Logo BeritaSatu

Bulgaria Akhiri Skema Paspor Emas

Jumat, 25 Maret 2022 | 12:10 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Sofia, Beritasatu.com- Bulgaria mengakhiri skema paspor emas yang kontroversial. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (24/3/2022), Komisi Eropa memang telah berulang kali menyerukan penghapusan skema tersebut karena menciptakan insentif untuk korupsi dan pencucian uang.

Skema tersebut memungkinkan orang asing untuk memperoleh tempat tinggal ketika mereka menginvestasikan minimal 500.000 euro (US$ 550.000 atau Rp 7,8 miliar) di Bulgaria, dan kewarganegaraan ketika mereka menginvestasikan satu juta euro (US$ 1,1 juta atau Rp 15,7 miliar).

Advertisement

Penerima manfaat paspor emas terutama warga negara dari Rusia, Tiongkok, dan Timur Tengah.

Pemerintah baru Bulgaria, yang menjadikan pemberantasan korupsi sebagai prioritas utama, telah mendesak parlemen untuk menghentikan pemberian paspor semacam itu pada Januari.

Keputusan oleh MPS Bulgaria pada Kamis (24/3) datang setelah pemberian paspor emas kembali dikecam oleh Parlemen Eropa sehubungan dengan sanksi Barat yang menargetkan oligarki Rusia atas invasi Moskwa ke Ukraina.

Awal bulan ini, anggota parlemen mengulangi seruan mereka di Bulgaria, Malta dan Siprus untuk membatalkan baik "paspor emas" dan "visa emas".

Komisi Eropa telah berulang kali menyerukan penghapusan skema tersebut karena mereka menciptakan insentif untuk korupsi dan pencucian uang.

Sebagai bagian dari keputusan, anggota parlemen juga mengizinkan peninjauan penuh terhadap semua paspor yang diberikan sejak skema tersebut diluncurkan pada 2013.

Menurut kementerian kehakiman, sekitar 100 paspor semacam itu telah diberikan hingga saat ini. Pemerintah sementara sebelumnya tahun lalu menandai kekhawatiran tentang kemungkinan penyimpangan dalam 47 kasus.

Terlepas dari keputusan tersebut, pemilik paspor emas masih akan ada opsi untuk memperoleh izin tinggal di bawah skema tersebut.

Malta juga menyatakan akan menangguhkan pemberian paspor emas kepada Rusia dan Belarusia sampai pemberitahuan lebih lanjut setelah invasi ke Ukraina.

Menurut Parlemen Eropa, setidaknya 130.000 orang memperoleh "paspor emas" atau "visa emas" di blok tersebut antara 2011 dan 2019, menghasilkan 21,8 miliar euro (US$ 23,9 miliar atau Rp 342 triliun) untuk negara-negara yang bersangkutan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sopir Audi Penabrak Mahasiswi di Cianjur Ditahan Polisi

Sugeng Guruh, sopir Audi langsung ditahan seusai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus tabrak lari mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini.

NEWS | 30 Januari 2023

Lempari Bus Persis Solo dengan Batu, 7 Suporter Persita Jadi Tersangka

Sebanyak tujuh orang suporter Persita Tangerang ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga mengadang dan melempari bus Persis Solo dengan batu. 

NEWS | 30 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Jaksa Minta Hakim Tolak Pembelaan Putri Candrawathi

Jaksa penuntut umum meminta ke majelis hakim menolak pembelaan Putri Candrawathi, terdakwa dalam kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 30 Januari 2023

Dibeli Rp 8,9 Juta, Lukisan Pria Tua Telanjang Ini Terjual Rp 44 Miliar

Sebuah lukisan yang ditemukan di gudang pertanian dan dibeli dengan harga US$ 600 (sekitar Rp 8,9 juta) telah terjual dengan harga US$ 3 juta (sekitar Rp 44 miliar).

NEWS | 30 Januari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Bareskrim Buka Peluang Tersangka Baru

Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto mengungkapkan, tersangka kasus gagal ginjal akut anak kemungkinan bisa bertambah.

NEWS | 30 Januari 2023

Putri Tidak Visum, Jaksa Tuding Demi Pertahankan Dusta Diperkosa Brigadir J

Jaksa penuntut umum menyoroti soal sikap Putri Candrawathi yang tidak melakukan visum et repertum demi menutupi dusta telah diperkosa Brigadir J.

NEWS | 30 Januari 2023

Istri Jenderal, Putri Candrawathi Dinilai Jaksa Tak Pantas Pakai Baju Seksi

Jaksa penuntut umum menilai tidak pantas bagi Putri Candrawathi untuk memakai baju seksi.

NEWS | 30 Januari 2023

Jaksa Akui Ada Dilema dalam Tuntutan 12 Tahun untuk Richard Eliezer

Jaksa penuntut umum mengakui menghadapi dilema dalam menyusun tuntutan terhadap Bharada Richard Eliezer atau Bharada E.

NEWS | 30 Januari 2023

Twitter Beri Hak Banding untuk Pengguna yang Akunnya Ditangguhkan

Pengguna Twitter akan dapat mengajukan banding atas penangguhan akun mereka dan dievaluasi berdasarkan kriteria baru platform media sosial.

NEWS | 30 Januari 2023

Jaksa Nilai Kuasa Hukum Putri Candrawathi Paksakan Motif Pemerkosaan

Jaksa penuntut umum menilai tim kuasa hukum Putri Candrawathi memaksakan adanya motif pemerkosaan dalam perkara pembunuhan berencana Brigadir J. 

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sopir Audi Penabrak Mahasiswi di Cianjur Ditahan Polisi

Sopir Audi Penabrak Mahasiswi di Cianjur Ditahan Polisi

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE