Logo BeritaSatu

Pemkab Kudus Terus Gelorakan Vaksinasi Covid-19

Sabtu, 26 Maret 2022 | 21:14 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Kudus, Beritasatu.com - Pemerintah Kudus terus berupaya memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh kelompok dan kategori usia. Pasalnya, vaksinasi merupakan langkah paling efektif dalam membentengi diri dari bahaya virus corona.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Kudus mendapat dukungan besar dari Djarum Foundation. Bupati Kudus HM Hartopo berharap, berbagai upaya yang telah dilakukan Djarum Foundation dapat menjadi penggerak bagi sektor swasta lain agar turut berpartisipasi.

“Kami berterima kasih kepada Djarum Foundation yang benar-benar mengeluarkan segala upaya dalam percepatan cakupan vaksinasi di Kudus. Kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta seperti ini merupakan sinergi yang sangat baik dan diharapkan dapat terus berjalan,” ujar Hartopo dalam keterangannya, Sabtu (26/3/2022).

Sementara itu Manager Bakti Sosial Djarum Foundation Purwono Nugroho menuturkan, edukasi, sosialisasi, dan apresiasi menjadi pijakan penting demi meningkatkan peran serta warga agar bersedia menjalani vaksinasi. Upaya ini dilakukan sejak Juli 2021 dengan meluncurkan program “Ayo Kudus Vaksinasi” yang menggandeng Pemkab Kudus, Kodim Kudus, Polres Kudus, serta instansi pemerintah lain.

“Melalui program Ayo Kudus Vaksinasi kami menjalankan edukasi, sosialisasi hingga apresiasi bagi warga Kudus agar mau menjalani vaksinasi. Edukasi dan sosialisasi menjadi faktor penting karena kita tahu banyak sekali kabar hoax dan disinformasi tentang vaksin," ujar Purwono

Pada fase edukasi dan sosialisasi ini, Djarum Foundation menyelenggarakan berbagai kegiatan guna memberi pemahaman dan meningkatkan minat masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19. Di antaranya ialah meluncurkan video klip "Ayo Vaksin" berbahasa Jawa agar mudah dipahami masyarakat Kudus hingga penyebaran informasi program vaksinasi melalui jejaring pesan instan di gawai.

Sosialisasi juga dilakukan bekerja sama dengan pengurus masjid agar informasi vaksinasi bisa sampai ke lapisan paling bawah yakni Rukun Tetangga dan Rukun Warga hingga menghadirkan maskot vaksinasi di sentra-sentra vaksinasi.

“Setelah edukasi dan sosialisasi ini, langkah selanjutnya mendirikan sentra vaksinasi dan tim vaksinasi keliling yang menjangkau hinga ke desa-desa di Kudus seperti yang dilakukan di Desa Bulungcangkring ini. Hal tersebut guna memudahkan warga yang ingin divaksin tapi terkendala akses dan fasilitas kesehatan. Tentu kegiatan ini tak lepas dari sinergi yang erat bersama Pemkab Kudus, Kodim, dan Polres Kudus serta instansi pemerintah lain,” papar Purwono.

Fase terakhir guna memantik minat masyarakat untuk menjalani vaksinasi ialah pemberian apresiasi berupa doorprize yang diundi secara berkala meliputi sepeda motor, lemari es, mesin cuci hingga televisi. Tak hanya itu, Djarum Foundation juga memberikan sembako dan minyak goreng bagi setiap lansia yang mengikuti vaksinasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Arab Saudi Rilis Panduan Haji Elektronik dalam 14 Bahasa

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi bekerja sama dengan Otoritas Umum Wakaf, meluncurkan panduan haji elektronik dalam 14 bahasa.

NEWS | 3 Juli 2022

Lukashenko Klaim Belarusia Cegat Serangan Rudal Ukraina

Presiden Alexander Lukashenko mengklaim Belarusia mencegat upaya serangan rudal Ukraina pada Sabtu (2/7/2022).

NEWS | 3 Juli 2022

Pelaku Penusukan Seorang Ibu di Bantargebang Ditangkap

Modus pelaku penusukan sebagai petugas seolah-olah keluarga yang bersangkutan ada yang terlibat narkoba, untuk meminta uang kepada korban.

NEWS | 3 Juli 2022

Jalur Puncak Ramai Lancar, Polisi Berlakukan Ganjil Genap

Situasi arus kendaraan di kawasan Jalur Puncak terpantau ramai lancar, Minggu (3/7/2022). Polres Bogor masih memberlakukan sistem ganjil genap.

NEWS | 3 Juli 2022

Golkar Cari Cawapres yang Bisa Hilangkan Politik Identitas

Cawapres Golkar diharapkan mampu menghilangkan politik identitas. Airlangga Hartarto dipastikan sebagai capres pada Pilpres 2024.

NEWS | 3 Juli 2022

Gelar Wayang Kulit, Kapolri: Wujud Komitmen Polri Dekat dengan Masyarakat

Kapolri mengatakan pergelaran wayang kulit merupakan wujud komitmen Polri untuk terus bisa dekat dan melebur bersama masyarakat.

NEWS | 3 Juli 2022

Cacar Monyet di Afrika Masuk Kategori Keadaan Darurat

Otoritas kesehatan di Afrika memperlakukan wabah cacar monyet yang meluas di sana sebagai keadaan darurat.

NEWS | 3 Juli 2022

KIP Puji Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Kementan

Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Donny Yoesgiantoro mengapresiasi layanan digital dan pemanfaatan teknologi oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

NEWS | 3 Juli 2022

Road Safety Campaign Ajak Warga Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas

Road safety campaign memiliki tujuan untuk mengajak masyarakat bersama-sama meningkatkan kualitas disiplin dalam berlalu lintas.

NEWS | 3 Juli 2022

Turis di Venesia Akan Ditagih Biaya Masuk Rp 156.160

Para turis di Venesia, Italia akan ditagih biaya masuk 10 euro atau Rp 156.160 mulai 16 Januari 2023

NEWS | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Arab Saudi Rilis Panduan Haji Elektronik dalam 14 Bahasa

Arab Saudi Rilis Panduan Haji Elektronik dalam 14 Bahasa

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings