Logo BeritaSatu

Ketua MPR Dukung Usulan Sabam Sirait Jadi Pahlawan Nasional

Senin, 28 Maret 2022 | 22:28 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung penuh usulan Sabam Sirait menjadi pahlawan nasional. Menurut Bamsoet, sapaan akrabnya, Sabam sudah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan demokrasi Indonesia.

“Saya sebagai ketua MPR mendukung penuh pengusulan pak Sabam Sirait sebagai pahlawan nasional,” ujar Bamsoet dalam seminar GMKI bertajuk “Sabam Sirait dalam Berjuang bagi Demokrasi dan HAM di Indonesia” di gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Di mata Bamsoet, Sabam merupakan sosok negarawan yang selalu mengutamakan politik kebangsaan. Karenanya, kata dia, Sabam tidak mengenal kata “kamu” dan “mereka”, tetapi hanya mengenal kata “kita”. Hal ini menunjukkan bahwa Sabam selalu mengedepankan sikap egaliter atau keseteraan.

“Sabam selalu mengedepankan sikap egaliter, kearifan, dan kebijaksanaan. Tidak ada kata ‘kamu’ dan ‘mereka’, bagi pak Sabam hanya ada kata ‘kita’ dan ‘kita’ adalah Indonesia, sama dan setara,” kata Bamsoet.

Menurut Bamsoet, Sabam Sirait adalah guru dan teladan dalam kehidupan politik, berbangsa dan bernegara. Bamsoet menuturkan Sabam adalah pribadi yang memegang prinsip dan nilai-nilai dalam perjuangan. Meski pada situasi tertentu bersikap kompromistik, tetapi tidak mengabaikan nilai-nilai prinsip yang dipegangnya.

“Pak Sabam menjadi politisi yang menginspirasi, tegak lurus pada apa yang diyakini serta politisi yang tidak neko-neko,” katanya.

Lebih lanjut, Bamsoet mengenang keberanian Sabam Sirait melakukan interupsi dalam forum Sidang Umum MPR tahun 1993. Saat itu, ujar Bamsoet, interupsi masih menjadi barang tabu dan cenderung dianggap “mengganggu”.

“Saat ini interupsi sudah menjadi lazim dipraktikan dalam kehidupan berdemokrasi khususnya dalam implementasi politik representasi yang dilembagakan melalui forum rapat-rapat dan sidang-sidang, baik di MPR, DPR, maupun DPD. Sekarang interupsi sudah lazim. Namun, saat itu, tahun 1993 tersebut, interupsi masih menjadi barang tabu dan cenderung dianggap ‘mengganggu’,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menkes: 81% Covid-19 di Indonesia adalah BA.4 dan BA.5

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, sebanyak 81% kasus Covid-19 di Indonesia adalah subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

NEWS | 4 Juli 2022

2 Perusahaan Dirikan Lembaga Pelatihan Kerja ke Jepang

PT Indonesia Research Institute Japan-Jakarta dan Yayasan Bakti Asih menandatangangi kerja sama mendirikan lembaga pelatihan kerja ke Jepang.

NEWS | 4 Juli 2022

Ribut soal Klaim Jokowi, Pengamat: Itu soal Persepsi

Dialektika perihal Jokowi yang mengeklaim membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Presiden Rusia Vladimir Putin hanya soal persepsi

NEWS | 4 Juli 2022

Jokowi: Tingkatkan Vaksinasi Booster dan Protokol Kesehatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar vaksinasi ketiga atau booster dan disiplin penerapan protokol kesehatan dapat terus ditingkatkan

NEWS | 4 Juli 2022

Sepekan Jelang Iduladha, 3.000 Sapi di Tulang Bawang Divaksin PMK

Sepekan Jelang Hari Raya Iduladha 1443 H, Pemkab Tulang Bawang, Lampung akan melakukan vaksinasi PMK terhadap sekitar 3.000 hewan ternak.

NEWS | 4 Juli 2022

Airlangga: Hadir di Acara Keramaian Wajib Vaksin Booster

Untuk mengendalikan Covid-19, kegiatan keramaian wajib vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

NEWS | 4 Juli 2022

Hadi Tjahjanto Optimistis Selesaikan Sengketa Agraria

Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyatakan akan fokus menyelesaikan tiga jenis persoalan agraria

NEWS | 4 Juli 2022

Tukang Bubur Jadi Korban Pembacokan Orang Tak Dikenal

Erwin (27), pedagang bubur keliling menjadi korban pembacokan yang dan mengalami luka di bagian muka dan leher oleh orang tak dikenal.

NEWS | 4 Juli 2022

Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, KPK Panggil 4 Saksi

KPK menjadwalkan pemanggilan terhadap empat orang sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Stadion Mandala Krida.

NEWS | 4 Juli 2022

Sri Lanka Hanya Miliki Sisa Bahan Bakar Kurang dari Sehari

Sri Lanka pada hari Minggu (3/7/2022) mengatakan, hanya memiliki sisa bahan bakar kurang dari konsumsi sehari.

NEWS | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menkes: 81% Covid-19 di Indonesia adalah BA.4 dan BA.5

Menkes: 81% Covid-19 di Indonesia adalah BA.4 dan BA.5

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings