Logo BeritaSatu

Sejumlah Penumpang PPLN Rasakan Dilema Penghapusan Karantina

Senin, 28 Maret 2022 | 17:22 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR

Tangerang, Beritasatu.com - Penghapusan persyaratan karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang telah menjalani vaksinasi kedua memunculkan persoalan lain. Pasalnya, lonjakan penumpang yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada akhir pekan kemarin, ternyata tidak diimbangi dengan persiapan petugas dan prasarana pendukung untuk mempercepat proses pemeriksaan.

Alhasil, penumpukan jumlah penumpang di Terminal 3 Soetta membeludak dan membuat ribuan penumpang harus rela berjam-jam menunggu pemeriksaan dan hasil swab PCR. Hal itu diungkapkan Nonie, seorang penumpang yang baru tiba dari Istanbul Turki, Minggu (28/3/2022).

Advertisement

“Penghapusan karantina buat orang yang sudah vaksin dua kali sebenarnya bagus, tetapi seharusnya dibarengi dengan antisipasi petugas untuk mempercepat pemeriksaan imigrasi dan juga hasil swab PCR minta dipercepat. Yang terjadi semalam, petugasnya di counter Imigrasi cuma ada delapan orang, dua orang untuk memeriksa WNA, sisanya enam orang memeriksa WNI yang memegang paspor hijau. Sementara penumpang datang terus, hasilnya ya antrean panjang,” ungkap Nonie, Senin (28/3/2022).

Tak hanya itu, alat pemeriksaan swab PCR yang rusak memperparah antrean penumpang. Berdasarkan Berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 15 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 yang diberlakukan sejak Rabu 23 Maret 2022, tiap PPLN memasuki Indonesia melalui entry point akan dilakukan pemeriksaan RT-PCR saat kedatangan dengan menunggu hasil terlebih dahulu.

“Makanya penumpang yang sudah PCR nunggu lama, yang menyebabkan penumpukan dan antrean panjang kayak semalam. Bikin malu Indonesia saja, karena bule-bule itu semalam pada ngeluh, Indonesia parah banget pengaturan peraturannya,” ucapnya.

Senada dengan Nonie, Dede yang merupakan penumpang pesawat yang baru tiba dari Brunei Darussalam juga mengaku kesal, karena harus menunggu lama antrean pemeriksaan Imigrasi dan swab PCR. Sebab, Dede harus menunggu tanpa kepastian hasil swab PCR setelah melakukan perjalanan panjang hingga bisa diambil sampel Covid-19.

“Kita sih mendukung penghapusan karantina, tetapi apa iya harus menunggu lama seperti ini dengan orang yang mungkin saja hasil pemeriksaan sampelnya ternyata positif. Karena kita sama-sama penumpang enggak tahu siapa yang positif siapa yang negatif. Kalau memang negatif mungkin untung bisa pulang, tetapi kalau positif ya terpaksa harus karantina. Namun, selama proses nunggu bisa saja kita terpapar dan malah bikin keluarga kita yang di rumah kena,” ungkap Dede.

Dede menganjurkan agar hasil pemeriksaan disampaikan ke rumah masing-masing. Hal ini sebagaimana hal saat aturan karantina. Hasil swab PCR diantarkan ke hotel tempat karantina.

“Harusnya abis swab orang bisa langsung pulang, kalau memang positif dijemput sama satgas di daerahnya masing-masing. Jadi, enggak harus nunggu di bandara dan enggak malah nimbulin penumpukan penumpang. Atau petugas dan lokasi pemeriksaan swab PCR-nya ditambah biar mempercepat pemeriksaan agar kita bisa cepat pulang,” katanya.

Sejauh ini, pihak PT Angkasa Pura II, Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta dan Satgas Udara Covid-19 Bandara masih belum berkomentar terkait ledakan penumpang yang menyebabkan penumpukan penumpang, sesaat mereka turun dari pesawat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Turnamen DCT KBPP Polri Cup 2022 Ditutup, Ini Daftar Pemenang

Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty berharap para pemenang dapat memacu prestasi yang lebih tinggi dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kapan Matahari Berhenti Bersinar dan Mati? Ini Jawaban Ilmuwan

Sebuah studi berdasarkan analisis jutaan bintang, telah menghasilkan perkiraan berapa tahun kehidupan Matahari tersisa sebelum mati.

NEWS | 13 Agustus 2022

Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

Seorang pesepak bola meninggal di tempat akibat tersambar petir saat menjalani laga persahabatan antara Pepermi FC dan YGS FC di Sukabumi.

NEWS | 13 Agustus 2022

AKKMI Sesalkan Penyelundupan BBM di Tiongkok oleh ABK WNI

AKKMI menyesalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) oleh empat anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan polisi laut Tiongkok.

NEWS | 13 Agustus 2022

Pria Diselamatkan dari Terowongan Runtuh, Dituduh Hendak Bobol Bank

Seorang pria diselamatkan dari terowongan yang runtuh di Roma telah dituduh menggalinya sebagai bagian untuk membobol bank.

NEWS | 13 Agustus 2022

Paman Tikam Keponakan di Kelas, Polisi Ungkap Motifnya

Aparat kepolisian mengungkap motif pembunuhan oleh seorang paman Rahmat (32) terhadap keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang kelas.

NEWS | 13 Agustus 2022

Bakamla Akan Membangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil kerja sama Bakamla dengan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, dan BP Batam.

NEWS | 13 Agustus 2022

Angin Puting Beliung Terjadi di Dua Desa di Kabupaten Kudus

Angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sehingga mengakibatkan puluhan rumah rusak ringan hingga sedang.

NEWS | 13 Agustus 2022

BP Jamsostek Tingkatkan Produktivitas Pekerja Lewat Gerakan Sejuta Langkah

BP Jamsostek meluncurkan Gerakan Sejuta Langkah (GSL) agar para pekerja harus bisa menyisihkan waktunya untuk berolahraga.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 13 Agustus 2022

Infografik tentang data jumlah kasus dan kematian Covid-19 Jakarta sampai dengan tanggal 13 Agustus 2022.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings