Logo BeritaSatu

Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas KPK karena Dapat Fasilitas RS

Rabu, 6 April 2022 | 10:54 WIB
Oleh : Fana F Suparman / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Albertina Ho dilaporkan ke Dewas KPK atas dugaan melanggar etik dan peraturan Dewas KPK.

Albertina Ho karena jabatannya diduga mendapat fasilitas dari salah satu rumah sakit (RS) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, setelah komplain dan marah-marah atas pelayanan di RS tersebut.

Pelaporan itu disampaikan insan KPK berinisial DWLS pada 2 Maret 2022.

Dalam laporannya, DWLS mengatakan, peristiwa itu terjadi saat Albertina Ho yang sedang dirawat komplain dan marah-marah karena perawat tidak merespons dengan cepat panggilan bel yang dilakukannya.

Perawat dan dokter rawat meminta maaf kepada Albertina Ho sambil menjelaskan saat itu sedang terjadi pergantian shift.

Namun Albertina meminta keluhannya ditindaklanjuti pihak RS. Supervisor, manajer hingga salah seorang direktur RS itu turun tangan setelah mendengar bahwa Albertina dari KPK.

Selain memberikan surat peringatan kepada perawat, pihak RS kemudian memberikan fasilitas berupa kamar khusus untuk Albertina.

Tak hanya itu, manajemen RS memberi pelayanan dengan memberikan satu orang perawat yang ditunjuk khusus untuk merawat Albertina.

"Bahwa atas perbuatan terlapor tersebut, terhadap yang bersangkutan dapat diduga keras telah melanggar ketentuan Pasal 4 ayat (2) huruf b Perdewas Nomor 02 Tahun 2020 tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Komisi Pemberantasan Korupsi," tulis DWLS dalam laporannya.

Selain itu, Albertina juga dilaporkan atas dugaan pelanggaran etik lainnya. Salah satunya dugaan memanfaatkan jabatannya dengan meminta bantuan Komisioner KPK Lili Pintauli mencarikan pekerjaan mantan untuk stafnya yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris mengatakan, pihaknya telah menerima dan sedang mempelajari laporan terhadap Albertina Ho.

"Terkait pengaduan terhadap Bu AH (Albertina Ho) memang benar ada pengaduan. Seperti pengaduan etik lainnya, laporan tersebut sedang dipelajari dan didalami oleh Dewas," kata Syamsuddin Haris saat dikonfirmasi.

Dikatakan, sesuai prosedur operasional baku yang berlaku di Dewas KPK, pihaknya akan mempelajari dan menelaah semua laporan pengaduan dugaan pelanggaran kode etik terhadap insan KPK, baik pimpinan dan pegawai KPK maupun anggota Dewas sendiri. Hal ini penting untuk memastikan adanya indikasi dugaan pelanggaran etik atau tidak.

"Dewas perlu waktu untuk mengumpulkan informasi dan keterangan. Jika ada indikasi pelanggaran etik, tentu saja diproses hingga sidang etik. Namun jika indikasinya lemah dan tidak ada bukti yang cukup maka prosesnya dihentikan," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Neymar Sebut Casemiro Gelandang Terbaik Dunia

Neymar Sebut Casemiro Gelandang Terbaik Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE