Logo BeritaSatu

Duterte Perintahkan Militer Distribusikan Vaksin Covid-19

Minggu, 3 April 2022 | 23:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Manila, Beritasatu.com- Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan militer dan polisi untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 di seluruh provinsi Filipina. Seperti dilaporkan AFP, Sabtu (2/4/2022), perintah Duterte untuk mengatasi "macet" dalam distribusi vaksin yang dituduhkan pada pemerintah daerah.

Saat hampir 90 persen orang dewasa di wilayah ibu kota telah divaksinasi lengkap, hanya sekitar 35 persen orang dewasa di negara itu yang mendapatkan kedua vaksin tersebut.

"(Pasokan) tidak akan lagi melewati pemerintah provinsi karena itu akan menjadi kemacetan lagi," kata Duterte dalam pertemuan dengan penasihat pandemi pada Selasa (2/4) yang disiarkan Rabu.

Duterte sangat bergantung pada angkatan bersenjata untuk memerangi pandemi. Militer memberlakukan salah satu karantina paling parah di dunia dan mengangkut pasokan medis ke seluruh negeri dan internasional.

"Setelah pengiriman dengan pesawat dan tiba di (pusat operasi vaksin), helikopter di sana akan mengambil alih. Mereka yang akan membawanya ke pemerintah kota," kata presiden.

"Angkatan bersenjata memiliki kemampuan angkut," kata juru bicara militer Kolonel Ramon Zagala kepada AFP, Rabu.

Pada pertemuan yang sama Selasa, Carlito Galvez, kepala gugus tugas Covid-19 negara itu, mengakui bahwa pemerintah daerah perlu "meningkatkan kapasitas mereka" untuk menyuntik lebih banyak orang per hari serta "membeli sistem rantai dingin mereka sendiri" untuk menyimpan lebih banyak vaksin Covid.

Menteri Kesehatan Francisco Duque mengatakan kepada Duterte kasus virus corona berada pada "tren penurunan" di seluruh negeri setelah puncaknya pada September.

Pemerintah melonggarkan beberapa pembatasan pandemi pada bulan Oktober, membuka bioskop dan pusat kebugaran di ibu kota dan memungkinkan kapasitas yang lebih tinggi di restoran dan transportasi umum. Pada Rabu, pemerintah meluncurkan vaksin untuk 12,7 juta orang muda berusia 12-17 tahun.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, KAI Siapkan SDM Andal

LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, oleh karena itu PT KAI akan menyiapkan SDM andal.

NEWS | 30 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE