Logo BeritaSatu

PM Israel Sarankan Zelensky untuk Terima Tuntutan Putin

Minggu, 13 Maret 2022 | 10:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tel Aviv, Beritasatu.com- Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menyarankan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menyetujui tuntutan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Seperti dilaporkan RT, Sabtu (12/3/2022), Bennett berharap persetujuan Zelensky bisa mengakhiri konflik berdarah yang sedang berlangsung di negara Ukraina. Namun pejabat tinggi di Kiev dan Israel telah membantah laporan tersebut.

“Jika saya jadi Anda, saya akan memikirkan kehidupan orang-orang saya dan menerima tawaran itu,” bunyi laporan Jerusalem Post mengutip Bennett yang kepada Zelensky pada Selasa saat panggilan telepon. Perkataan itu mengutip seorang pejabat senior Ukraina yang tidak disebutkan namanya.

"Bennett menyuruh kami untuk menyerah," kata pejabat itu, menurut Post, yang menambahkan bahwa Kiev tampaknya "tidak berniat" untuk menyetujui tuntutan Presiden Putin.

Namun, seorang pejabat tinggi di kantor Bennett dengan cepat membantah bahwa saran untuk menyerah telah dibuat. Seperti dilaporkan Axios, pejabat itu mengatakan bahwa PM Israel tidak bermaksud untuk memberikan rekomendasi atau saran apa pun kepada Zelensky pada tahap apa pun.

Pada Sabtu, penasihat utama pemerintah Ukraina Mykhailo Podolyak juga membantah bahwa Zelensky telah disarankan untuk menyerah.

"Israel, sama seperti negara-negara perantara bersyarat lainnya, tidak menawarkan Ukraina untuk menyetujui tuntutan apa pun dari federasi Rusia,” tulis Podolyak di Twitter, seraya mengatakan usulan menyerah tidak mungkin, karena alasan militer dan politik.

Israel telah melangkah ke peran mediator di tengah konflik yang sedang berlangsung di Ukraina, dengan Bennett terbang ke Moskow untuk bertemu dengan Putin minggu lalu dan berbicara dengan Zelensky melalui telepon.

Perdana menteri Israel juga melakukan kontak dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Prancis Emmanuel Macron setelah pertemuannya dengan pemimpin Rusia itu.

Menurut satu laporan oleh Haaretz, pejabat Ukraina yang tidak disebutkan namanya itu juga mengklaim Bennett menggunakan mediasi sebagai "alasan" untuk menghindari sanksi Rusia atau mengirim bantuan militer ke Ukraina. Bennett harus bertindak lebih dari sekadar "kotak surat" antara Moskwa dan Kiev.

"Jika Bennett ingin bersikap netral dan menengahi, kami ingin dia menunjuk seseorang yang akan menangani masalah ini siang dan malam untuk mencoba dan mencapai kompromi," katanya.

Rusia telah menuntut agar Ukraina menyatakan dirinya sebagai negara netral dan bersumpah untuk tidak pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS. Pada Jumat, Vladimir Putin mengklaim ada "beberapa perkembangan positif" dalam pembicaraan antara negosiator Rusia dan Ukraina, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE