Logo BeritaSatu

Mahfud, Bamsoet, hingga Akbar Tandjung Akan Hadiri Diskusi Sabam Sirait

Minggu, 27 Maret 2022 | 12:14 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan mantan Ketua DPR Akbar Tandjung direncanakan akan menghadiri diskusi bertema "Sabam Sirait dalam berjuang bagi Demokrasi dan HAM di Indonesia” di Gedung Nusantara IV Kompleks MPR/DPR/DPD, Senin (28/3/2022).

Acara yang digelar PP Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ini akan dibuka Bamsoet panggilan akrab Bambang Soesatyo dengan keynote speech Mahfud MD. Sementara sebagai pembicara mantan Ketua DPR dan HMI Akbar Tandjung, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, aktivis senior GMNI Theo L Sambuaga, Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak dan lainnya.

Acara akan dimulai pukul 10.30 WIB tersebut membahas perjuangan Sabam Sirait dalam Demokrasi dan HAM selama hidupnya.

Ketua Panitia yang juga Ketum PP GMKI Jefri Gultom mengatakan, diskusi ini untuk melihat banyak hal yang menarik untuk dipetik dari perjuangan Sabam Sirait dalam menjalankan peran politisinya dalam konteks demokrasi.

"Banyak jejak karya politik Sabam Sirait, salah satu yang cukup menyita perhatian adalah mempertahankan Partai Demokrasi Indonesia dari polemik yang terjadi dalam tubuh partai pada 1996," ujar Jefri kepada awak media, Minggu (27/3/2022).

Sabam Sirait menjadi anggota legislatif dari sejak Orde Lama hingga hari terakhir beliau masih mengemban jabatan sebagai wakil daerah (DPD). Buku yang menceritakan kisah hidup seorang politisi Kristen tersebut juga sudah berulang kali ditulis dan dicetak sehingga dapat memberikan pencerahan bagi para pemuda khususnya para politisi muda .

Jefri menjelaskan, Sabam memulai kiprah dalam dunia politik sebagai kader Parkindo (Partai Kristen Indonesia) dan menjadi parlemen mewakili partai Kristen tersebut untuk yang pertama kali.

Melanjutkan jalan panjang politiknya Sabam bergabung dengan PDI (Partai Demokrasi Indonesia) di masa fusi partai pada Orde Baru. Jabatan tinggi partai pun pernah diduduki Sabam Sirait.

Jefri mengatakan, figur Sabam Sirait sebagai begawan politik, meninggalkan aneka ragam keteladanan yang berwarna, berwatak, bermartabat, dan beradab. Keteladanan akan kepribadiannya dan kepemimpinannya, sangat bermanfaat dan berdampak. Perihal tersebut, mewarnai dan memaknai sistem, struktur, dan kultur politik serta pembangunan kepartaian dan kelembagaan politik.

"Tujuan acara ini untuk memahami perjuangan Sabam Sirait dalam mewujudkan Demokrasi dan HAM untuk Indonesia. Selain itu, memahami cita-cita Demokrasi dan HAM Sabam Sirait untuk Indonesia," tandas Jefri.

Atas perjuangan dan pengabdian bagi demokrasi Indonesia, Pemprov Sumatera Utara telah mengajukan nama Sabam Sirait jadi Pahlawan Nasional 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 1 Agustus

Pemerintah memutuskan memperpanjang kebijakan PPKM di luar Jawa dan Bali mulai dari 5 Juli hingga 1 Agustus 2022

NEWS | 4 Juli 2022

Jelang Iduladha, Kementan Siapkan Kebutuhan Pangan Jakarta

Kementan mendukung kesiapan Iduladha di wilayah DKI Jakarta dengan menyiapkan ribuan hewan ternak dan kebutuhan pangan lainnya.

NEWS | 4 Juli 2022

Airlangga Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

NEWS | 4 Juli 2022

Tiongkok Laporkan Penurunan Kasus Harian Covid-19

Tiongkok melaporkan 460 kasus harian Covid-19 pada 3 Juli, di mana72 di antaranya bergejala dan 388 tanpa gejala, yang menurun.

NEWS | 4 Juli 2022

Besok, PN Jakpus Gelar Sidang Kedua Penganiayaan Ade Armando

PN Jakarta Pusat akan menggelar sidang kedua kasus penganiayaan Ade Armando besok, Rabu (4/7/2022) dengan agenda pembacaan dakwaan

NEWS | 4 Juli 2022

Zelensky Bertekad Rebut Kembali Kendali di Ukraina Timur

Zelensky mengatakan, pasukannya sudah ditarik dari Lysychansk di Donbas, namun ia bertekad merebut kembali kendali di wilayah timur itu.

NEWS | 4 Juli 2022

Sore Ini Dishub DKI Uji Coba Rekayasa Lalin di Bundaran HI

Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

NEWS | 4 Juli 2022

DPRD Kota Bogor Mediasi Persoalan Warga BMW dengan Developer

DPRD Kota Bogor menindaklanjuti aspirasi warga perumahan Bukit Mekar Wangi (BMW) Bogor dengan mengundang pihak terkait.

NEWS | 4 Juli 2022

KPK Tetapkan Wali Kota Ambon Tersangka Pencucian Uang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wali Kota nonaktif Ambon, Richard Louhenapessy tersangka kasus dugaan pencucian uang.

NEWS | 4 Juli 2022

Banjir di Australia, Perintah Evakuasi untuk Ribuan Penduduk

Perintah evakuasi dikeluarkan untuk ribuan penduduk setelah hujan tanpa henti menimbulkan banjir beberapa pinggiran kota di Australia.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 1 Agustus

Airlangga: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 1 Agustus

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings