Logo BeritaSatu

Pimpin Aksi Bersih Pantai, Wamen LHK: Tumbuhkan Kesadaran Semua Pihak

Sabtu, 12 Maret 2022 | 20:06 WIB
Oleh : Jeis Montesori / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong memimpin kegiatan bersih pantai atau coastal clean up, di kawasan Pantai Tanjung Pasir, Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (12/3/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022 sekaligus menyongsong Presidensi G-20 Indonesia.

"Kegiatan bersih pantai ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain," kata Wamen Alue.

Mnurut Wamen Alue Dohong, KLHK melakukan pemantauan sampah laut pada tahun 2021 yant dilaksanakan di 23 provinsi, 24 Kabupaten/kota dan 46 pantai. Berdasarkan hasil analisis data pemantauan, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari semua lokasi pada tahun 2021 berasal dari jenis plastik sebesar 44 persen. Sampah kedua terbanyak jenis kaca dan keramik sebesar 15 persen

Lebih lanjut, Wamen Alue Dohong menegaskan upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional.

Wamen Alue Dohong juga menyampaikan bahwa sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar 80 persen berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut.

"Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh hulu-hilir, dengan kerja-kerja pentahelix, dan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif," ujar Wamen Alue Dohong.

Semangat sinergi dan kolaborasi ini pun bak gayung bersambut, dimana pelaksanaan kegiatan ini juga melibatkan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III, PT. PLN, PT. PJB, pelajar Pramuka, dan masyarakat sekitar.

Gerakan Nasional
Sementara itu menjawab pertanyaan wartawan, Wakil Menteri LHK Alue Dohong mengatakan, kegiatan bersih pantai atau coastal clean up yang dilaksanakan Sabtu ini berlangsung secara bersamaan di tujuh tempat di Indonesia.

Kegiatan ini lanjut Aloe Dohong, tidak hanya parsial, tetapi harus menjadi gerakan nasional yang terus menerus. Mengapa? Karena masalah sampah laut, terutama sampah plastik menjadi persoalan global mengingat sampah plastik tidak mengenal batas administratif, tapi terus mengalir dibawa gelombang air. Sampah plastik dari laut Australia bisa saja masuk ke Indonesia atau sebaliknya. Begitu juga dari Malaysia dapat masuk ke Indonesia dan sebaliknya.

“Selain itu sampah plastik sulit terurai oleh mikroorganisme air. Jadi butuh waktu sangat lama untuk menghancurkan sampah plastik di laut,” ujar Alue Dohong.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gubernur Papua Barat Minta Jemaah Haji Berdoa bagi Indonesia

Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw meminta jemaah calon haji mendoakan kehidupan bangsa dan negara Indonesia tetap aman dan damai.  

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Pimpin Langsung HUT Bhayangkara Ke-76 di Semarang

Presiden Jokowi akan memimpin langsung peringatan HUT Bhayangkara Ke-76 di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Selasa (5/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

Gugatan Praperadilan Mardani Maming Tak Hentikan Langkah KPK

KPK menegaskan terus mengumpulkan bukti-bukti terkait dugaan korupsi yang menjerat Mardani Maming.

NEWS | 1 Juli 2022

Selasa Depan, Dewas KPK Gelar Sidang Etik Lili Pintauli

Dewan Pengawas (Dewas) KPK bakal menggelar sidang terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli pada Selasa (5/7/2022)

NEWS | 1 Juli 2022

Lili Pintauli Dikabarkan Mundur dari KPK

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya di lembaga antirasuah itu

NEWS | 1 Juli 2022

Kanada Konfirmasi Total 28 Kasus Cacar Monyet

Otoritas Kanada mengonfirmasi total 278 kasus cacar monyet di negara itu hingga Rabu 29 Juni 2022.

NEWS | 1 Juli 2022

Bakamla Sambas Selamatkan 6 Korban Kapal Tenggelam

Nelayan melaporkan ada kapal tenggelam, yakni TB Bintang Intan Laut 7 yang memuat 6 orang ABK, di Perairan Pulau Penata Besar.

NEWS | 1 Juli 2022

50% Masyarakat Terpapar BA.4 dan BA.5 Belum Booster

Masyarakat yang terpapar subvarian BA.4 dan BA.5 di Indonesia, setengahnya atau 50% belum mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19.

NEWS | 1 Juli 2022

Kementan Maksimalkan Inovasi untuk Kembangkan Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) siap memaksimalkan peningkatan pertanian dengan menjalankan sejumlah program untuk menghadirkan berbagai inovasi.

NEWS | 1 Juli 2022

Presiden Jokowi dan Rombongan Sudah Tiba di Abu Dhabi

Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) setelah mengunjungi Moskwa, Rusia.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Muhidin Said


# Roy Suryo


# Partai Buruh


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kunjungan Wisman Mei 2022 Tertinggi Sejak Awal Pandemi

Kunjungan Wisman Mei 2022 Tertinggi Sejak Awal Pandemi

EKONOMI | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings