Logo BeritaSatu

Gotong-royong Filantropi Majukan Yurisdiksi dan Pembangunan Berkelanjutan

Rabu, 6 April 2022 | 12:43 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Filantropi diakui sebagai salah satu aktor utama pembangunan yang mendukung pencapaian SDGs (Perpres No. 59 Tahun 2017). Sebagai sebuah asosiasi, Filantropi Indonesia, secara aktif mendukung mobilisasi aksi kolektif (gotong-royong), membangun komunitas filantropis yang kuat, mendorong berbagi pelajaran dan praktik terbaik, mengkatalisasi ko-kreasi/kolaborasi semua pemangku kepentingan, dan mendukung inovasi pendanaan untuk dapat mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals.

Advertisement

Salah satu keynote speaker Vivi Yulaswati, Ketua Sekretarian Nasional SDGs mengungkapkan bahwa setiap daerah memiliki kesenjangan yang berbeda dalam pencapaian SDGs. JCAF bisa membantu untuk memetakkan tujuan SDGs yang masih belum banyak diimplementasikan. Dengan demikian diharapkan pencapaian SDGs dapat tepat waktu.

“Indonesia adalah negara dengan world giving index tertinggi di dunia. Ini berarti Indonesia memiliki potensi untuk melakukan kegiatan filantrofi, terlebih karena keberagaman dan budaya gotong-royong yang kita anut. Dengan melakukan kegiatan filantrofi, kita juga melakukan social innovation dalam upaya memperbaiki masalah sosial yang ada dengan lebih proaktif, kolektif, dan terstruktur yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat,” ujar Vivi yang juga merupakan Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.

“Perlu kita ingat bahwa saat ini pun, kegiatan filantrofi dipengaruhi oleh faktor peraturan atau perundang-undangan, digitalisasi dalam bentuk fund rising platform, dan adanya kolaborasi lintas negara. Pun dari sisi pemerintahan mendorong terjadinya transformasi di bidang sistem kesehatan, perlindungan sosial, transformasi digital, transformasi energi, low carbon development, dan transformasi ekonomi melalui adanya kegiatan filantrofi,” tambah Vivi.

Skema keuangan dalam hal pembiayaan atau permodalan serta peluang investasi hijau untuk mendorong penerapan yurisdiksi secara intensif telah dibahas. Beragam model bisnis cases telah dicoba untuk menggali apa yang menjadi preferensi pasar dalam pemenuhan kriteria lingkungan, sosial dan tata kelola pemerintah (environment, social and governance-ESG), serta dari sisi investor yang terus menunjukkan minat pada opsi investasi yang berkelanjutan.

Secara khusus JCAF ke 8 menggarisbawahi tiga kegiatan utama yang telah didorong oleh sektor privat terkait pemenuhan perlindungan lingkungan, edukasi dan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Salah satu pelaksana kegiatan filantropi, Chief of Corporate Affairs Engagement & Sustainability L’Oreal Indonesia Melanie Masriel menggaris bawahi pentingnya value sustainabilitydalam menjalankan visi dan misinya.


hal 2 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rangkaian Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Upacara penurunan bendera merah putih digelar di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 17 Agustus 2022

Perdana, Upacara 17 Agustus Digelar di Titik Nol IKN

Peringatan HUT ke-77 RI digelar di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN). Ini merupakan upacara kemerdekaan perdana yang digelar di IKN. 

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Momen Jokowi Bersama 2 Cucu Saksikan Kirab Budaya

Presiden Jokowi bersama dua cucunya, yaitu Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution menyaksikan kirab budaya saat peringatan HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Partai Prima Harap Keterbukaan Informasi Publik Polri Dievaluasi

Partai Rakyat adil Makmur (Prima) meminta agar keterbukaan informasi publik di lembaga pemerintah, khususnya Polri harus dievaluasi.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Menkominfo Tekankan Kedaulatan Digital

Peringatan HUT Ke-77 RI menjadi momentum untuk mengenang perjuangan bangsa dalam menegakkan kedaulatan negara.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pakai Baju Adat Lampung, John Wempi Wetipo Pimpin Upacara

John Wempi Wetipo mengenakan pakaian adat Lampung saat memimpin upacara peringatan HUT ke-77 di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

NEWS | 17 Agustus 2022

Unik, Warga Batang Arau Rayakan HUT RI di Atas Perahu

Warga Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat merayakan HUT RI dengan cara yang unik yaitu mengibarkan bendera Merah Putih di muara sungai.

NEWS | 17 Agustus 2022

Eks Wali Kota Cimahi Dibawa ke KPK, Firli: Tunggu Pemeriksaan

Mantan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna digiring ke Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (17/8/2022)

NEWS | 17 Agustus 2022

Prabowo Subianto Joget Ojo Dibandingke di Istana Merdeka

Irama musik dangdut membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjoget di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 17 Agustus 2022

Menlu Blinken Bangga atas Sejarah Persahabatan AS-Indonesia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken menyatakan kebanggaannya atas sejarah persahabatan dan kerja sama antara AS-Indonesia.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

EKONOMI | 49 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings