Logo BeritaSatu

Baleg DPR Tegaskan Tak Ada Hambatan dalam Pembahasan RUU TPKS

Selasa, 22 Maret 2022 | 23:20 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota DPR dari Fraksi PDIP Riezky Aprilia membantah jika pembahasan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) mengalami kendala. Sejauh ini, kata Riezky, tidak ada hambatan dalam pembahasan RUU TPKS.

Advertisement

"Apa sih kendalanya, tidak ada kendala hanya dalam membuat undang-undang, kata per kata, titik, koma di mana, ini jangan sampai multitafsir, karena kalau multitafsir nanti pada saat aplikasi, tidak sesuai dengan apa yang dilakukan," ujar Riezky dalam acara diskusi Koordinatoriat Wartawan Parlemen bertajuk "DPR Segera Ketuk Palu RUU TPKS", di Media Center MPR/DPR/DPD, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Apalagi, kata Riezky, dituduh kalau DPR menghambat pembahasan RUU tersebut. Dia menandaskan DPR berkomitmen menuntaskan pembahasan RUU TPKS dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan kecermatan sehingga RUU TPKS nantinya benar-benar menjadi undang-undang yang aplikatif untuk mencegah, melindungi, dan memulihkan korban kekerasan seksual.

"Pada dasarnya semua (fraksi di DPR) sudah menyetujui untuk RUU TPKS, makanya sampai di (rapat) paripurna, dan kemarin sudah dibacakan pandangan kami, dan PDIP menyatakan dukungannya untuk segera direalisasikan, diketok jadi undang-undang," tutur Riezky.

Saat ini, kata dia, DPR dan pemerintah hanya menunggu waktu yang tepat segera membahas secara detail RUU TPKS ini. Bahkan, kata dia, daftar inventarisasi masalah (DIM) dari pemerintah sudah masuk ke DPR dan rencananya akan dibahas dalam pekan ini.

"Baleg DPR itu dari awal terkait RUU TPKS ini jalan terus kok, kan pakai livestreaming, jalan terus, hanya saja dalam satu hari belum tentu semuanya bahas karena ada banyak juga undang-undang yang harus kita kejar," ungkap dia.

Selain itu, kata Riezky, pilihan kata, frasa dan kalimat dalam RUU TPKS harus rigid dan clear sehingga tidak multitafsir saat diimplementasikan. Pasalnya, setiap pilihan kata, frasa dan kalimat memiliki konsekuensi masing-masing dan penanganan yang berbeda.

"Jangan sampai multitafsir karena antara kita pembuat kebijakan dengan nanti aparat penegak hukum percuma lagi, ini hal-hal yang perlu saya sampaikan kepada masyarakat, bahwa bukan dihambat tapi kita betul-betul inginkan undang-undang ini teraplikasi dengan baik," pungkas Riezky.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Solo Safari Hadirkan 87 Spesies Satwa Endemik Terancam Punah

Solo Safari menghadirkan lebih dari 374 individu dari total 87 spesies satwa endemik indonesia yang terancam punah dan dilindungi.

NEWS | 28 Januari 2023

Hari Ini, Sebagian Kota Besar di Indonesia Berawan

Cuaca hari ini, BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia berawan. Cuaca berawan dengan suhu berkisar 19 sampai 31 derajat Celcius.

NEWS | 28 Januari 2023

Ular Piton Sepanjang 5,5 Meter dan Berbobot 130 Kg Masuk Pekarangan Warga

Warga Kota Solok dihebohkan dengan penemuan ular piton raksasa sepanjang 5,5 meter dengan bobot sekitar 130 kilogram masuk pekarangan warga.

NEWS | 28 Januari 2023

Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

WNA kini sudah dapat mengajukan permohonan Visa Kunjungan Wisata dan Visa Kunjungan Pra-Investasi di website molina.imigrasi.go.id mulai Kamis, 26 Januari 2023

NEWS | 28 Januari 2023

Buaya Muara di Wisata Akar Seribu Jepara Kembali Lepas

Seekor buaya muara di objek wisata Akar Seribu, Kabupaten Jepara kembali lepas pada Jumat sore kemarin.

NEWS | 28 Januari 2023

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Jumat siang hingga Jumat malam sudah empat kali mengalami erupsi.

NEWS | 28 Januari 2023

Firli Minta Dukungan Publik dalam Memburu Harun Masiku Cs

Ketua KPK Firli Bahuri meminta dukungan publik dalam memburu keberadaan para buronan, termasuk Harun Masiku.

NEWS | 28 Januari 2023

Polda Belum Pastikan Mobil yang Tabrak Mahasiswi hingga Tewas di Cianjur

Polda Jabar belum memastikan mobil yang tabrak lari mahasiswi bernama Selvi Amelia Nuraeni hingga tewas di Cianjur.

NEWS | 28 Januari 2023

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Solo Safari Hadirkan 87 Spesies Satwa Endemik Terancam Punah

Solo Safari Hadirkan 87 Spesies Satwa Endemik Terancam Punah

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE