Logo BeritaSatu

Soal Desakan Mundur karena Akan Nikahi Adik Jokowi, Ini Respons Ketua MK

Sabtu, 26 Maret 2022 | 21:58 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman merespons desakan sejumlah kalangan agar mundur dari jabatannya karena akan menikahi adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati. Respons itu disampaikan Anwar Usman usai menghadiri acara pelantikan DPP PA GMNI periode 2021-2026 di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Wah, sudah ya. Nanti tunggu tanggal mainnya,” kata Anwar.

Dikonfirmasi mengenai rencana pernikahannya, Anwar Usman mengatakan hal tersebut merupakan takdir Tuhan.

"ini kan semua kembali kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa," ungkap Anwar.

Diketahui, adik Presiden Jokowi, Idayati akan menikah dengan Anwar Usman pada 26 Mei mendatang di Solo, Jawa Tengah. Idayati telah dilamar oleh Anwar Usman pada 12 Maret lalu.

Idayati sendiri menjanda sejak suami pertamanya, Hari Mulyono, meninggal pada tahun 2018. Hari meninggal di usia 58 tahun pada Senin (24/9/2018), pukul 10.40 WIB setelah sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Sedangkan istri Anwar Usman, Suhada Ahmad Sidik, meninggal dunia pada 26 Februari 2021 yang lalu karena serangan jantung.

Desakan agar Anwar Usman mundur dari jabatannya sebagai Ketua MK karena menikahi adik Jokowi mencuat ke publik. Salah satunya disampaikan CEO dan Founder Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago. Dia menilai Anwar Usman wajib mengundurkan diri dari jabatannya untuk menghindari konflik kepentingan.

"Secara filosofinya, hakim adalah perwakilan Tuhan di muka bumi, sehingga hakim diberikan prerogatif untuk memutuskan suatu perkara, termasuk perkara hukuman mati. Persoalan kedudukan seorang hakim di mata rakyat, terutama di mata para pencari keadilan," kata Pangi Syarwi Chaniago kepada wartawan, Rabu (23/3/2022).

Menurutnya, ketika hakim memutus suatu perkara, maka prinsip keadilannya harus masuk. Satu pertanyaan penting yang selalu ditanyakan hakim sebelum sidang adalah "apa saudara punya hubungan langsung atau tidak langsung dengan yang berpekara, hubungan perkawinan, kekerabatan?".

Berdasarkan hal tersebut, Pangi melihat hubungan kekerabatan karena perkawinan antara Ketua MK Anwar Usman dengan adik Presiden Jokowi berpotensi masuk dalam ranah konflik kepentingan (conflict of interest).

Suatu saat, kata Pangi, Anwar Usman selaku hakim konstitusi akan menangani perkara judicial review yang diajukan oleh kelompok masyarakat sipil terhadap produk UU yang disahkan oleh pemerintah dan DPR. Salah satu pihak perkara judicial review tersebut adalah presiden sebagai termohon atau tergugat.

"Oleh karena itu, secara etik, moral dan prinsip keadilan, jika betul nantinya Ketua MK Anwar Usman menikahi adik Presiden Jokowi maka yang bersangkutan Anwar Usman sebaiknya mundur demi menjaga muruah, kewibawaan MK dan demi menjaga citra presiden," kata Pangi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E: Brigadir J Selalu Dampingi Putri Candrawathi

Bharada E menyebut, Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, selalu mendampingi Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE