Logo BeritaSatu

Plt Jubir: Kepercayaan Publik terhadap KPK Meningkat 3 Tahun Terakhir

Senin, 4 April 2022 | 19:42 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Pelaksana Tugas Juru Bicara (jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menyebut kepercayaan publik terhadap KPK meningkat selama tiga tahun terakhir. Ali merespons temuan Indikator Politik Indonesia terkait tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga antirasuah tersebut.

“Dari tiga pengukuran terakhir mengalami peningkatan yang positif. Survei tersebut menyebut bahwa hasil pengukuran pada November 2021 mencapai 71,1 persen, kemudian Desember 2021 mencapai 71,7 persen, dan kali ini mencapai 73,8 persen,” ujar Ali Fikri, Senin (4/4/2022).

Advertisement

Ali menilai temuan tersebut memperlihatkan persepsi publik terhadap upaya pemberantasan korupsi mengalami peningkatan. Ali juga menyinggung terjadinya perbaikan signifikan dalam dua pengukuran survei terakhir, yakni mencapai kurang lebih 2,1 persen. Hal itu dipandang sebagai capaian bersama.

Capaian bersama itu disebutkan oleh Ali, mengingat KPK selalu melibatkan dan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan baik aparat hukum, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN/BUMD, pelaku usaha, sampai masyarakat berbagai elemen dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Optimisme pemberantasan korupsi juga tercermin dari dua pengukuran lainnya, yakni CPI yang diukur dengan skala internasional dan survei penilaian integritas (SPI) yang diukur secara nasional,” tutur Ali.

Ali mengatakan CPI Indonesia yang dirilis awal 2022 mengalami peningkatan baik dalam skor indeks maupun peringkatnya. Diketahui, indeks CPI naik 1 poin diiringi dengan perbaikan peringkat sebesar enam tingkat. Sementara dalam hasil SPI yang diukur dengan lebih dari 250.000 responden, menunjukkan skor indeks 72,4 di atas rata-rata nasional dengan skor 70.

“Kami berharap hasil positif dari capaian ketiga survei ini menjadi trigger bagi KPK dan seluruh pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan tren positif upaya-upaya pemberantasan korupsi secara menyeluruh, baik melalui pendekatan strategi pendidikan, pencegahan, maupun penindakan,” imbuh Ali.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi melihat data tren kepercayaan publik terhadap KPK terjadi penurunan terutama sejak 2018. Saat itu, tingkat kepercayaan publik mencapai 84,8 persen. Namun, setelah itu, yakni pada 2019, 2020, 2021 dan 2022, tren kepercayaan publik menurun.

Disebutkan, kepercayaan publik kepada KPK, yakni 73,5 persen saat bulan September 2020; 71,1 persen pada November 2021; 71,7 persen pada Desember 2021; serta 73,8 persen persen pada April 2022. “Meskipun ada sedikit kenaikan dibanding Desember, tetapi tetap belum kembali seperti semula,” kata Burhanuddin, Minggu (3/4/2022).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Warga Bersenjata Tajam Menyerang Polres Malinau

Ratusan warga bersenjata tajam menyerang Polres Malinau, Kalimantan Utara lantaran tidak terima setelah ada warga yang tewas akibat tertembak peluru polisi.

NASIONAL | 6 Februari 2023

PPA Lakukan Pendampingan Psikologis terhadap Korban Pedofilia Ibu Muda

Pendampingan psikologis dan sosial terhadap anak-anak korban seks menyimpang (pedofilia) segera diberikan oleh PPA Provinsi Jambi.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Angin Kencang Sebabkan Atap Pusat Belanja di Serang Roboh, 2 Luka

Sebuah atap salah satu pusat perbelanjaan di Kota Serang, Minggu (5/2/2023) sore roboh lantaran angin kencang.

NASIONAL | 5 Februari 2023

PGIW Apresiasi Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Islam Toleran

Ketekunan Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjaga dan merawat toleransi antar kerukunan umat beragama telah dirasakan oleh seluruh umat agama lai.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Polda Metro: Bripka Madih Tak Konsisten soal Laporan Sengketa Tanah

Polda Metro nilai Bripka Madih tak konsisten soal laporan sengketa tanah milik orang tuanya yang sempat dilaporkannya pada 2011 silam.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rupiah Hari Ini 6 Februari 2023 Anjok 100 Poin Lebih

Rupiah Hari Ini 6 Februari 2023 Anjok 100 Poin Lebih

EKONOMI | 20 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE