari Ini, Bharada E Cs Hadapi Persidangan Kasus Brigadir J

Bharada E duduk sebagai terdakwa bersama dengan Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf pada sidang dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

BMKG: DKI Jakarta Diguyur Hujan Malam Hari

BMKG memprakirakan, hujan akan mengguyur DKI Jakarta pada Senin (28/11/2022) malam. Hujan dan petir juga bakal terjadi pada malam nanti.

NEWS | 28 November 2022

Siaran Piala Dunia di TV Tiongkok Sensor Gambar Fan Tanpa Masker

Siaran TV pertandingan Piala Dunia Qatar di Tiongkok menyensor gambar jarak dekat para fan sepak bola tanpa masker di stadion.

NEWS | 28 November 2022

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang.

NEWS | 28 November 2022

Top 5 News: Pencopotan Label Gereja di Cianjur hingga Laga Jerman-Spanyol

Pencopotan label gereja di posko pengungsian gempa Cianjur dan susunan pemain Jerman-Spanyol merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 November 2022

Kementerian PPPA Harap Pemda Perkuat Regulasi Ramah Perempuan

Selain memperkuat regulasi, Kementerian PPPA minta pemangku kebijakan memberikan porsi yang besar terhadap partisipasi perempuan.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiba di Ruang Sidang, Bharada E Disambut Para Pendukung

Tiba di Ruang Sidang, Bharada E Disambut Para Pendukung

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE