Logo BeritaSatu

Ini Manfaat Jogging untuk Kesehatan

Senin, 28 Maret 2022 | 06:59 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Menyempatkan waktu untuk berolahraga meski jadwal padat sangatlah penting. Sebab, gaya hidup sehat dan aktif dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di tengah pandemi Covid-19 ini.

Jogging termasuk pilihan olahraga yang cukup diminati di Indonesia. Umumnya, orang melakukan jogging di pagi hari karena bisa sambil menghirup udara segar. Tahukah Anda? Jogging sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, simak beberapa manfaat jogging untuk kesehatan, sebagaimana dirangkum oleh Beritasatu.com dari berbagai sumber:

Perkuat Sistem Imun
Jogging dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dilansir dari Health Line, olahraga intensitas moderat seperti jogging dapat memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Baik itu penyakit jangka pendek seperti infeksi saluran pernapasan atas atau penyakit jangka panjang seperti diabetes.

Turunkan Berat Badan
Menurut Live Strong, jogging efektif untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, jogging membakar lebih banyak kalori dari sebagian besar latihan kardio lainnya. Cobalah jogging selama 20 menit.

Jika Anda masih belum terbiasa, Anda bisa mencoba menggabungkan berjalan dan berlari selama 20 menit. Kemudian, Anda secara bertahap berlari penuh selama 20 menit. Adapun jumlah kalori yang terbakar tergantung dengan berat badan dan kecepatan berlari.

Harvard Health Publishing menyebutkan seseorang berberat badan 155 pon (70 kg) yang berlari dengan kecepatan 6 mph dapat membakar 248 kalori. Semakin cepat Anda berlari, semakin banyak kalori yang terbakar. Jika seorang wanita berberat badan 155 pon (68 kg) berlari dengan kecepatan 7,5 mph untuk jumlah waktu yang sama, ia akan membakar lebih banyak kalori, yakni 310.

Atasi Stres
Stres bisa berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Diketahui, jogging dapat membantu Anda mengatasi stres. Dilansir dari Healthline, sebuah review studi di tahun 2013 menyebutkan latihan olahraga aerobik seperti jogging berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif. Serta melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres.

Tingkatkan Kualitas Tidur
Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk kesehatan. Tahukah Anda? Dilansir dari Runners World, jogging dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Jurnal Sleep Medicine menyebutkan orang yang biasanya tidur kurang dari 6,5 jam per hari tidur 75 menit lebih lama setiap malamnya, usai melakukan olahraga intensitas moderat seperti lari atau jalan.

Jaga Fleksibilitas Tulang Belakang
Jogging bisa bermanfaat untuk fleksibilitas tulang belakang Anda.

Menurut Healthline, terdapat bantalan pelindung yakni diskus di antara tulang belakang di punggung. Diskus ini sebenarnya kantung yang berisi cairan yang bisa menyusut seiring bertambahnya usia, apalagi jika Anda jarang bergerak. Jogging atau berlari dapat menjaga ukuran dan kelenturan diskus ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 79 orang menunjukkan orang yang secara rutin jogging dengan kecepatan 2 meter per detik memiliki hidrasi diskus yang lebih baik dan kadar glycosaminoglycan (sejenis pelumas) lebih tinggi pada diskus mereka. Semakin sehat dan terhidrasi diskus ini, semakin fleksibel Anda bergerak.

Demikian beberapa manfaat jogging untuk kesehatan Anda. Saat jogging, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat berkeringat.

Pilihlah air mineral berkualitas seperti Le Minerale untuk menemani Anda jogging. Le Minerale tersedia dalam kemasan 330 ml, 600 ml, serta 1.500 ml yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tersedia pilihan galon 15 liter jika Anda lebih suka membawa botol minum tumbler. Galon Le Minerale juga dilengkapi dengan handle grip sehingga mudah untuk diangkat.

Soal higienitas, Le Minerale menggunakan teknologi mineral protection system dalam proses pengemasannya. Teknik pengemasan ini memastikan seluruh kandungan mineral esensial pada Le Minerale tetap utuh terjaga sampai ke tangan Anda. Galon Le Minerale juga selalu baru dan memiliki tutup ulir rapat kedap udara dan anti rembes sehingga dari kontaminasi virus dan bakteri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga: Penggunaan PeduliLindungi di Mal Mulai Kendor

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi sudah mulai kendor di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan.

NEWS | 4 Juli 2022

Pemkab Bogor Beri Uang Kontrakan untuk Korban Banjir

Pemkab Bogor akan memberi uang kontrakan untuk korban banjir di Kecamatan Pamijahan dan Leuwiliang.

NEWS | 4 Juli 2022

Jaringan Hotel di Eropa Mencari Staf Tanpa Pengalaman Kerja

jaringan hotel terkemuka di Eropa sedang mencari staf tanpa pengalaman kerja di tengah kelangkaan tenaga.

NEWS | 4 Juli 2022

Pemerintah Pertimbangkan Payung Hukum Pemilu Terkait Pemekaran Papua

Pemerintah mempertimbangkan membuat payung hukum soal Pemilu 2024 menyusul adanya tiga DOB Papua atau pemekaran Papua yang baru disahkan beberapa waktu lalu.

NEWS | 4 Juli 2022

46 Calon Jemaah Haji Dideportasi, Ini Respons Legislator PKB

Legislator PKB KH Maman Imanulhaq memberikan respons atas kasus 46 calon jemaah haji asal Indonesia yang terpaksa dideportasi.

NEWS | 4 Juli 2022

Vaksinasi Covid-19: Tambah 195.674, Booster Capai 51 Juta

Update vaksinasi Covid-19 dosis booster hari ini, Senin (4/7/2022) berhasil menembus angka 51 juta suntikan setelah tambah 195.674 dosis suntikan.

NEWS | 4 Juli 2022

BMKG Sebut Sulteng Memasuki Musim Pancaroba Kemarau

BMKG menyebutkan Provinsi Sulteng saat ini telah memasuki musim pancaroba kemarau yang dapat menimbulkan potensi hujan lebih lebat.

NEWS | 4 Juli 2022

Tersangka Penembakan di Mal Kopenhagen Miliki Masalah Mental

Polisi mengatakan, tersangka penembakan di sebuah mal di Kopenhagen yang menewaskan tiga orang, memiliki masalah kesehatan mental.

NEWS | 4 Juli 2022

Dugaan Penyelewengan Donasi, DPR Minta Izin ACT Dicabut

Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq meminta pemerintah mencabut izin Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait dugaan skandal di lembaga penghimpun dana umat itu.

NEWS | 4 Juli 2022

Update Covid-19: Positivity Rate 3,17% Masuk Level Aman

Update Covid-19 pada Senin (4/7/2022), positivity rate tercatat mengalami penurunan yang drastis menjadi 3,17%.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Beasiswa LPDP Tahap II Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Beasiswa LPDP Tahap II Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

EKONOMI | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings